Sunday, October 5, 2014

Bulan ketujuh - tara

Di bulan ketujuh, berat tara udah 7,8kg dan panjangnya 69cm. Alhamdulillah tara sehat. Tanggal 4 oktober yang lalu tara vaksin hepatitis b yang ketiga, jadwal vaksin bulan depan adalah pcv. Untuk vaksin rotavirus cukup 2 kali saja. Info dari dsa nya, diatas umur 6 bulan udah bisa vaksin influenza, tapi dsa nya sendiri nyaranin pas umur 1 tahun aja. Penting banget nih yang influenza, maklum tara bisa dibilang gampang ketularan flu.

Untuk mpasi menunya masih sama seperti akhir minggu keenam, makan 3 kali sehari ditambah cemilan buah 1 kali. Teksturnya masih bubur tim saring yang kental, takaran makannya juga udah naik jadi 6-7 sendok makan dewasa per satu kali makan. Untuk minum air putih agak sedikit kurang suka, dicoba pake sendok ataupun cup feeder hasilnya sama, yang ditelen sedikit banyakan disembur-sembur aja air putihnya, jadi jangan heran walopun udah makan juga masih dikasih mimik. Pernah dicoba pake sedotan, udah bisa disedot sama dia, tapi ujungnya tetep aja disembur-sembur. Alhamdulillah sejauh ini ga ada alergi makanan, aman-aman aja. Rencananya di umur 8 bulan baru akan dikenalkan dengan butter, minyak dan keju. Ga sabar deh nyiapin menu mpasi tara yang baru :)

Perkembangan tara di bulan ketujuh ini udah lancar tengkurep bolak balik 2 arah, kanan dan kiri, ditambah lagi udah bisa angkat dada tinggi sambil tengkurep (bertumpu pada kedua tangan). Udah harus ekstra hati-hati kalo lagi ditinggal sendiri ke kamar kecil. Lucunya lagi, tara kalo dipancing mainan didepannya, yang ada bukannya maju tapi malah mundur, hehehehe. Tara juga udah bisa udah seimbang kalo didudukin, ga goyang, kalo bulan lalu didudukin masih sering jatoh cuma bisa tahan beberapa detik, sekarang udah lancar, emang sih belom bisa duduk dengan sendiri, masih harus dibantu dulu. Minggu kedua di bulan ketujuh mulai rajin melatih tara untuk duduk sendiri, sedikit kepikiran juga sama proses duduknya tara nanti gimana, tapi saya percaya tara akan duduk sendiri sesuai dengan waktunya. Amin.

Share:

0 comments: