Saturday, October 3, 2020

Hello (again) my dear blog

 Huaa.. long time no see my dear blog. Ada kali ya 2 tahun yang lalu terakhir bikin postingan di blog, dan mamay pun bahkan udah lupa apa isinya kalo ga liat list postingan. Heheh. Ntahlah, 2 tahun ini terlalu mager banget mau update blog lagi.

Alhamdulillah kabar mamay baik-baik aja selama 2 tahun terakhir. Walaupun selama ini ada ups and downs nya tapi Alhamdulillah bisa dilewati dengan baik. Sekarang ini kalo hari kerja mamay sibuk dampingin Tara PJJ, sedangkan sabtu-minggu kalo ga me-time kalo ga ya ngurusin bisnis kecil-kecilan keluarga (halah bahasanya gaya banget ya? hehe). Jadi udah setahun terakhir ini mamay dan papay join bisnis bareng kaka ipar di Glamping lakeside Rancabali, kita bikin foodtruck disana, namanya Bismerah Foodbox (jangan lupa mampir ya mentemen kalo pas lagi maen ke ciwidey - bandung). Cerita lengkapnya nanti deh mamay share, kalo ga (lagi) mager ya :)

Tahun ini bisa dibilang tahun yang bersejarah banget karena dunia sedang dilanda pandemi covid19. Berita lengkap dan detail tentang pandemi ini bisa kalian googling sendiri ya. Sedih iya, khawatir iya, cemas juga iya. Jujur aja waktu awal-awal banget di Indonesia mulai menyebar luas virus ini, kita sampe ga berani yang keluar rumah mungkin sekitar 3 bulan itu kita yang bener-bener belanja lewat pasar online, ga ada lagi kulineran diluar, kumpul sama temen atau saudara (hiks, ini juga yang bikin tahun ini jadi absen pulkam untuk berlebaran bersama keluarga di Palembang). Yang keluar rumah kalo ada perlu membeli kebutuhan ya cuma papay aja. Kebayang kan sebelumnya setiap weekend kita sering menghabiskan quality time bareng keluarga diluar rumah kaya ke mall / tempat wisata setelah weekdays suntuk bin mumet dengan tugas anak sekolah, eh sekarang bener-bener total ga bisa kemana-mana. 

Alhamdulillah meskipun sampai dengan sekarang covid belum terkendali dan teratasi secara maksimal, tetapi seenggaknya kondisi sekarang semenjak diberlakukannya AKB oleh pemerintah, membuat kita agak sedikit lega. Mamay udah bisa keluar kandang meskipun sekedar liat jalanan muter-muter doank. Sekarang rasanya bisa keluar buat grocery shopping aja udah happy banget. Meskipun ga bisa lagi berlama-lama sambil window shopping. Jujur ya perasaan waswas masih ada, berasa ada yang mengintai, hahahaa, begitu tiba di supermarket langsung mencari barang-barang yang diperlukan, selesai, langsung menuju kasir, bayar dan pulang. Berasa banget kaya diburu-buru udah macem orang yang lagi dapet uang kaget yang dikasih waktu belanja. hahahaha. Alhamdulillah sebulan sekali masih bisa silaturahim setitik dengan buibu temen TK Tara dulu, ya refreshing sejenak setelah 1 bulan dampingin PJJ anak yang lumayan menguras otak, hati dan pikiran. hahaha. Sekedar recharge energi baru biar happy biar imunnya kuat. Tara pun juga sama, udah mulai merasa bosen, ga bisa kemana-mana. Cuma diem aja dirumah ga ngapa-ngapain, paling maen sepeda / bulu tangkis. Jadi pas sekalinya ketemu temen-temennya bener-bener yang happy banget. Kita selalu mengusahakan untuk ketempat yang luas dan ruang terbuka. Tapi perlu digarisbawahi ya, mamay ga pernah mengajak/ menganjurkan untuk berkumpul / bepergian kemana-mana. Ya kalo emang dirasa ga terlalu penting banget sebaiknya dihindari sering keluar rumah. Mamay pun ke supermarket belum tentu 1-2 minggu sekali, biasanya kadang 2 minggu - 1 bulan sekali baru belanja, selebihnya lewat online. Pesen jajanan juga lewat **food/****food. 

Emang sih kondisinya jadi bikin rempong banget, karena sehabis bepergian langsung deh buru-buru semprot desinfektan keseluruh badan sebelum masuk mobil/rumah. Setibanya dirumah langsung mandi, baju juga langsung direndam pake det*** dan dicuci terpisah dari pakaian yang lainnya. Segala alat-alat kebersihan, alat-alat kesehatan juga dibeli demi ikhtiar menangkal si covid. 

Ya mau gimana lagi coba, life must go on, dengan ada atau tidak adanya covid ini. Yang terpenting kita ikutin aturan pemerintah, tidak lupa menerapkan protokol kesehatan dimanapun kita berada, selebihnya banyak berdoa mohon perlindungan Allah SWT. Aamiin. Dua jempol buat kalian diluar sana yang sampai detik ini masih tetep konsisten stay at home bener-bener ga keluar rumah sama sekali. 

Di tahun ini ga cuma kabar sedih dari covid aja, tetapi juga berita meninggalnya Emak (sebutan untuk nenek dari sebelah mamaku) di bulan Juli setelah struggling dengan penyakit stroke hampir 2 tahun terakhir. Sedih banget-banget rasanya ga bisa ikut menghantarkan emak ketempat peristirahatan terakhirnya, ga bisa ngeliat emak untuk terakhir kalinya. Hiks. Ya lagi-lagi karena waktu itu kondisi yang tidak memungkinkan untuk mamay segera pulang. Ada beberapa persyaratan dokumen dan test kesehatan yang harus dilakukan untuk bisa pulkam. dan akhirnya kami memutuskan untuk tidak pulang. Pada akhirnya yang terpenting adalah doa yang kami panjatkan setiap hari untuk almarhumah. Mungkin terkesan lebay banget ya, karena sampe beberapa hari masih nangis sedih kalo keinget sama emak. Karena emang dari mamay kecil, semenjak almarhum papa meninggal, udah tinggal dan diasuh sama emak, karena waktu itu juga kondisi mama tidak dalam keadaan yang baik dan fit. Mama sempet depresi pas almarhum papa meninggal, bahkan sampai sekarang pun kadang masih bergantung pada beberapa obat. Jadi kalo kata dokter harus dijaga jangan sampai ada pemicunya. Pas saudaranya mama meninggal aja, mama ga bisa makan dan ga bisa tidur lama, sampe kurus donk. Apalagi ini emak yang sehari-harinya selalu sama mama dirumah. Kadang kalo lagi video call juga masih suka nangis. Insya Allah kita udah ikhlas dengan kepergian emak, sekarang emak udah ga merasakan sakit lagi. Cuma ya itu, sedih ga bisa dampingin mama disaat dibutuhkan. Sehat selalu ya ma, yang kuat, i love you.... 

Well, meskipun tahun ini mungkin terkesan banyak kabar sedihnya, tetapi Alhamdulillah selalu ada hikmah positif dibalik ujian yang Allah kasih buat kita. Dengan adanya pandemi ini, papay jadi wfh, meskipun ini hanya sementara tetapi thanks god salah satu doa mamay dan tara bisa terkabul, kita jadi bisa kumpul dan ketemu setiap hari dirumah. Hal kecil yang bener-bener bisa kita syukuri. Ohiya tahun ini juga Insya Allah mohon doanya ya mentemen, mudah-mudahan promil kedua mamay bisa berhasil. Aamiin. Karena sekarang udah ga pisah lagi, jadi mengatur jadwalnya lebih gampang. Awalnya agak hopeless dikit karena udah hampir 2 tahun terakhir ini selalu zonk, hiks, sedih iya tapi ga sampe yang -berlarut-larut juga. Kami ambil positifnya aja mungkin Allah masih pengen quality time sama Tara lebih lama sebelum nanti berbagi kasih sayang dengan adeknya. Sekarang Tara udah jadi anak SD donk, mamay rasa terhura eh terharu maksudnya, ya ampun ga nyangka ya perasaan baru kemaren diuwel-uwel sekarang udah bisa disuruh-suruh hahah, udah suka BTS lah, udah bisa gaya ini itu, mulai keluar tantrumnya, gimana nanti dia udah smp, sma dst :( Semoga Tara selalu dalam lindungan Allah ya, jadi anak yang salihah, anak yang sukses dunia akhirat. Aamiin. 

Tahun ini juga mamay akhirnya punya 2 sim hahahaha. Setelah bertahun-tahun lamanya mager banget latihan, akhirnya kesampean juga. Selama ini kan selalu mikirnya ah gampang mau kemana-mana ada transportasi online atau ga minta tolong dianterin sama akung/nenda kan, tapi sekarang mau ga mau karena Tara udah SD dan jarak sekolahnya juga agak jauh dari rumah, belum lagi nanti ada kegiatan lainnya, jadi ya jadi memberanikan diri. Meskipun selama psbb ini jarang banget kepake ilmunya (mudah-mudahan ga lupa dan ga gugup lagi), kebanyakan disetirin sama si papay heheheh. 

Dan.... ga kerasa kurang lebih 3 bulan lagi udah menuju ke 2021, harapannya semoga kehidupan kita jadi lebih baik lagi, semoga pandemi ini segera terkendali, semoga semua permasalahan cepat teratasi, semoga vaksinnya berhasil dan segera release gratis untuk semua orang, semoga negeri ini kembali normal. Aamiin. 


Share:

0 comments: