Sunday, July 10, 2011

Jalan2 ke pulau Jawa - Part 2

BANDUNG - SOLO

Di postingan "Jalan2 ke pulau Jawa - Part 1" udah diliat kan rute perjalanan ku mulai dari palembang - jakarta - bandung dengan transportasi umum (pesawat,bis & kereta).

Tepatnya sabtu di akhir minggu ke 4 bulan Juni 2008 (lupa tanggalnya euy), aku, mba ve, mas oik + istrinya teh nita & anknya yg masih blm 1th (athaya/otoy) berencana berangkat sore hari menuju solo.
Mulai pagi - siang kita ikut keluargaku yang kebetulan cucunya ikut lomba foto bayi sehat di RS Santosa Bandung yang disponsori salah satu produk susu bayi. Siang - sorenya kita jalan ke alun2 / gedung sate, disana lagi ada festival jajanan bango, karena perut udah laper jadi aku beli batagor riri (harganya mahal juga 10rb untuk porsi yg kecil, klo soal rasa lumayan enak) dan mba ve beli nasi soto seharga 15rb. Disini banyak aneka jajanan enak, kebetulan juga ada Dede Yusuf yang waktu itu terpilih jadi wakil gubernur Jabar, banyak mojang & jajaka  yang kasep & geulis.

Lanjut....
Meeting point sore ini di RS Hermina Pasteur karena kebetulan otoy ada jadwal berobat ke dokter anak. Setelah nungguin otoy ke dokter bareng mb ve,mas oik,teh nita juga omiw, sempet ragu mo berangkat ke Solo dengan si "putih" (red.honda genio) karena otoy sakit & badannya masih panas. Mulai pikir untuk ganti rencana, seandainya emang mas oik ga bisa ikut berarti aku sama mb ve harus berangkat ber2 ke Solo, kemungkinan naek pesawat / kereta malam.

Alhamdulillah setelah 1 jam dikasih obat sama dokter, kondisi otoy mulai baik lagi, panasnya udah berangsur turun & akhirnya kita jadi berangkat ber-5 menuju Solo sekitar jam 6 sore.
Sebenernya kasian juga liat mas oik yang harus nyetir mobil sendiri, tadinya mo gantian sama mb vera cuma karena emg jiwa sosialnya tinggi sampe capek pun tetep dijabanin nyetir sendiri.
Ga ada pemandangan alam sekitar yang bisa diliat karena perjalanan kita udah malem.
Pemberhentian pertama di daerah tasik, disini kita istirahat sebentar & solat sebelum melanjutkan perjalanan. Sumpah air disini dingin banget2..kaya aer es, bikin beku...lupa nama tempatnya yang pasti bersih & emang kaya persinggahan gitu, cuma tempat solatnya rada serem dikit, ga ada lampu (cuma ngandalin lampu taman) trus banyak nyamuk juga.

Setelah +/- 1 jam kita istirahat disini, kita lanjut lagi cari makan...
berhenti disalah satu resto (Sindeng reret atau apa ya klo ga salah), jam udah nunjukin pukul 12..
Resto ini cukup besar & luas, tempatnya bersih, ada 2 jenis tempat duduknya, dikursi atau lesehan.
Kita mutusin untuk pilih lesehan biar lebih lega & bisa tiduran.
Karena emang cuacanya sangat2 dingin, aku pesen teh poci (tampilannya setelah disajikan lucu juga, air tehnya di dalam poci kecil dr tanah liat, trus dikasih gula batu berbentuk dadu yang disajikan terpisah, rasanya juga cukup pahit, cara minumnya cukup dituang ke gelas yang terbuat dari tanah liat trus ditambahin gula batu yang ukurannya persegi). yah lumayan untuk menghangatkan badan.
Makanan disini juga bervariasi, harganya masih termasuk standard, kita makan ber 5 cuma kena sekitar 150rb. Sambil nunggu pesenan datang, mas2 pelayannya ngajakin kita maen sulap kartu. Sebenernya bukan sulap beneran, tapi emang kartunya udah di set berlainan bentuk & trik kecepatan tangan. Cukup terhibur juga, setelah itu kartu sulapnya dikasih ke kita dg cuma2 & kita juga diajarin cara sulapnya.

Perut udah terisi dan waktunya kita melanjutkan perjalanan...kasian juga liat mas oik yang harus nyetir sendiri..pasti sangat2 capek, pemandangan diluar juga gelap, banyak truk2 gede aja...akhirnya tertidur..tapi sesekali kita gantian baca peta..
Ga kerasa jam udah nunjukin pukul 04.30, kita berhenti di musholla yang letaknya dipinggiran sawah..yeay..akhirnya tiba juga di pulau jawa..semua pemandangan sekitar yang terlihat banyak persawahan..selepas solat subuh & istirahat sebentar, kita melanjutkan perjalanan lagi sekitar jam 6 pagi. kebetulan di musolla ini juga lagi rame rombongan tour yang isinya anak2 sekolah semua.

Sepanjang perjalanan yang terlihat hamparan sawah yang bener2 menyejukkan mata (ini ni pemandangan asri yang paling enak diliat kalo udah di jawa) diiringi lantunan lagu Opick. Sebenernya pengen foto2 dulu kan viewnya bagus tapi berhubung kita ngejer waktu mo kondangan jadinya cuma lewat aja.

Sekitar 3 jam perjalanan (09.00) kita mulai memasuki daerah pinggiran di kota Solo.Mulai keliling cari hotel & alhamdulillah dapet juga setelah muter2 & membandingkan harga dari satu tempat ke tempat laen.heheh..Lupa nama hotelnya apa, yang jelas kita memutuskan untuk stay di hotel ini, disamping harganya murah (250rb/malam), fasilitasny juga lumayan (ac,tv,air panas & breakfast) & mas2 yang ngelayanin juga ramah. Hotel ini terdiri dari 2 bangunan, bangunan pertama yang ada didepan seperti kamar2 hotel pada umumnya, bangunan kedua dengan ruang yang lebih gede letaknya dibelakang bangunan pertama tapi bentuknya kaya kost2an. Aku dan mba ve pilih di bangunan pertama yang ada kamar twin nya, sedangkan mas oik pilih bangunan kedua. Tapi sayang tempat parkir disini kecil & jalannya cukup buat 1 mobil aja. Tanpa berlama-lama, setelah dapet kunci kita langsung menuju kamar & bersiap2 kondangan tentunya..

Cerita di kota Solo tunggu postingan selanjutnya ya...


Share:

1 comments:

Tika said...

sebenernya ada dokumentasi foto perjalanan kita, karena laptop kena virus jadi semua foto kehapus ga ada yang kesisa sedikit pun..hiks..