Sunday, July 10, 2011

Jalan2 ke pulau Jawa - Part 3

SOLO

Di postingan sebelumnya, kita udah tiba di Solo & bersiap2 kondangan.
Dress code kita adalah batik. Aku mengenakan atasan batik coklat, obi & celana hitam. Mb ve pake dress batik selutut yang ditutup bolero hitam. Sedangkan mas oik,teh nita & otoy dengan batik coklat beda motif.

Dengan berbekal peta kota Jawa (solo) kita memulai perjalanan..ternyata jarak dari tempat kita menginap dan lokasi kondangan cukup jauh. Ibaratnya ujung ketemu ujung. kita start dari Solo kota sedangkan lokasinya di Matesih (pinggiran solo). setelah muter2 ngikutin peta & jalan (+/- 2 jam) akhirnya kita tiba juga ditempat.
Pemandangan kanan kirinya masih ada persawahan gitu. Tadinya kita ngakak2 sendiri mikir ni bener ga..masa' masuk sampe kedaerah persawahan, udh gitu ga ada tenda/ petunjuk. Jam udah nunjukiin pukul 3 sore, begitu kita nyampe, udah pada sepi, tenda juga ga kepasang, wajar donk kalo kita nyasar walopun tempat itu udah kita lewatin, untung si manten lagi berdiri di dpn rumah.
(ini ceritanya kita mo bikin surprised..)

Setibanya ditempat kita langsung disambut sama si manten, trus langsung dikasih makan. Ntah lah aneh juga sistem makannya. Apa karena mejanya udah diberesin jadi kita dikasih makan nasi rames atau emang makannya model ramesan gitu. Selesai nyicipin makanannya kita foto2 dulu, trus ngobrol2 bentar & langsung pulang. Berhubung kita masih laper, akhirnya kita mutusin untuk cari baso (ini makanan favorit aku,mb ve,mas oik juga teh nita). Mulai masuk kota Solo rame juga, kita ngelewatin alun-alun & keraton, sampe akhirnya kita nemu salah satu tempat baso di deket simpang empat lampu merah, kebetulan diseberangnya juga ada masjid, jadi ya sambil menyelam minum air, lepas solat kita langsung makan. Basonya uenak, udah gitu harganya murah, 1 porsinya 10rb tapi banyak banget. Ga rugi lah pokoknya. Udah kenyang makan kita langsung menuju hotel untuk istirahat.

Karena tujuan sampingannya sekalian jalan, pas malem kita cari makan diluar (cuma modal peta), nemu lah tempat Gladag langen bogan Solo, tempatnya dideket alun-alun, disini rame berjejer warung2 tenda gitu, ada juga live music & street dancer. Akhirnya kita mutusin untuk cari makan disini. Makanan & minuman yang dijual beragam, dari harga yang paling murah sampe yang mahal juga ada.
Sistemnya bayar dimuka trus kita dikasih nomor dan pilih tempat duduk sendiri (kaya food court tapi pinggir jalan konsepnya). Setelah perut terisi, kita langsung pulang menuju hotel u/besok jalan ke pasar klewer, cari oleh2 batik.

Ini foto pas didpn jln gladag langen bogan (yang aku sendiri juga ga tau artinya apa & ini satu2nya foto yang tersisa selama perjalanan di Solo), mb ve ga ikut soalnya dia yang motoin kita, jadilah kita berfoto dengan tukang becak yang mangkal dipinggir jalan.
Sempet kaget juga waktu balik lagi kesini, udah bersih ga ada yang jualan sama sekali, padahal malemnya busyet dah rame banget2 mulai dari yg jual - yg beli.

Selesai foto2 kita melanjutkan perjalanan ke pasar klewer, tapi aku ga banyak belanja cuma beli beberapa potong daster batik untuk orang-orang dirumah. Mba ve beli sprei batik motif wayang. harganya standar lah mulai dari 20rb. Pasar ini cukup sempit & crowded. Jangan lama2 deh bisa pingsan saking panas & ramenya. Di pasar ini kita juga beli camilan kulit & jeroan buat bekal di perjalanan. Capek muter2 pasar klewer kita langsung melanjutkan perjalanan kembali ke hotel untuk check out & siap2 menuju Jogja.

Cerita Jogja di postingan berikutnya ya..