Thursday, July 7, 2011

Jerawat jelek :-P

Basically muka ku emang sensitif dan gampang banget jerawatan..dan masa jerawat terburuk seumur hidup adalah maret-mei 2011..how poor i am..

Awalnya cuma bruntus2 kecil yang biasa dateng kalo telat cuci muka / pake kosmetik berat,,,eh sekarang malah bertambah dg jerawat gede ky biji kacang ijo...menyebalkan...saking keselnya, sambil ngaca sambil bilang : Ya Allah, kalo mo datengin jerawat gpp bruntusan kecil yang banyak, asal jgn jerawat gede.." & ternyata..what i've said jadi kenyataan juga...1 bulan berselang dari situ mulai bermunculan bruntus2 di pipi dan dagu yg bnyk...bikin muka ku jadi kasar...T_T..(bikin pusing & stress sendiri jadinya, makanya laen kali jangan asbun..jadi inget di salah satu ayat disebutkan klo tuhan itu adalah perkataan hambanya..)

Banyak obat jerawat yang dicoba mulai dari merk A-Z tapi ga berhasil juga...emang iklan ga bisa dipercaya..sampe akhirnya mutusin untuk ke dokter kulit langganan. Dikasih secarik kertas resep yang isinya salep muka dan obat makan. Awalnya mikir ini kaya obat alergi biasa..trus ngikutin petunjuk di sampul obat: salep muka dipakai 1x sebelum tidur, obat dimakan 2x sehari...

Setelah 1 minggu pertama??hasilnya...eng ing eng....guess what!!! Muka jadi malah tambah ancur...bruntusnya ga ilang yang ada jerawat segede biji kacang ijo mulai bermunculan di pipi, kening, idung, dagu....(sumpah ini bikin nangis banget!!)..Pertama sedikit lega karena dgr dari temen yang juga berobat ke dokter katanya emang gitu sistem pengobatannya dikeluarin dulu seluruh jerawat...tapi udah hampir 1 bulan tuh jerawat pada ga pergi...tetep setia nangkring di muka ku....
oh no!!!!!mulai berpikir kayanya ada sesuatu yang ga beres (cuma bisa maki2 dlm hati ma tu dokter...emang ga bertanggung jawab)..sampe akhirnya mutusin untuk berhenti makan obatnya..& alhamdulillah lepas dari t obat sekitar 1 mingguan (sekitar mei 2011, bayangin ya t jerawat nangkring hampir 2 bulan, ilang 1 muncul 1) muka berangsur2 lebih baek...kayanya kandungan obat yang dikasih tu dokter ga cocok sama kulit muka ku ampe bikin muka jadi ancur untuk sementara waktu...sumpah bener2 ga pede banget waktu itu...yang bikin stress orang2 sekitar yang pada aneh komentarnya : "tika jerawatan ya sekarang?", atau "oh tika, saya pikir siapa, soalnya jerawatan sekarang", atau "loh tik kok kamu jerawatan??"...wua....klo bisa jerit saat itu juga bakal jerit...TIDAK!!!!! Semua ini karena satu penyebab yang juga musuh setiap orang :JERAWAT JELEK.

Well, sampe sekarang blom nemu obat jerawat yang bener2 ampuh (walopun ada yang nyaranin tradisional / pengaturan pola makan / obat kimia, dll)..blm ada yang bisa menjamin,,paling juga diminimalisir biar ga tambah parah, kan jerawat itu bersifat hormonal juga...huhu..kpn ya ni muka bisa bebas jerawat, bisa mulus kinclong kaya artis2 korea???

Sedikit tips aja:








  1. jgn gampang percaya dg obt jerawat yang diiklankan di tv,majalah,koran,radio dll, yang katanya bisa ngilangin jerawat dlm itgn jam lah, bla2..karena kandungan didalamnya belom tentu cocok buat kulit kita.




  2. berobat ke dokter kulit emang bisa membantu kita untuk konsultasi masalah kulit karena dokter lebih memahami kondisi kulit kita tapi dokter juga tidak bisa menjamin obat yang dikasih ke kita bisa buat bebas jerawat, obat yang dikasih juga blom tentu cocok, terutama obat makan (pengalaman pribadi), harus tanya dg jelas ke dokter apa efek yang mungkin ditimbulkan. tapi ga semua dokter ga cocok, ada beberapa orang yang tetap setia sama dokter kulitnya karena emang obat yang dikasih selalu berhasil. dan yang ga kalah penting jangan sering2 ganti2 dokter.




  3. obat jerawat punya si A,si B atau si C blm tentu cocok dengan kulit muka kita walopun jenis kulitnya sama..jadi jangan asal coba2 ya..tar malah rusak mukanya..




  4. jgn sering ganti2 kosmetik / coba2 kosmetik baru cuma karena packaging yang lucu atau fungsinya, yang paling penting adalah bahan yang terkandung didalm kosmetik itu sendiri (mengandung zat yg berbahaya/tidak), sebaiknya pilih yang berbahan dasar air. Biasanya efek obat / kosmetik yang instan ga bagus buat muka jadi lebih baik pilih yang aman2 aja.




  5. Perlu juga diperhatikan untuk tidak menggunakan spons bedak, kuas blush on atau peralatan make up milik orang lain.




  6. Rajin membersihkan muka, terutama sehabis make up yang berat (after party,etc), minimal 2x sehari. Lebih bagus lagi setelah menggunakan susu pembersih & toner, muka dibasuh dg facial foam biar kotoran terangkat semua (pake air hangat).




  7. Rutin olahraga, kurangin stress yang berlebih, dan banyak minum air putih (udah terbukti nih..bikin muka keliatan fresh jadinya).




Semoga bermanfaat ya buat tmn2 yang mengalami masalah jerawat jelek...

Share:

0 comments: