Friday, July 29, 2011

Holiday on July

Trying to be a Backpacker
Akhir bulan Juli 2011 ditutup dengan liburan semi backpacker ke Malaysia & Singapore bersama Myu (one of my best friend at school-college-B8), tepatnya tgl 23-26 Juli 2011.
Dulu kalo liat di blog/web/majalah/media lainnya iri deh liat orang2 yang bisa jalan2 keluar negeri dengan mudahnya, apalagi yang bikin mupeng klo bisa low budget (backpacker-an).
Yang paling menguatkan niat buat jalan2 sendiri tanpa ikut tour setelah ketemu dg FB/Web nya Claudia Kaunang (seorang travel advisor yang sudah memulai perjalanan keluar negara sendiri dengan budget yang sangat murah). Mengutip kata2nya kalo Traveling is Possible. Yup..setuju kali dg quotation ini, kuncinya kita harus berpikir positif. Setelah baca2 tentang CK & buka blog2 backpacker yang laen akhirnya punya sedikit keberanian untuk memulai perjalanan dari jarak yang terdekat. Pilihannya jatuh pada KL dan Singapore (karena dari Palembang udah ada direct flight AA dg rute Palembang-Malaysia).

Hunting tiket AA & penginapan dimulai sejak Mei 2011. Walopun ga dapet tiket promo yang murah2 amat & hotel bintang 2, alhamdulillah cukup dg 3 juta kita bisa berkunjung ke KL & Singapore (tiket pp, hotel, transport dg LRT/MRT/Bus,makan & oleh2).
Tiket dibeli online via web AA dengan CC, hotel juga kita beli pas di Indonesia lewat web Agoda dengan pembayaran menggunakan CC (ini salah satu keuntungan punya CC). Penukaran uang juga dilakukan di Indonesia (Palembang, tepatnya di dekat toko Alisan kawasan Megahria, maaf lupa namanya. Ringgit dihargai 2995rb sedangkan dollar singapore 7125rb).

Dengan bermodalkan sedikit keberanian & doa plus tanya sana sini, buka blog para pendahulu yng menjelajah KL & Singapore, finally we can do it....yeayy...Yah walopun harus pegel2 jalan muter2 pas nyasar lupa bawa peta, pake sandal yang kurang nyaman (laen kali harusnya bawa CR***S), tas jinjing yang cukup berat, tapi itu semua jadi pengalaman yang berharga buat aku dan myu untuk kedepannya.

Tempat yang dikunjungi di KL; Batu Caves, Dataran Merdeka, KPPK, Masjid Jamek, Petaling Street, Kasturi Walk, Central Market, Petronas Twin Tower.
Tempat yang dikunjungi di Singapore; Merlion Park, Esplanade, Rafless River, Sentosa Island, Mustafa Center, Orchard.

Sedikit tips aja untuk yang coba jalan2 sendiri tanpa ikut tour:
  1. bawa tas selempang kecil untuk paspor, dompet & dokumen penting lainnya biar ga susah buka2 tas pada waktu pengurusan check in / imigrasi.
  2. Untuk barang bawaan sedikit & naek LRT/MRT lebih enak pake ransel dari pada koper agak sedikit rempong tapi kalo bawaannya cukup berat lebih prefer koper kecil, maklum pengalaman kemaren jadi sakit punggung gara2 keberatan ransel sementara kita harus jalan cukup jauh gara2 nyasar nyariin hotel dari station LRT.
  3. untuk jalan2 selama di negara orang mending pake mini ransel jadi ga terlalu capek & lebih fleksibel.
  4. Siapin sandal yang nyaman (kebanyakan bule2 luar pada pake sneaker / sepatu sport yang khusus buat jalan), kalo ga kaki bisa pada lecet, contohnya aku yang harus kapalan & luka.
  5. Siapin tissue kering & tissue basah / parfum biar tetep seger selama perjalanan.
  6. Penting buat nyiapin uang kecil (koin) buat beli tiket MRT/LRT. Kaya di Spore suka ga masuk uang kertasnya, malah prefer ke koin (untuk single entry ya bukan ezlink card).
  7. Jangan lupa berdoa, harus berani tanya2 & bawa peta tentunya.
Liburan ga harus mahal kan yang penting bagaimana cara kita menikmati liburan itu sendiri.
Big thanks to CK for inspiring me & mas Gaphe for your blog sharing.
Hope someday i could have a trip with you guys..

Liputan lengkap ada di postingan selanjutnya ya...
  
Share:

3 comments:

crazy_guitarz said...
This comment has been removed by the author.
crazy_guitarz said...

details costnya di jabarin donk.

Tika said...

sudah by message fb ya am...selamat bergabung di dunia perblog-an..don't forget to follow me ya :)