Friday, July 8, 2011

Bedak Saripohatji

Berawal dari browsing di mbah google nyariin obat jerawat yang aman..eh akhirnya nemu produk di salah satu OL shop yang bertuliskan ini: Bedak Saripohatji - Penghilang Jerawat. Gimana ga tergiur baca informasi lengkap tentang bedak ini (Apalagi aku pribadi sering ngalamin masalah bruntus2 kecil di muka). Sebelum memutuskan untuk mencoba bedak ini, aku tanya ke mama karena kan biasanya orang tua dulu juga pernah mengenal bedak sejenis ini. setelah ditanya ke mama dibilang kalo itu semacem bedak dingin dari tepung beras, dulu juga ma2 sering pake tapi bukan merk ini, rasanya adem dimuka, dulu ma2 biasanya beli dalam bentuk bungkusan2 kecil (isinya sekitar 10biji) sama 1 lagi bedak tjap dewa (yang sekarang kayanya udah ga kdgr lagi keberadaannya, cm ada di beberapa web barang antik yang nawarin kotak kaleng bekas bedak tjap dewa). Dari penjelasan ma2 & bahan yang terkandung didalamnya akhirnya yakin buat beli bedak ini. Ini link toko tempat aku beli bedak saripohatji, harganya sangat2 murah loh, cuma 40rb (isi 10bungkus), ada juga khasiat & cara pakainya.
http://http//kesehatan-dan-kecantikan.tokobagus.com/perawatan-kulit/bedak-saripohatji-penghilang-jerawat-1457107.html




Bagi sebagian orang mungkin baru kali ini mendengar nama bedak saripohatji. Sebenarnya bedak ini sudah dikenal masyarakat sunda sejak berpuluh-puluh tahun yang lalu. Bedak ini terbuat dari tapung beras yang ditumbuk, dicampur ramuan daun suji, daun jambu, beungbereuman & teklan + ekstrak temulawak & kunyit, tomat, jeruk nipis, & bhn2 alami lainnya. Jadi walopun ini berbau jamu tapi ga bikin pusing, enak wanginya. Yang paling penting, bedak ini ga mengandung bahan yang berbahaya.


Begitu paket kiriman nyampe rumah sekitar april 2011, langsung dibuka & dicoba, ini tampilannya:




Udah liat kan, bentuknya bulat2 kecil berwarna putih, ukurannya segede kacang merah


Cara pakainya macem2, antara lain: dijadiin masker yang dipake sepanjang malem atau bisa juga jadi daily face powder. Aku biasanya pake keduanya, malem setelah bersihin muka, mulai olesin bedak saripohatji yang udah dijadiin masker (ambil sekitar 3-4 butir terus diancurin dan ditambah air mawar/air masak biasa trus diaduk hingga merata - jangan terlalu encer /kental ya trus diolesin dimuka), rasanya bikin muka kaya ketarik seperti kebanyakan masker muka & adem pastinya (bener ni yang dibilang ma2). Ga cuma itu, untuk hari2 sehabis pake pelembab muka aku biasanya pake bedak ini biar muka ga lengket & adem, caranya gampang, tinggal diancurin aja trus setelah jadi bubuk di ratakan dimuka..


Pas dibawa tidur semaleman, begitu pagi jangan heran kalo sprei / bantal penuh serbuk2 putih atau masker yang dimuka pada rontok semua, kalo aku biasanya langsung diratakan dimuka, dijadiin bedak pagi...heheh...pas bangun..muka ga berminyak, halus, wangi jamunya enak, dan yang lebih penting lagi, jerawat mulai mengering. ini fotonya:
















(jadi malu mukanya ancur..itu gara2 jerawat yang nangkring mulai dr maret yang lewat, tapi alhamdulillah skrg udah ga separah itu..salah satunya berkat rutin pake bedak saripohatji)



Ini foto muka +/- 2 bulan pemakaian.
















Emang hasilnya ga instant ya, harus sabar, but it works!!!
Yang paling bikin seneng, temen2 kantor sekarang udah kasih komen yang bagus: " tika mukanya sekarang udah mulai bersih ya, pake apa?", " tik, jerawatnya udah ga ada lagi ya, resepnya apa?"..
Ga cuma itu, temen2 kantor juga udah mulai nyobain pake bedak ini & minta tolong dipesenin, komentarnya juga pada bagus...cocok dimuka...aman lagi....yang penting kita harus mulai menjaga "kelestarian" bedak ini....jangan sampe pudar & kalah dg bedak2 luar yang mulai membanjiri pasar indonesia yang kandungannya belom tentu cocok & aman di kulit muka.

Oh ya, ini cerita salah satu temen kantor yg pernah nntn di tv swasta indonesia soal industri rumahan bedak ini, katanya dari pertama kali terbentuk dg karyawan yang ratusan sekarang hanya tinggal beberapa orang aja (klo ga salah tersisa 5 karyawan lagi), miris kan..padahal ini produk bagus punya..:-( Mari lestarikan produk asli indonesia. Selamat mencoba ya.

(--recommended powder--)




































































9 comments:

Bunga Ariyanti said...

aku baru 4 hari nyobain bedak saripohatji, awal pemakaian jerawat jd mateng semua ga di kamu? makasih

Tika said...

iya, efeknya bikin jerawat cepet mateng, trus tar kering sendiri, cm aq masih suka gratilan tgnnya kadangan udah mateng masih aja dipencet :D

little info said...

hai, nice review..hehe
sy udah beli bedak saripohatji dan udah pake 1 hari..tapi saya masih ragu ama obat ini beneran alami gak?soal nya ga ada aroma wanginya,, takutnya ini saripohatji yg palsu..apa emang beda saripohatji itu gak ada aromanya ya? tq :D

want ask said...

Aku sudah l tahun loh make saripoachi ,bagus emang buat nyembuhin jerawat tapi gak bikin kulit jadi cerah atau putih...hiks hiks

Olla Azizah said...

Kalo ada yg mau beli/jd reseller bedak saripohatji bisa sms aku di 082125809935. Cuma Rp. 2.000/bgks. Per box Rp. 80.000 (50 bgks). Aku ambil langsung di pabrik jadi lbh murah

Labina Kirby said...

kak, kakak biasanya pake pelembab apa? muka saya berjerawat, acne prone. thanks :)

Tika said...

@labina: sblm hamil aq pake perawatan jerawat dari auraku, tapi semenjak hamil di stop. atw ga coba produk wardah, itu bnyk direkomendasiin sm temen. selama hamil ini aq coba pake facial wash nya, aman2 aj ga bikin jerawatan.

Acha Shin hye said...

Bermanfaat postingannya

 М•α•Ƙ•α•S•i•н  kk tika :)

Mauuu nyoba the :D (y)

Indra Wahyudi said...

Kmi masyarakat dayak di kalimantan tengah juga punya tradisi ini mbak, istilahnya "bakasai". Biasanya dipakai para peladang kalau mau turun pas hari terik, bedak dinginlah yg jadi andalan. Ngga hanya perempuan, pria juga biasanya pakai bedak ini. Hanya skrng karena perkembangan zaman, anak2 muda mulai meninggalkan tradisi ini...hehehehe...Salam mbak, nice review...