Wednesday, July 27, 2011

Jajanan Pasar

Putu Mayang - Bluder - Puntir

Ini tampilan jajanan pasar yang biasanya ditemui di kota Palembang.
(yang warna putih = putu mayang, yang kecoklatan = bluder, yang dibungkus daun pisang = puntir)
**Ga tau  ya kalo di kota laen apakah sama juga namanya..karena setau ku ada beberapa daerah yang punya penganan sama dengan nama yang berbeda
Putu mayang terbuat dari tepung beras dan santan kelapa, isinya biasanya gula merah cair / gula merah yang sudah di olah bersamaan dg kelapa parut). Putu mayang ga beda jauh sama putu yang biasa dijual2 sama penjual putu keliling yang bentuknya bulat panjang2 berwarna ijo muda dan diatasnya ditaburin parutan kelapa.

Bluder terbuat dari tepung terigu, santan, gula pasir, telur,  semakin banyak santannya makan semakin enak rasa bludernya, sekarang udah banyak yang kreatif dg bikin bluder tape. Pernah nyobain bluder rasa tape yang dibuat ama sodara, teksturnya lebih lembek, rasanya juga ga terlalu wah..masih enakan yang bluder original menurut ku.

Puntir terbuat dari beras, kelapa dan garam. Tampilannya mirip lontong/kupat, rasanya enak & mengenyangkan.

Lumayan bisa isi perut sebelum menyantap makanan utama..Jajanan pasar ini biasanya ada di warung kopi Madina Jl. Dr.M.Isa arah pasar kuto, pasar cinde, pasar 26 ilir, dan tempat makan tradisional lainnya di Palembang.
Share:

0 comments: