Monday, July 11, 2011

Jalan2 ke pulau Jawa - Part 4

JOGJA - MAGELANG

Udah berpetualang selama 3 hari di Pulau Jawa (sebenernya lama di jalan ni bukan lama menikmati wisata ditempat yang kita kunjungi) akhirnya tiba juga di kota pelajar, Jogjakarta sekitar jam 4 sore.
Langsung menuju malioboro dan  mencari hotel untuk stay selama 2 hari. Disini mba vera yang jadi guide dadakan karena bbrpa bulan sebelumnya dia baru liburan dari jogja. Setelah keluar masuk hotel di sepanjang jalan kecil di malioboro yang sesuai dengan budget, akhirnya ketemu salah satu hotel kecil yang cukup bagus tempatnya, jarak antara hotel & jalan besar malioboro ga sampe 5 menit jalan kaki, bangunannya juga bagus, kita dapet hotel ini di harga 200rb/malam. Fasilitasnya juga lumayan,ada ac,tv,breakfast,laundry shower & air panas (tapi showernya udah agak macet2), yang pasti tempatnya bersih - again & again, karena ini sdh 3th yang lewat jadi agak lupa nama hotelnya apa. Lokasi hotel ini berseberangan dg toko kecil yang jual souvenir jogja, mulai dari sendal jepit manik2, tas, aksesoris & masih banyak lagi yang kalo aku pikir ini ga beda jauh sama oleh2 yang pernah aku dapet dari Bali.

Dengan bermodalkan peta, kita mulai mengawali perjalanan di Jogja dengan cari makan malem, kali ini mba ve nawarin nyoba makan mie godog jogja. Kita makan di warung mie pinggiran ga ber label, lokasi nya juga ga jauh dari malioboro (lewat jalan belakang - susah euy mendeskripsikannya, lupa2 inget), lumayan banyak yang makan disitu..udah gitu harganya juga sangat2 murah, 1 porsi mie nya cuma dihargai 3000rb. Aku tertarik nyobain nasi magelangan (nasinya dicampur ke dalam mie kuah). Ternyata porsinya banyak..cukup membuat aku kekenyangan..klo soal rasa ya biasa aja, ga ada yang beda, namanya juga mie, cuma ditambahin sayur & sdkt bumbu.
Sepulang dari warung mie godog, kita langsung menuju hotel u/istirahat, menyiapkan tenaga keesokan harinya u/berkunjung ke Candi Borobudur & Pantai Parangtritis.

--Hari ini, minggu diakhir bulan juni 2008, jalanan depan hotel masih sangat sepi, aku & mb ve mutusin untuk cari sarapan di pinggiran jl.malioboro, kita masuk ke circle K, beli segelas kopi hangat & sedikit camilan untuk bekal diperjalanan kemudian nyobain beli nasi kucing (seharga 1000perak, ga salah,mpe kaget banget2). Porsinya emang sedikit (tapi cukup buat ganjel perut), rasanya juga mirip2 nasi uduk tapi ga full of santan, ditaburin bihun & oseng tempe.
Selesai jalan2 disekeliling malioboro, kita kembali ke hotel & bersiap2 menuju Candi Borobudur.

Borobudur
ini merupakan perjalanan kedua kalinya ke Borobudur. Terakhir kali mengunjungi ini waktu liburan smp sekitar 12 th yang lalu bersama keluarga. Borobudur dulunya masih merupakan salah satu dari keajaiban dunia, tapi posisinya bergeser saat ini, tanya kenapa?? Belum lagi banyak stupa2 & patung2 yang dicuri, ga cuma itu akibat gempa di Jawa sekitar 3.5 th lalu perlu adanya renovasi. lumayan capek juga naekin anak tangga menuju candi, ditambah cuaca yang panas dan penuh dengan rombongan wisata / turis asing yang liburan kesini.
Kebayangkan teriknya, foto2 sambil payungan.
Selesai mengitari candi Borobudur & bersalaman dengan salah satu patung budha yang ada di puncak borobudur (mitosnya kalo apa yang dipengen bisa kesampean, betul ga ya??), kita lanjut cari makan siang ke Magelang (mie ayam pak Broto), dari info yang didapet dari tante ku tempatnya cuma dipinggiran jalan, ga berbentuk toko, hanya tenda biasa. Mie ayam ini biasanya suka dipesen sama pejabat2 kalo lagi ada acara (maklum tante ku salah satu istri kolonel tentara yang lama tinggal di Magelang). Kalo 4 huruf berarti buka, kalo 5 huruf berarti tutup (awalnya kita ber4 sempet mikir maksudnya apa, ternyata maksud tante adalah buka (4huruf) & tutup (5huruf).hehhehe...
Setelah muter2 hampir 2 jam..tempat yang dimaksud ga ketemu juga, akhirnya kita mutusin untuk makan di "es eny", tempatnya di Magelang juga, cukup besar, pengambilan makanannya sama kaya ampera / bumbu desa. Disini banyak banget jenis2 es serut, ada kali 40jenis, tapi rasanya c sama aja, cuma beda design/topping/campuran buahnya aja. Sambelnya manis, ga berasa makan sambel jadinya, kecewa juga..trus soal rasa & harga ya standar sama kaya resto2 sejenis.

Perjalanan lanjut ke Pantai parang tritis, disini judulnya mo foto sunset..tapi karena salah jalan akhirnya kita baru nympe di "paris" sekitar jam 5 sore & kondisi cuaca udah mendung, bis2 besar dari sana udah pada mo balik..eh kita baru mo kesana. Sesampainya disana kita bayar tiket masuk (lupa harganya) trus jalan kedalem cari parkir. Disekeliling pantai banyak yang jualan, biar ga capek jalan kita akhirnya parkir yang deket pantai.
Sunsetnya ga dapet euy..sedikit kecewa..baterai kamera juga udah abis, jadi cuma ngandalin hp kamera.

Pengalaman seru juga lucu..pas selesai foto ini kita dikejer ombak..alhasil sendal yang dipake hanyut ntah kemana..udah gitu celana basah kuyup semua..Karena hari udah mulai gelap jadi kita mutusin untuk pulang, ngakalin cari plastik u/duduk dikursi mobil biar ga basah, secara kita ga bawa baju ganti jadinya pulang kedinginan.
Ga cuma itu, pas mo bayar parkir, si tkg parkir langsung minta duit 10rb (buset dah..cm 30menit ini mintanya 10rb, ngalahin parkir di mall aja)..sempet kita protes, trus dia dg santainya bilang tarifnya beda klo parkir didepan..ya udin dari pada cari masalah akhirnya kita bayar walopun ga ikhlas..heheh..
Dari "paris" kita langsung menuju hotel. ntah mungkin karena kecapean atau apa, begitu nympe hotel aku langsung ga enk badan, selepas mandi juga badan jadi panas & kepala pusing, alhasil malemnya aku cuma tidur dikamar, sedangkan yang laen cari makan diluar.

Keraton & Alun2 Jogja
Hari senin di akhir minggu ke empat Juni 2008, kita melanjutkan perjalanan, kali ini rutenya ke Keraton,Alun2,Pasar Beringharjo dan pulang ke Bandung.
Perjalanan pertama menuju keraton. bayar tiket masuk kalo ga salah 1 orang 8rb (tanpa tour guide). Suasanan di dalam keraton cukup ramai, areanya juga luas, ada ruang khusus properti, ada ruang yang isinya lukisan2, pohon silsilah keluarga, kereta kuda, aula, banyak macemnya. didalam keraton juga ada yang jual souvenir khas jogja.

Nyempetin foto bareng abdi dalem nya keraton di pintu masuk.

Puas foto2 dan liat2, kita istirahat & solat di masjid tua yang letaknya di belakang keraton.
Lepas solat kita makan baso kampung didepan masjid (pake gerobak dorong), rasanya uenak poll..klo soal harga standar sekitar 10rb. Sesuai antara harga ma rasa.top markotop pokoknya.
Lanjut lagi menuju Pasar beringharjo & Mirota batik untuk belanja oleh2.
Pasar beringharjo sangat crowded, pusing deh isinya penjual batik semua. Karena emang waktunya dah sore & takut pasarnya tutup, kita beli batik di toko bagian depan, harganya standard, untuk daster sekitar 20rb, tapi kualitasnya ok punya, aku juga beli kaos batik  harganya @45rb. Menurut ku, walopun batik disini udah campur aduk dari berbagai daerah, aku lebih prefer disini ketimbang di Pasar Klewer Solo. Tapi sebelnya penjualny agak kurang ramah aja, mungkin karena saking banyaknya pembeli kali ya...
Selesai dari pasar beringharjo kita nyebrang ke Mirota batik, disini aku beli sendal motif batik untuk oleh2 titipan temenku. Jujur aja agak sedikit ga betah disini, karena bau garunya kaya menyan jawa gitu. Oh ya harga barang di Mirota udah fixed price ya jadi no bargain, tapi dijamin murah kok.

Pulang dari belanja, mas oik & fam kembali ke hotel, sedangkan aku dan mba ve berkeliling jogja dengan naek becak (sekalian beli titipan cerutu kakak mb ve), pulangnya kita makan malem didaerah seputaran malioboro dan kembali ke hotel untuk istirahat.