Friday, July 29, 2011

Trip to KL - Part 1

Kuala Lumpur (23-25 July 2011)
(Batu Caves, Dataran Merdeka, KPPK, Petaling Street, Kasturi Walk, Central Market)

Memulai liburan semi backpacker di bulan Juli 2011 bersama Myu. Sebenernya rencana untuk liburan bareng udah ada sejak lama tapi ga pernah terealisasi. Akhirnya tgl 23 Juli yang lalu, aku dan Myu berangkat juga ke KL. Tiket AA dari Palembang menuju KL sudah dibeli dengan CC sejak bulan Mei, begitu juga dengan hotel di Chill In (dekat pasar seni/central market).
Kebetulan kita ga dapet tiket promo yg harganya fantastis, masih cukup mahal seharga 300rb (padahal di awal tahun sekitar feb ada tiket promo AA Plb-Kl seharga 50rb + tax dll, jadi PP sekitar 170rb). Hotel di Chill In kita pesan lewat Agoda dengan CC seharga 250rb/malam. Bekal uang ringgit yang ditukar hanya 500rb saja (RM150).

Perjalanan dimulai sekitar jam 10.30 dari rumah menuju bandara SMB (dianter juju & te ida), karena macet jadi baru tiba di SMB sekitar 11.30 dan langsung menuju counter ATM untuk beli pulsa. Aku dan Myu janjian ketemu di bandara. Dari ATM kita langsung check in ke counter didalam. Beberapa hari sebelumnya kita sudah melakukan web check in di web AA, jadi kita udah dapet boarding pass. Di counter check in kita menyerahkan boarding pass & paspor ke petugas. Ga cuma itu, petugasnya juga minta print out tiket pulang kita ke Indonesia tanggal berapa. Setelah boarding pass di cap & diberikan kartu (departure & arrival card) kita menuju ke loket pembayaran airport tax (Rp.100.000) dan lanjut ke lantai 2.
Di  lantai 2 sebelum kita menuju ke bagian imigrasi, ada petugas cewek bandara yang jaga counter untuk bayar donasi sebesar Rp. 5rb/orang. Selanjutnya antri imigrasi, kebanyakan orang2 cina dan kebetulan lagi rame ada TKI yang bakal kerja di pabrik elektronik di Johor.
Dari imigrasi, lembar keberangkatan kita diambil sama petugasnya, yang ditinggal hanya lembar kedatangan (ini harus disimpen karena sewaktu balik lagi ke Indonesia bakal ditanyain).

Ada kejadian lucu disini, kan kita bawa botol air minum yang berisi air untuk minum di bandara sembari nunggu, eh sama ibu petugas yang rada galak langsung diambil, disuruh diabisin didepan dia / kalo ga tu minuman harus dibuang, jadinya ya aku dan myu terpaksa ngabisin tu air minum padahal kita masih harus nunggu sekitar 1 jam lagi sebelum berangkat. lagian juga kita ngerti kok tu pesawat ga ngebolehin bawa makanan/minuman dari luar..mungkin itu kali yg ngebedain pesawat domestik sama internasional..hehehe..

Jam menunjukkan pukul 13.05, penumpang diberitahukan untuk menuju ke pesawat. Untung ga delay, tenang deh, udah bekal NDS biar ga bosen selama penerbangan yang memakan waktu 1 jam 45 menit. Sebelumnya kita udah pick a seat jadi udah tau tempat duduknya, ga repot2 lagi walopun harus bayar biaya tambahan pas booking di web AA sebesar 18rb. Waktu di KL ternyata 1 jam lebih cepet di banding Indonesia. Aq duduk di seat 8B & Myu 8C. disebelah ku ada seorang ibu muda namanya Eva damayanti,salah satu dari TKI yang bakal kerja di pabrik Elektronik di Johor Bahru. Karena dia ga bisa b.Inggris akhirnya aku ngebantuin cara isi lembar departure & arrival card yang sebelumnya dibagiin sama pramugari AA (etnis Melayu Malaysia). Denger cerita si ibu kasian juga, harus ninggalin anaknya yang masih umur 11 bulan, tapi yang bikin kesel dengan santainya si ibu bilang kalo dia pengen jalan2 ke LN, sekalian mo ngasih pelajaran buat mertuanya yang cerewet, biar bisa ngerasain gimana capeknya kerjaan rumah tangga & ngurus anak bayinya...Aneh bukan???

Lepas 1 jam 45 menit penerbangan, kami akhirnya landing juga di LCCT (sekitarnya kebun sawit semua). begitu turun dari pesawat kami langsung disambut oleh pramugari & beberapa petugas bandara etnis India.
Perjalanan keluar dari pesawat menuju gedung LCCT lumayan jauh, beratapkan seng yang sudah tertata rapi, demikian juga halnya untuk penumpang2 lain yang akan berangkat harus berjalan kaki, ga ada lorong khusus yang menghubungkan antara gedung LCCT langsung ke pesawat. Cuaca di KL & Indonesia hampir sama panasnya. Tiba di bangunan LCCT kami segera ke toilet (biasa cewe agak beser..heheh), antrinya alamak jang...begitu masuk toilet ternyata sangat2 biasa, ga begitu bersih & wangi, sama kaya toilet2 di Indo. Bedanya disini ada toilet khusus untuk bayi/anak kecil. Selesai dari toilet kita langsung antri imigrasi. Barisannya juga cukup panjang, karena sore itu (sekitar jam 15.30) semua penerbangan yang menuju KL / sekedar transit kumpul jadi satu di LCCT. Imigrasinya dibagi 2, foreign passport & Malaysian passport. Di sudut antrian ada counter kecil yang jual sim card KL, ntah berapa harganya, pastinya banyak yang pada beli. Antrian panjang terdiri dari berbagai etnis, mulai dari Melayu,Cina, India, Bule. Ada yang KKL dari Kampus, ada yang emang holiday, ada yang kerja, dll. Lucu juga warna seragam petugas bandara LCCT, abu2 dan bentuknya mirip2 seragam Pol PP di Indo, orangnya juga ga ramah2 amat.
Setelah setengah jam di antrian  imigrasi, akhirnya giliran aku untuk dicek & dicap paspornya..yeay..akhirnya keisi juga ni blank passport..heheh...kebetulan aku dapet petugas cewe yang ga ramah, ga ada senyum sedikit pun, jutek pula...ampun dah..beda dg myu yang dilayanin ma petugas cowo yang kayanya dari Indo & nanyain "ngapain ke Malaysia?", ya jelas donk liburan, emg mo ngapain lagi???hehehe...
Keluar dari imigrasi kami menuju pintu keluar, untuk yang ada bagasi bisa ambil di bagian kanan, untuk yang ga pake bagasi bisa langsung jalan lurus ampe ketemu exit. Karena myu blom makan, jadinya kami membeli dunkin donuts yang ada di pojokan pintu keberangkatan internasional seharga RM9.80 (2donut & 1 coffee). Selanjutnya menuju ketempat Skybus (Posisinya begitu keluar pintu "exit" belok ke kiri, terus lurus smpe ketemu mini terminal tempat bus2 parkir).
Jam menunjukkan pukul 16.30 waktu Malaysia, karena kita udah pesen tiket Skybus di web AA bareng dengan tiket jadi langsung kasih liat aja lembar ketiga dari print out tiket kita ke kondekturnya yang orang India, trus dikasih dah tiketnya. Perjalanan dari LCCT ke KL Sentral ditempuh +/- 1 jam, keadaan sekelilingnya gersang juga.

Jalan menuju ke shuttle sky bus AA

Lorong  menuju gedung LCCT begitu turun dari pesawat

Setibanya di KL Sentral, didepan pintu keluar ada petugas yang nyobekin lembar tiketnya, jadi sebelum turun bis sebaiknya udah disiapin ya tiketnya. Menuju ke lantai 1 dengan naik lift lalu masuk ke KL Sentral (ternyata ini toh..kaya terminal tapi lebih ok & lengkap aja isinya,hehe). Karena masih laper akhirnya kita mutusin makan di McD, tujuannya sekalian nuker receh buat beli tiket LRT. Aku nyobain Mcflurry lime seharga RM4.5 dan paket kentang+coke seharga RM 7. Begitu nyobain rasa sambelnya....:-( ga enak, ga sama ky yang di Indo, rasanya ga jelas, manis2 gt lah, masih suka sambel Indo. Perut udah keisi, kita lanjut beli tiket LRT, karena mesinnya rusak jadi kita beli di loket seharga RM1.60 tujuan Masjid Jamek.
Disini banyak yang jual baju, jam tangan,boneka, coklat, macem2 deh jualannya, ada juga loker khusus untuk turis KL yang PP.

Inside KL Sentral
Kartu udah ditangan, kami bergegas menuju pintu masuk, kartu dimasukkan dan akan keluar lagi dibagian tengah, lalu penghalang pintu terbuka . Inget ya jangan lupa kartunya di ambil lagi untuk dipake pas pintu keluar. Kartunya cuma berlaku sekali jalan, ga bisa di refund kaya MRT di Singapore. Ga nyampe 5 menit turun dah kita di station LRT Masjid Jamek. Naek ke lantai atas dengan lift yang cukup curam kemudian ambil exit yang ke arah kiri (bukan yang ke Masjid India ya), kalo ga salah yang ke Tun Perak.
Begitu udah diluar, ketemu ama lampu traffic light, langsung nyebrang aja, tepat di seberang station ini ada Masjid Jamek. Jalan lurus, ngelewatin bagian samping bangunan Masjid Jamek & HSBC. Ketemu simpang empat masih jalan lurus trus belok kanan yang pertama (Jl.Yap Ah Loy), nyampe deh di hotel Chill In tempat kita menginap, ga lama sekitar 5 menit jalan kaki.

Tapi ada cerita lucu sebenernya, kita ga langsung nyampe ke hotel, kita sempet nyasar & muter2 selama 1.5 jam nyariin tu hotel, tanpa peta, tanpa direction yang jelas sebelumnya. Akhirnya tanya2 sana sini, banyak yang ga tau,,kita coba masuk ke jalan masjid india..& ternyata ga ketemu juga jalan yang dicari, nanya ke security & penjual sekitar juga pada ga tau...sempet mo nyerah untuk pake taksi...sampe akhirnya kita ketemu sama penjual buku pinggiran etnis India di Jl. Tuanku Abdul Rahman, yang ngasih tau kita jalan menuju kesana. Kita disuruh jalan lurus terus ampe ketemu giant screen dataran merdeka (yang emang udah keliat dari tempat penjual buku), trus belok kekiri dan lurus, sampe ketemu pasar seni, jalannya ada di sekitar itu. Well, lanjut lagi jalan kaki malem2 biar sehat...heheh...
Di dataran Merdeka lagi ada acara nonton bola bareng, jalan ini juga ditutup dari sore - malem untuk kendaraan umum. Sambil istirahat, sambil foto2 sekitar.

Jalan menuju dataran merdeka (lurus terus dari Jl. Tuanku Abdul Rahman)

Foto didpn KPKK padahal udah sangat2 capek
Di jalan kami ketemu anak2 dari Indonesia juga yang sambil pegang peta (tapi mereka kayanya juga lagi nyari2 jalan tanya kanan kiri untuk ke petaling street). Begitu ketemu kasturi walk di belokan kanan kedua dan Petaling street di belokan ketiga dari dataran merdeka, ada bangunan tinggi bertuliskan "Hotel Chill In"..voila...finally we found it...senangnya...(Jam nunjukin pukul 20.30 wktu KL).

Begitu masuk hotel, hanya ada banner bertuliskan hotel &  kamar yang ditawarkan. Sebelah kanan ada lift untuk menuju ke lantai 1 (Lobby). Disini kami check in dengan membawa print out Agoda, bayar deposit RM20 yang bakal dibalikin lagi pas check out, dikasih kunci, handuk, sabun, remote tv & remote ac. Ga cuma itu kami juga dikasih pin untuk wifi. Selesai check in dengan mba etnis melayu yang ngomong melayu & inggrisnya cepat & ga jelas, kami menuju lift ke lantai 3, tempat kami menginap selama 2 malam.


View 7eleven 24Hrs dari Lt.2 tempat sarapan, sebelah kanan hotel

View Maybank dari Lt.2 tempat sarapan, sebelah kiri hotel
Karena bener2 capek & pegel, akhirnya kami memutuskan untuk istirahat (Mandi, Solat & Menyiapkan tempat yang akan dikunjungi esok hari)

Cerita jalan2 & foto2 di KL ada di postingan selanjutnya ya...
Share:

0 comments: