Thursday, September 4, 2014

Bulan keenam - tara

Alhamdulillah tara dapet asi eksklusif dari mama selama 180 hari. Di usia tara yang ke 6 bulan ini, tara udah mulai mpasi. Sejauh ini aman aman aja sama menu makanan yang disuapin, ga pernah ga abis, walopun pernah uwek uwek gegara makan bubur beras merah brokoli ati ayam, hehehehe.

Sedikit review mpasi pertama tara di bulan ke enam, diawali dengan pemberian beras merah dari gasol dengan frekuensi pemberian makan 1kali sehari di minggu pertama, selanjutnya di minggu kedua dinaikin jadi 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Di minggu kedua perkenalan dengan sayuran dan buah-buahan tunggal ( brokoli, wortel, kentang, pear xiang lie, apel red delicious, pepaya, pisang ambon lumut, melon, kabocha, gasol ubi, gasol kacang hijau). Memasuki minggu ketiga, frekuensi makan mulai ditambah menjadi 2 kali sehari dan 1 kali cemilan. Minggu ketiga udah mulai mix menu makanan ( makan besar pagi dan sore ). Contoh menunya antara lain bubur saring beras merah + bayam merah + salmon. Biasanya setiap 2 atau 3 kali sehari ganti jenis sayur dan lauknya. Sayur biasanya wortel, kentang, buncis, kacang polong, brokoli, terkadang 2 jenis sayur di mix jadi 1. Untuk lauknya diberikan ayam, salmon, tuna, tahu (sedikit kecolongan, pas baca kandungannya ternyata komposisi tahu yang dijual dipasaran mengandung garam), tempe.
Makanan selingan atau cemilannya adalah buah-buahan, seperti pear, apel, pepaya, kabocha. Dari kesemuanya, yang jadi menu favorit tara dan paling lahap mamamnya adalah bubur saring beras merah wortel kentang/ brokoli, ayam/salmon dan tepung gasol ubi (ni kalo lagi kepepet masak doank, hehehe). Untuk buah sementara dikasih pepaya terus biar pup nya lancar. Oh ya di minggu keempat frekuensi makan tara udah naik menjadi 3 kali sehari plus cemilan 1 kali ( kalo ga bablas bobo pagi).

Ngomong-ngomong soal mpasi, kayanya tara kurang cocok makan pisang ambon lumut, padahal ga dikasih ama biji item yang ada dibagian tengah pisang, tapi malah sembelit sampe 5 hari ga pup dan pas pup sampe nangis-nangis & sedikit berdarah, kasian banget liatnya. Sejak itu kapok ngasih tara makan pisang.

Di bulan keenam tepatnya tanggal 6 september lalu, tara vaksin combo yang ketiga, dari hasil timbang badan beratnya udah 7,4kg dan panjang badannya 68cm. Mudah-mudahan udah banyak makan bisa lebih banyak nambah beratnya, hehehe. Tara juga udah bisa bergumam sendiri, bilang mama sesekali, tapi lancar banget bilang babababa atau papapapa. Tengkurepnya baru bisa bolak balik 1 arah, entah kenapa ni anak asa males kalo tengkurep dari arah kiri. Bobonya juga nakal, udah bisa muter-muter.

Pengennya bisa liat tara duduk sendiri, kapan ya, soalnya anak temen yang 5 bulan atau 6 bulan udah bisa duduk sendiri, awalnya lancar bolak balik tengkurep telentang, angkat bujur pas tengkurep, merangkak dan duduk. Jadi ga sabar deh liat proses duduknya tara. Pas kontrol terakhir sama DSA, katanya bayi umur 4-6 bulan baru belajar tengkurep, umur 7-8bulan baru belajar merangkak/duduk, jadi so far sih masih normal, apalagi kaki tangan tara gerak aktif, kepalanya juga udah bisa tegak kalo didudukin. Udah bisa duduk dibantu trus dilepas tanpa pegangan selama beberapa detik. Menurut dokter, perkembangan masing-masing bayi itu berbeda jadi ga bisa disamakan atau jadi pembanding bayi a lebih pinter dari bayi b, yang jelas kemampuan bayi akan bertambah setelah ia menguasai suatu kemampuan. Yang sehat terus ya kesayangan mama papa... we love youuuuu....

Share:

0 comments: