Saturday, January 20, 2018

Welcome 2018

Posting pertama di tahun 2018?? Telat banget ga sih?? Hahaha, di saat orang-orang udah pada nge-blog review perjalanan selama 1 tahun kebelakang dan resolusi di tahun 2018, eh mamay baru nongol lagi. Mamay banyak ngelesnya ya? tapi entahlah akhir-akhir ini tuh semenjak si laptop mulai suka ngadat jadi rada males gitu, paling update di instagram doank review-reviewnya. Jadi kalo pengen yang cepet postingan tentang review gitu bisa di follow Ig-nya mamay: atika_doank. Karena blog baru ter-update setelah beberapa bulan posting di ig. Belom lagi setahun belakang kemaren mamay lagi hobi-hobinya streaming drama korea, sampe kadang kebalik-balik dah nama pemeran sama alur cerita saking banyaknya drakor yang di-streaming. Hahahah. Kalo kalian pecinta drakor pasti taulah ya what i mean.

Selama tahun 2017 buat mamay bener-bener banyak hal yang ga bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tahun yang cukup diuji, mulai dari awal sampe pertengahan tahun bener-bener masa yang "sad". Namanya juga manusia pasti ada ujian dalam proses hidup yang dilalui, ya ga sih? Kalo kata ummi Lyravirna (mamay izin copy caption-nya ya ummi) : "Karena pada dasarnya kita punya ujiannya masing-masing,  ujian itu bisa saja datang dari diri sendiri, orang tua, anak, sodara, kerabat sekitar kita. Ada yang diuji dengan istri/suami yang kurang baik, anak yang enggan menjadi soleh/solehah, orang tua yang membawa kesedihan, teman yang membawa maksiat, kakak adik yang condong keduniawian, lingkungan yang melalaikan, godaan pekerjaan, maksiat demi punya uang banyak, hidup mewah, riba, musibah yang datang dan bertahan."

Memang sih ujiannya bukan langsung dari kita pribadi, but somehow it (totally) makes some of our plans & dreams jadi tertunda. Keinginan ini dan itu jadi harus ter-pending. Ya balik lagi mungkin belum waktunya, manusia cuma bisa berencana tapi Allah juga yang memutuskan hasil akhirnya. Allah selalu memberikan apa yang dibutuhkan oleh manusia, bukan yang diinginkan oleh manusia. 

Disaat sebagian orang mungkin udah mulai mapan menjalani kehidupan mereka, dan atau ada sebagian juga orang yang masih di support secara finansial oleh ortu mereka setelah hidup berumah tangga bahkan setelah beranakpinak, kita justru sebaliknya. Meskipun bisa dibilang pada saat (dulu) itu bisa aja kita minta di-support, tapi orang tua kita bukan tipikal orang tua yang "memanjakan" anak, jadi kita memang bener-bener dilepas untuk mandiri.  Kita berumah tangga sampe dengan sekarang pun, mandiri secara finansial tanpa bantuan orang tua, dan alhamdulillah meskipun nominalnya ga banyak  tapi kita udah bisa membantu orang tua. Kalo kata pak suami sih kita harusnya bangga karena ga semua anak bisa seperti ini, masih ada sebagian orang yang udah menjalani hidup masing-masing setelah berumahtangga seolah tutup mata dengan orang tua sendiri. Papay juga bilang, walopun mungkin kita belum punya apa-apa tapi inshaa allah kita udah punya bekal tabungan buat di akhirat kelak. Aamiin. Kalo udah diomongin begini tuh ama pak suami rasanya kaya abis dengerin ustadz ceramah deh, hehehe, tumben sadar. 

Awalnya sih sedih, nangis, ngeluh juga, kenapa dikasih ujian yang seperti ini sama Allah (Please banget jangan ditiru yah yang begini, ini kekhilafan sementara mamay aja efek badai ujian). Kita sih merasanya ga pernah neko-neko dalam hidup, istilahnya ya lurus-lurus aja gitu, mungkin ini yang dibilang "istiradj" ya? Ada sebagian orang yang hidupnya nyantai-nyantai aja, tapi semua yang dia mau selalu terwujud, sedangkan ada sebagian lagi yang udah kerja keras, usaha dan berdoa terus, ga demikian adanya, seringnya dikasih ujian. Ya balik lagi itu istiradj, ujian kesenangan duniawi yang justru bisa menjerumuskan. Selagi kita masih diuji berarti Allah masih sayang sama kita. Aamiin.
Well, lama-lama akhirnya bisa "nrimo" dan berusaha menyemangati diri sendiri dengan berpikir positif. Karena di Alquran juga udah jelas kan, kalo Allah itu adalah prasangkaan umatNya, jadi ya kalo kita berbaik sangka sama Allah, insha Allah hasilnya juga akan baik. Meskipun belum dalam waktu dekat digantikan yang lebih baik lagi sama Allah, tetapi setidaknya kita sudah bisa positif dan bahagia kembali menjalani hidup dengan keyakinan yang ada. Aamiin.

----

Ujiannya sih cuma satu, tapi pelajaran yang didapet dari perjalanan 1 tahun yang lalu lumayan juga:

Ga boleh gampang percaya sama orang, karena ga semua orang punya niat yang tulus, kebanyakan sekarang orang mengambil kesempatan dalam kesempitan apalagi yang berhubungan sama keuangan pasti banyak yang bakal khilaf. 

Jangan serakah. Syukuri apa yang udah kita miliki. Kalo ini sih udah pasti ya janji Allah di Alquran kalo kita semakin bersyukur maka Allah akan tambah nikmat kita, tapi kalo kita ga bersyukur sesungguhnya azab Allah sangatlah pedih. 

Yang namanya harta itu sifatnya hanya titipan dan sementara. Jangankan materi yang bisa dihitung nominalnya, aset kekayaan dan lain-lain,  nyawa kita ini pun milik Allah, kapanpun Allah berkehendak dengan jalan apapun bisa Allah ambil kembali. Jadi jangan merasa sombong ya, karena kita hanyalah sebagai pemain didunia yang skenarionya udah diatur sebaik-baiknya oleh Allah. 

Ga boleh berlarut-larut dalam kesedihan duniawi, karena sesungguhnya akhirat lah tempat yang kekal abadi. Jadi kalo sekarang kamu kehilangan sesuatu yang kamu sayangi, kembalikan semuanya kepada Allah, berserah dan berdoa. Inshaa Allah ketika kita ikhlas, Allah akan gantikan dengan sesuatu yang jauh lebih baik. Karena pada dasarnya apa yang kita punya di dunia ini adalah kepunyaan Allah, kita hanya sebagai pemegang amanat, bukan pemilik.

-----

Eh ya tahun ini anak cilik ga berasa udah mau 4 tahun, dan juli nanti udah mulai sekolah. Anaknya semangat banget, udah bisa nulis, berhitung, mengenal huruf & angka (tinggal baca aja yang belom bisa dia, hehehe). Mamay pasti bakal sedih banget karena waktu 24 jam sama anak ini bakal berkurang, hiks, ah kamu cepet banget gedenya, bisa di-bayi-in lagi ga sih???

Tahun ini sih mamay pengennnya bisa:

lebih aktif lagi nge-blog (dengan sedikit lebih detail, hehehe), rutin olahraga (karena terakhir olahraga 4 tahun lalu pas hamil tara, busyet udah lama banget ya?),

ngurangin minum kopi kalo bisa seminggu sekali (ah ini rada susah deh, biasanya sehari sekali minum kopi instant klo lagi stress bisa sampe 2 gelas kopi sehari, big no no banget deh ini, hiks),

liburan keluarga (karena liburan keluar kota itu cuma bisa pas pulkam lebaran doank, hahaha, i miss my old times, my traveling times when i was single), Jadi selagi kalian single pergilah kemanapun kalian mau karena kalo dah beranak pinak selain rempong bakal butuh budget ekstra juga,

nerapin system one in one out untuk barang-barang yang ada dikamar - jadi misal tiap beli 1 baju baru berarti baju yang lama juga harus dikeluarin/dikasih ke orang (ini masih agak-agak gimana, maklum mamay ini masih mikirin duniawi, hehehe, masih aja pengen shopping beli ini itu, padahal ada beberapa baju yang dibeli dari 2-3 tahun lalu masih terbungkus rapi sampe sekarang di lemari, dan ini juga udah banyak banget yang ngasih ceramah kalo "setiap harta yang kita belanjakan, setiap barang yang kita punya akan diminta pertanggungjawabannya di akhirat kelak". Kadang kalo pas sadar langsung stop deh keinginan belanja ini itu, tapi kalo lagi khilaf ya sebulan bisa beberapa kali belanja, apalagi kalo stress dikit rasanya shopping adalah salah satu cara yg bisa mengerti (wanita banget ya?)

Pokoknya di 2018 ini semoga bisa lebih baik lagi kedepannya, semoga diberikan jalan keluar terbaik dari setiap permasalahan yang ada, semoga tahun ini penuh dengan kabar gembira dan bahagia, Berdoa semua yang terbaik. Aamiin.






Share:

2 comments:

Meutia Halida Khairani said...

semangat tika... semoga bisa traveling lg, bareng rancupidtravel mungkin? hihihi.. #promosi

semoga terus dalam lindungan Allah juga diberikan kemudahan dan solusi atas semua masalah. aminn

Tika said...

Maacihh ateu mumut... Sukses selalu yaa dg rancupid... Aamiin.