Friday, March 16, 2018

Liburan Keluarga ke Batu Malang

Akhirnya setelah sekian lama absen liburan keluar kota, tahun ini kita liburan juga. Kemana? Batu!!! Kenapa kota ini yang jadi pilihan tempat liburan? Singkat aja sih karena ini request-nya anak cilik, hahaha. Kalo yang request mamay sih bakalan susah di-approved, hehehe.

Obrolan soal liburan ke Batu berawal dari anak cilik yang suka banget nonton acara anak di salah satu stasiun tv yang kebetulan lagi episode jalan-jalan ke tempat wisata di Batu Malang. Alhamdulillah papay bisa cuti (walopun teteup sih ditelponin mulu, hahaha), alhamdulillah ada rejekinya juga, jadi yaudah  deh langsung di-segera-kan (sekaligus jadi kado ultah ke-4 buat anak cilik). Karena biasanya sih gitu, kalo rencana-rencana tapi ga langsung eksekusi, ujung-ujungnya batal. 

Apa aja sih yang dibawa? Niat awalnya sih cuma bawa 1 koper, 1 tas backpack dan 1 kantong kecil makanan, tapi pas udah packing ulang jadi bawa 2 koper kecil + 2 tas backpack. Belum lagi tar pulang, pasti beranak-pinak lagi. Hahahah.
Isinya apa? Kalo tas backpack mamay isinya semua makanan dan minuman untuk bekal di perjalanan. Waktu itu dibawain bekal lontong isi ayam sama mama mertua buat makan malem di kereta, jadi kalo selesai makan tinggal buang aja sampahnya, ga repot deh. Kalo tara sih bekal yang simple aja, nasi + abon + nugget + scrambled egg. 
Sedangkan tas backpack yang dibawa papay, isinya semua peralatan/perlengkapan selama di kereta, mulai dari mukena, bantal leher, jaket, tas kecil yang isinya kebanyakan first aid kit (antimo, obat masuk angin, vitamin, minyak kayu putih, plester luka, minol, hand & toilet sanitizer), tissue, charger, kamera. Kalo koper sih isinya udah pasti baju-baju kita.


Perjalanan kami dimulai dari stasiun kereta api Bandung menuju stasiun Malang kota baru dengan waktu tempuh +/- 15jam. Kereta baru akan berangkat pukul 15.45 sore dan tiba di stasiun tujuan pukul 07.08 pagi keesokan harinya. Pas kita berangkat sih bukan musim liburan sekolah /peak season/long weekend, tapi stasiunnya teteup rame banget. Keretanya berangkat bener-bener on time. Telat sedikit aja udah deh, hangus tuh tiket kereta, petugasnya juga disiplin banget. 

Kereta yang kami tumpangi adalah kereta api Malabar (kelas eksekutif). Meskipun bukan kereta baru, tapi gerbong kereta (gerbong 1) ini terawat dengan baik, joknya dilapisi kulit sintetis, ada sandaran kaki, jarak antar kursi juga luas, ada tv, ada bantal + selimut kecil, sayangnya sih pas berangkat waktu itu ac-nya kurang dingin, tara aja sampe basah keringetan.
Sebenernya sih kalo mau lebih hemat lagi biaya liburannya, bisa pilih kereta api kelas ekonomi, cuma berhubung kita bawa anak balita dan perjalanannya juga cukup jauh dan lama, jadi kita putuskan untuk pilih kereta yang nyaman.  Karena sebelumnya kita udah liat-liat di youtube dan baca-baca blog orang juga yang udah lebih dulu ke Malang dengan kereta berbagai kelas. 

Seperti biasa, mamay selalu ga bisa tidur dengan nyenyak dimanapun kecuali di kasur sendiri, matanya sih merem tapi pikiran suka kemana-mana, hahaha. Envy deh sama orang yang bisa tidur dengan cepat dan nyenyak di segala tempat dan kondisi. Tara juga tidurnya kurang begitu nyenyak di awal-awal, mungkin dia terlalu excited, setiap kali denger pengumuman dari kereta tentang pemberhentian stasiun kereta selanjutnya, dia pasti kebangun dan menanti kota malang disebut. Hahaha. Tapi udah jam 1 keatas mulai nyenyak tidurnya sampe pagi.
Sebenernya sih pas kita masuk kereta, kursinya sama sekali ga full terisi semua, jadi biasanya di pemberhentian stasiun selanjutnya ada yang naik lagi tapi ada juga yang turun, sedangkan yang benar-benar turun di stasiun akhir dari perjalanan stasiun awal cuma ada beberapa orang aja.

Akhirnya setelah melalui perjalanan panjang, kita tiba juga di kota Malang. Rada serem sih kalo liat keluar karena beberapa kali ngelewatin jurang dan sungai, rasanya pengen cepet-cepet sampe deh, heheh, keberanian mamay emang parah banget semenjak udah jadi emak-emak.
Pemberhentian kita adalah di stasiun Malang kota baru, yang merupakan tempat pemberhentian terakhir dari perjalanan kereta api malabar. 
Sesampainya di stasiun tujuan, kami langsung bergantian absen ke kamar kecil, haha. Selanjutnya mencari sarapan di tempat kuliner yang kata mbah google udah terkenal banget di Malang dan wajib dicoba.

Apa itu?? Rawon tessy!!!!. Bukan warung makan milik penyanyi tessy pelawak ya. Heheh. Kurang lebih jarak yang ditempuh dari pintu keluar stasiun Malang kota baru ke rawon tessy adalah 200m. Jadi begitu keluar stasiun, langsung jalan aja ke sebelah kiri, jangan ke kanan/ nyebrang. Lurus terus +/- 200 m di sisi kiri jalan ada warung makan kecil bertuliskan "rawon tessy" disebelahnya ada toko helm. Yes, we did it!! Ga pake nyasar, heheh. Udah berasa turis beneran gegeret koper sepanjang jalan dari stasiun kesini, untungnya masih pagi jadi jalanan juga belum terlalu rame. 

Ditempat ini ga cuma jual nasi rawon aja, tapi ada juga pilihan menu lain seperti nasi campur dan nasi sop. Untuk pilihan lauk nasi campur bervariasi mulai dari empal, usus, perkedel, tempe. Harganya bisa dibilang standar, kita makan bertiga dengan menu 2 nasi rawon dan 1 nasi campur plus tambahan lauk seperti empal, perkedel & usus seharga 80ribuan. Soal rasa? Top markotop deh, dagingnya bener-bener empuk, ga alot sama sekali, bumbunya juga pas meresap. Wajar kalo tempat makan ini jadi kuliner favorit di Malang yang wajib dicoba.

Udah kenyang sarapan di rawon tessy, kita lanjut order taksi online untuk ke penginapan di Batu dengan tarif +/- 60ribu. Awalnya sih drivernya ga mau nyamperin, malah kita yang disuruh jalan ketempatnya dia, sebel kan? Ya namanya juga kota orang yang baru pertama kali kita kunjungi jadi wajar donk kalo kita ga ngerti detail area di tempat ini dimana2nya. Akhirnya pas mau dicancel, eh si bapaknya dateng. Trus buru-buru gitu deh, dan dia cerita kalo taksi online disini masih takut-takut gitu karena pernah ada kejadian *bip* sama preman sewaan yang ga suka dengan beroperasinya mereka. Emang iya sih, sebelumnya mamay juga pernah nonton dan baca berita tentang operasional taksi online di kota Malang. Tapi ya so far masih aman-aman aja kok. 
Sepanjang perjalanan, bapaknya nawarin kartu nama gitu, jadi mereka punya bisnis keluarga kalo mau tur ke batu dan bromo. Bapaknya ramah deh, tiap kita ngelewatin tempat yang terkenal gitu, pasti dijelasin panjang lebar sama dia, udah kaya tour guide aja. Mayan sih dapet info wisata gratisan. Hahaha. 

Perjalanan dari Rawon Tessy yang berjarak 200m dari stasiun kereta api Malang kota Baru ke penginapan kita di Batu ditempuh kurang lebih 45 menit. Jalan yang kita lewati juga kebanyakan jalan yang kecil, jadi mirip-mirip kalo jalan ke arah lembang gitu yang 2 arah untuk 2 mobil. 
Pukul 09.30 pagi, akhirnya kami tiba di Omah Anin Guest House, penginapan yang sudah dibooking via airy rooms 1 bulan sebelum keberangkatan ke Batu. Kenapa pilihan tempat menginap ada di Batu? Karena tempat wisata yang mau kita explore semuanya ada di Batu, jadi lebih dekat dan bisa hemat waktu dan biaya juga. 

Omah Anin Guest House ini letaknya di sebuah perumahan yang ada di kota Batu, tempatnya gampang dijangkau karena berada di bagian paling depan Perumahan Batu Permai, dan bagian depan rumah ini langsung menghadap ke jalan raya. Lokasi penginapan ini juga sangat strategis, dekat sekali dengan Jatim Park 2, tinggal nyebrang trus jalan kaki 100m sampe deh disana.  Tempat makan juga banyak, jaraknya cuma 100m dari penginapan ada restoran siap saji dan restoran biasa yang menjual aneka makanan dan minuman. Mau cari oleh-oleh? tinggal jalan kaki aja 100 m di sebelah kanan penginapan ada ruko besar yang berjualan aneka oleh-oleh mulai dari makanan, kaos sampe ke peralatan dapur dari kayu. Masjid juga ada berjarak 3 rumah dari lokasi kita menginap, meskipun sedang direnovasi tapi masih bisa tetap digunakan. Pas hari pertama dateng kan hari jumat, si papay jumatan disana, perjuangannya luar biasa, apalagi Batu cuacanya sedang ujan gede, jadi ya kena tetesan air yang bocor dari sela-sela bangunan masjid yang direnovasi, hahaha, gapapa ya pay buat tambahan pahala, hahahah. 

Cerita dikit ya, dari foto-foto yang kita liat dari aplikasi travel, di lantai 3 Omah Anin ini, ada tempat santai dengan gazebonya dan kita bisa melihat keindahan kota Batu dari atas atap, tapi sayangnya pas kita kesana, tempat ini lagi direnovasi, kayanya sih mau dibangun kamar lagi di lantai 3. Jadi kalo pas pagi sampe sore gitu lumayan berisik karena ada tukang-tukang yang lagi kerja di lantai atas, tapi berhubung kita seringnya seharian diluar, jadi ga begitu terganggu. Buat kita sih yang penting dari tempat kita menginap, kamar tidur dan kamar mandinya bersih plus ga remang-remang, hahaha, iyalah kan kita bawa anak cilik yang lebih "peka". Alhamdulillah sih dengan harga yang cukup terjangkau, kita bisa dapet kamar yang cukup luas, tempat tidurnya bersih dan nyaman, ada ventilasi udara/jendela yang cukup besar, ada ac, televisi meskipun ga dapet channel luar (emangnya hotel berbintang? lagian juga selama disana kita hampir ga pernah nonton tv sih, hahaha) dan kamar mandinya juga bersih, ada hot shower-nya juga (dapet handuk kecil dan peralatan mandi). Sebenernya kalo kalian bawa anak kecil 2-3 juga masih bisa sih nginep di satu kamar ini, karena ada sofa yang multifungsi buat jadi kasur.  Disini juga ada mushola dilantai bawah dan kamar mandi umum yang bersih dan wangi. Kalo mau rental motor juga bisa, tinggal bilang aja ke petugas jaganya. 

Ok lanjut, untungnya walopun kita dateng jam setengah 10 pagi, tapi kita udah bisa langsung check in karena kebetulan yang nginep sebelumnya udah check out lebih awal. Setibanya di kamar, kita langsung mandi dan beristirahat (lumayan sih bisa tidur beberapa jam karena di kereta bener-bener ga bisa tidur nyenyak). Sepulangnya papay dari jumatan di masjid, kita langsung bersiap-siap untuk pergi ke Jatim Park 3. 





Share:

0 comments: