Sunday, July 10, 2011

Jalan2 ke pulau Jawa - Part 1

Palembang - Jakarta - Bandung

Sebenernya ini cerita 3 tahun yang lalu (tepatnya Juni 2008), cuma baru posting sekarang, maklumlah berhubung baru punya blog..:-)
Jalan-jalan kali ini sebenernya bukan 100% niat berlibur tapi karena ada kondangan nikahan temen kantor di Solo. Memanfaatkan waktu cto selama 2 minggu full dari Palembang - Jakarta - Bandung - Solo - Jogja - Magelang - Bandung - Jakarta - Palembang.

Perjalanan dimulai dari Palembang pertengahan juni 2008 bersama mb vera dg pesawat garuda yang disponsorin pake GFF seorang juragan baik hati dikantor...hehehe..tadinya ga cuma b2, mb iin juga pengen ikut, malah kita udah bikin planning mo kemana aja selama di Jawa, tapi sayangnya ga bisa karena dapet berita klo dy sedang hamil muda sekarang..

Waktu itu aku & mb ve ngambil penerbangan pertama sekitar jam 6 pagi dari Palembang menuju Jakarta. Kebayangkan dari rumah udah harus siap sebelum subuh, untung ga telat sampe dibandara SMB Plb (Makasih mama & juju yang udah nganterin). Setelah melewati 55 menit perjalanan udara, akhirnya tiba juga  di bandara Soetta sekitar jam 7 pagi, langsung menuju gate keluar dan menunggu bis DAMRI yang akan membawa kami ke Bandung. well, sebenernya ini pengalaman pertama travelling cuma berdua dg temen kantor, sangat ketolong karena mba ve sendiri udah sering keluar kota sendiri.
Setelah 1 jam nunggu,akhirnya bis Damri tujuan stasiun Gambir muncul juga, buru2 deh ngangkatin koper yang berat ke bagasi Bis, sambil dibantu "paksa" ama potter yang mangkal disitu. Jadi istilahnya walopun kita ga minta dy bukannya dengan senang hati membantu tapi berinisiatif sendiri & langsung minta bayaran...Parah dah...(gitu juga halnya di bandara SMB, cuma skrg2 aja udah agak berkurang, ga seliar dulu..ampe trolley aja udah ga kebagian..udah serasa hak  milik para potter itu...)

Pertama kali naek bis Damri (bukan sombong atau apa ya selama ini kalo ke Jakarta / bandung selalu dijemput sama sodara jadi belom pernah ngerasain naek angkutan umum di kota besar). Dalemnya lumayan bagus & bersih, ada ac nya, kursinya juga bagus, adem lah pokoknya. Setelah keluar dari bandara dan mulai masuk tol (+/- setengah perjalanan), ada bapak yang keliling dari depan ke belakang bagiin karcis sekalian ngambil uang tiket bis (klo ga salah waktu itu sekali jalan dari bandara - stasiun gambir +/- 25rb, yah terbilang murah untuk jarak yang cukup jauh & kenyamanan didalam bis).

Setelah perjalanan +/- 1 jam akhirnya kita tiba juga di Stasiun gambir, tepatnya sekitar jam 10 pagi. Turun dari bis, nurunin barang di bagasi bis & lanjut jalan dengan dorong2 koper & plastik gede isi kerupuk titipan sodara (soalnya mo mampir dulu ke bandung). Pertama kali masuk ke stasiun kereta ini, lumayan crowded juga & pastinya antrian cukup panjang, mungkin karena musim liburan kali yakk...Selagi ngantri untuk beli tiket kereta eksekutif dari Gambir - Bandung, ada potter yang nawarin jasa, berhubung kita udah capek jadi ya hayo aja dengan tawaran c bapak. Bapak setengah baya udah siap disamping kita dg bawa koper & plastik kerupuk. Akhirnya setelah antri dapet juga tiket yang jam 11 menuju Bandung & langsung menuju ke lantai 2 untuk nungguin keretanya. (klo ga salah harga tiketnya sekitar 40rb).

Di stasiun Gambir emang bener2 padet euy, mulai dari penumpang kereta sampe pedagang asongan..harus hati2 kalo udah kaya gini..karena tingkat kriminalitas kota Jakarta yang begitu tinggi jadi harus was2 terhadap siapapun orang yang mencurigakan & mendekat.

Sekitar 20menit nungguin kereta dipinggiran rel, akhirnya dateng juga..kita ngikutin bapak "potter" yang ga tau namanya siapa membawa kita ke kereta yang tertera di tiket. Udah barang2 dinaekin ke bagasi atas kursi, langsung ucapin terima kasih ke si bapak & bayar 10rb buat jasanya.
Untungnya ga nunggu lama di stasiun, sekitar 10menit kereta kita jalan juga..jalannya pelan banget..tapi enak santai..udah gitu nyaman lagi..tempat duduknya lega..senangnya (jadi inget terakhir naek kereta tujuan Palembang-Lampung sekitar th 2004)
Di dalam kereta ternyata ada juga yang jualan..karena udah menjelang siang dan bekal snack box dari Garuda udah habis akhirnya kita mutusin untuk beli air minum, harganya sama kok dengan yang dijual di warung / mini market.

"tingtongtingtong...tingtong..." udah kedenger suara khas dari pengeras suara yang biasa kita denger di stasiun2..
"Perhatian2 kereta tujuan Bandung telah tiba...bla2"..
Akhirnya setelah istirhat +/- 3 jam di kereta nyampe juga di stasiun kota kembang...suasanannya ga serame waktu di Gambir (ini juga kali pertama saya ngeliat statiun kereta di Bandung).. Kali ini turun dari kereta, kita harus mandiri, semua koper & plastik kerupuk dibawa masing2, kemudian kita menuju pintu keluar dan duduk dikursi tunggu. Waktu itu jam udah menunjukkan pukul 13.00.
Kita bakal dijemput sama mas oik (salah satu temen dkt dikantor) yang kebetulan domisili di Cimahi, Jawa barat. Sekitar 1/2 jam kita nungguin akhirnya dateng juga & kita langsung berangkat menuju tempat selanjutnya.
Awalnya sempet mau protes gara2 telat jemput, tapi disogok ama fruit yoghurt BMC (one of my fave)..diem dah sambil menikmati yoghurt...

Rute selama di bandung:
1.  Stasiun kereta
2.  Rumah omnya mba ve nganterin kerupuk di daerah padasuka.
3.  RM Ampera di soetta makan siang (recommended resto ni, makanan sunda yg uenak & murah meriah, sambel merahnya yg pedes banget bikin kangen, kita makan bertiga cm abis 70rb dengan berbagai tambahan menu) 
4. Ciwalk (beli kets & hadiah ultah u/omiw), didaerah Cihampelas, waktu itu pas kesini baru mulai mo dibangun hotel / apartment ya?!
5. Dago pakar makan malem dg baso, lupa nama tempat makannya, tapi disini banyak ngumpul anak2 muda kota kembang, harga makannya standard kaya resto2, mulai dari 10ribuan. Suasananya ajib pisan..udah gitu design pondokkannya juga bikin adem ditambah lilin kecil di atas meja..
6. Taman mutiara di cimahi (nginep 1 malem ditempat sodaraku sebelum besok pagi berangkat menuju solo naek si "putih" nya mas oik, kebetulan rumah mas oik dan rumah sodaraku jaraknya deket, sama2 di cimahi)
7. Packing2 buat besok pagi & dilanjutkan dengan istirahat..

Masih penasaran?? Lanjut di J2KSJ -- Part 2 ya

Share:

0 comments: