Monday, March 26, 2018

Mau kemana? Ke Bromo!!!!!

3 maret 2018 - overnight trip to bromo

Sebenernya agak galau juga mau ikut trip ke Bromo, dan setelah ngobrol panjang sama papay, pertimbangan ini itu akhirnya kita baru pesen paket tur sehari sebelum keberangkatan kita ke Malang. Kita putuskan untuk ikut private tour dari batu tour (bisa cek instagramnya) seharga 452ribu per orang, pertimbangannya karena bawa anak kecil, jadi biar lebih bebas juga selama perjalanan karena isinya cuma kita doank, sedangkan kalo open trip biasanya harus memenuhi kuota 6-7 orang walaupun harganya jauh lebih murah dan harus gabung sama orang lain.

Cerita dikit ya, Kenapa galau? Pertama karena bawa balita kesana, trus juga dapet cerita dari temen yang udah lebih dulu kesana katanya jalan menuju bromo bener-bener ekstrem, berkabut dengan jarak pandang terbatas dan tepi jalan adalah jurang. Akhirnya mamay baca-baca Blog orang yang udah lebih dulu kesana, liat youtube Juga & baca berita terbaru kondisi jalan menuju bromo. Emang sih rada gimana, tapi setelah dijalanin, ga seserem yang dibayangkan di awal. Jalannya banyak tikungan / kelokan, minim pagar pembatas dan juga lampu penerangan jalan, tapi tenang aja, drivernya ga ngebut2 kok, udah hafal & terbiasa dengan jalur dan Medan jalan menuju Bromo. Disamping itu, yang paling utama jangan lupa banyak berdoa ya sepanjang perjalanan.



Kami berangkat sekitar jam 1 pagi dari penginapan dan menuju Bromo melalui jalur Pasuruan. Kurang lebih 3 jam berkendara, kami tiba di tempat penukaran mobil jeep (aka Toyota hardtop, gini ga sih tulisannya?). 
Setelah berganti jeep, kami melanjutkan perjalanan menuju penanjakan bromo untuk melihat sunrise. Sepanjang jalan menuju penanjakan, di kanan kiri jalan banyak sekali penduduk sekitar yang berjalan kaki sambil membawa hasil pertanian di pundak mereka, ngeliatnya sih asa envy gimana, bisa bangun pagi trus langsung aktivitas bekerja + sekaligus olahraga, padahal kebanyakan udah pada nenek2/kakek2 gitu tapi kelihatan fisiknya masih kuat banget. Ga cuma itu, karena disini masih banyak penganut agama hindu, jadi dalam jarak berapa ratus meter di sisi jalan pasti ada mini gapura sesaji gitu. Kurang lebih setengah jam perjalanan, sekitar pukul 04.30 kami tiba di parkiran penanjakan.


Sesaat turun dari jeep, udara dingin langsung menyerang dan anak cilik pun terlihat kedinginan, buru-buru kita pasangin heat pack di seluruh badannya. Tapi ga sampe 10 menit udah minta dilepas karena kepanasan, dan mulai dari situ udah ga pake lagi deh heatpack cuma pake double jaket aja. Pas kita kesana, emang rada dingin gitu di menit-menit awal, tapi lama kelamaan udah biasa dan sesaat setelah matahari muncul udah ga terlalu dingin. Disana ada sewa jaket dan sewa tikar untuk duduk-duduk digazebo sambil menunggu sunrise. Waktu itu kita sewa tikar seharga 25ribu. Walaupun ga dapet pemandangan sunrise yang bagus, tapi bersyukur banget bisa menyaksikan langsung kebesaran Allah ini, masya Allah rasanya ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Kalo kalian lagi main-main di Batu/Malang/Surabaya, harus banget mampir kesini, rasa lelah dan was-was sepanjang perjalanan bener-bener terbayarkan.

Rute selanjutnya setelah melihat sunrise dari penanjakan adalah padang savana, pasir berbisik, bukit teletubbies dan  kawah merapi. Kami berangkat sekitar pukul 05.45 menuju ke pasir berbisik yang letaknya dibawah. Fofotoan sebentar, lalu lanjut lagi ke bukit teletubbies dan melakukan aktivitas yang sama, berjalan sedikit menaiki bukit dan cekrek2 foto, hahaha. Dan rute wisata bromo terakhir yang kami datangi adalah kawah merapi.

Pasir berbisik / Pasir bersisik

Kaki kawah gunung bromo


Disini kami menyewa kuda seharga 150ribu untuk perjalanan pp dari tempat parkiran menuju kaki kawah yang jaraknya kurang lebih 2km. Kalo jalan kaki kayanya lumayan juga, haha. Pengennya sih naik ke atas kawah, tapi berhubung anak cilik maunya digendong dan pertimbangan saat itu lagi rame yang naik ke atas, tangganya juga agak kecil, belum lagi pagar pembatas di atas kawah yang kita liat cuma sebatas lutut orang dewasa, jadi ya harus puas sampe di kaki kawah aja. Lagi lagi nanggung banget kan ya, tapi ya ga bisa egois juga karena anak jadi pertimbangan utama.


Sekitar pukul 10.00 pagi kami tiba kembali di tempat penukaran mobil jeep dan melanjutkan perjalanan pulang. Pas pulang ditawarin sama tour guide nya untuk mampir makan duren, lupa sih waktu itu di desa mana, dan puas banget makan duren ditempatnya, harganya mulai dari 10rb-40rb. Dan ibu yang jual juga jujur banget, kalo duren yang dibuka jelek, ga akan dihitung, jadi kita cuma bayar yang kita makan aja.
Kenyang makan duren, kita melanjutkan perjalanan pulang dan tiba kembali di penginapan sekitar pukul 13.30 siang. Lanjut mandi, solat, makan & istirahat.

Mungkin ada yang nanya, tara gimana, ga apa-apa bawa balita? Alhamdulillah anak ini bageur banget sepanjang perjalanan. Dari mulai penginapan sampai ke penukaran jeep, tara tidur nyenyak, lanjut lagi tidur di setiap jalan menuju rute pemberhentian selanjutnya. Tara juga excited banget main dan lari-lari di pasir berbisik, apalagi pas ke bukit teletubbies sibuk nyariin mana si teletubbiesnya kok ga keluar-keluar. Hahaha. Trus naik kuda menuju kawah merapi.
Makannya gimana? Untuk dewasa sih ga perlu khawatir soal makan, karena disana banyak banget warung kecil yang jual makanan dan minuman, kaya bakso, popmie, kopi/teh. Kalo untuk tara, mamay udah bekal roti, cereal dan susu.

Trus kalo untuk Toilet? Tenang aja, disini ada kok toilet berbayar. Ada yang 3ribu ada yang 5ribu, tergantung airnya berasal dari mana. Jadi kalo kata mas drivernya sih yang 5ribu itu airnya dibawa langsung dari desa, kalo yang 3ribu itu airnya dari sumber mata air disitu langsung, warnanya agak kekuningan, jadi kalo kalian rada sensitif mending beli air mineral aja, hehehe. Tapi sayang  pas ke toilet yang ada di deket kawah merapi, hampir semua kamar kecilnya ga ada penerangan, jadi agak gelap2an gitu, repot sih kalo bawa anak-anak.

Pokoknya buat kalian yang hobi ataupun ga hobi traveling, ini salah satu destinasi wisata yang harus masuk ke dalam list perjalanan yang bakal kalian datangin!!!!!!
Share:

0 comments: