Saturday, April 26, 2014

Iud

Sebenernya masih belom yakin banget buat pasang kb setelah lahiran, terakhir kontrol dokter nanyain mau pasang kb atau ga, kalo mau dipasang ya jadwalnya tepat setelah 40 hari dengan catatan udah bersih nifasnya. Sempet discuss juga sama obgyn jenis-jenis kb termasuk plus minus dari masing-masing kb. Sejauh ini, yang paling aman adalah spiral yang sekarang kerennya disebut dengan iud.

Menurut dr. Robert, pemilihan kb pil dan suntik biasanya kebanyakan menyebabkan perubahan pada bentuk tubuh yang lebih melar, disamping itu harus rajin dan rutin konsumsinya setiap hari/ perbulan. Sedangkan iud pemasangannya cukup 1 kali dan berlaku maksimal 4 tahun. Tapi masing-masing kb juga berbeda efeknya di masing-masing orang, ada yang cocok dengan iud, ada juga yg cocok dg pil/suntik.

Ngomong-ngomong soal iud, dari penjelasan dr. Robert, efek samping dari pemasangan iud adalah pada siklus tamu bulanan yang lebih lama dari biasanya dan keputihan. Salah satu tanda kalo kita ga cocok dengan iud adalah terjadinya pendarahan terus menerus lebih kurang 1 bulan dalam jumlah banyak. Biasanya obgyn akan memberikan obat terlebih dulu, kalo masih juga berarti ga cocok dan iud harus dilepas diganti dengan pil/suntikan. Selain itu, posisi iud pada rahim bisa bergeser jika tamu bulanan yang keluar dalam jumlah banyak (deres lebih tepatnya, hahahah) karena pada saat datang tamu bulanan mulut rahim terbuka lebar dari biasanya sehingga memungkinkan posisi dari iud nya bergeser terdorong aliran darah. Kalo udah bergeser dan atau mungkin sudah akan lepas, biasanya akan diganti dengan yang baru namun diistirahatkan terlebih dulu 2-3 bulan sebelum pemasangan iud yang baru lagi.

Mengingat rasa sakit yang masih keinget pasca secar maret lalu dan juga umur tara yang masih kecil banget (kasian kalo asix nya ga sampe 2 tahun, kasian kalo masih kecil udah harus terbagi kasih sayang, ga tega kalo nyusahin orang tua buat ngurusin anak kita, dan beberapa pertimbangan penting lainnya, hehehe) akhirnya bismillah pasang iud juga tepatnya tanggal 26 april. Rencana mau punya anak 2 aja maksimal, ikut program pemerintah, hehehe, dengan jarak 3-5tahun, mudah-mudahan yang kedua nanti dikasih rejekinya dede laki-laki. Amin. Ya tapi kalo ternyata allah nambahin lagi ya nrimo aja, pasti rejeki buat anak mah ada aja, manusia cuma bisa berencana, allah yang memutuskan hasil akhirnya.

Sedikit cerita pas pasang iud, dr robert nanya lagi, "jadi udah yakin ya, udah mantep ya pasang iud nya?" Hadeuh dokter, ya iyalah masa ya iya donk, heheheh. Aneh deh, minggu lalu juga pas kontrol tara ketemu sama ibu-ibu kok kaya aneh, baru punya anak 1 udah mau pasang kb. Ya buat saya ini tindakan prevention aja, who knows kan kalo manual tar kebobolan gimana, heheheh, bukan berarti ga mau punya anak lagi, tapi butuh waktu untuk ...... dan jarak aja :D

Sebelumnya sempet tanya-tanya sama sodara yang udah pasang kb, trus juga googling tentang iud, jadi pas ke dokter udah cerewet aja banyak nanya ini itu, hehehe. Kalo kata sodara sama ipar sih sakit sedikit pas pasang iud, tapi alhamdulillah banget pas dipasang ga berasa sakit sama sekali, kuncinya ya berdoa dan santai, it works!!. Emang sih pas si alat kaya cocor bebek gitu ngebuka miss v berasa, tapi sama sekali ga sakit. Sebelum pemasangan iud, dokter ngasih liat display iud (bertuliskan mirena) dan cara kerja dari iud itu sendiri, jelas banget pokoknya. Dan sewaktu akan dipasang, si alat berbentuk huruf T yang bakal masuk ke rahim juga dikasih liat dulu sama dokter. Pemasangannya juga ga lama, sekitar 10 menit plus persiapannya. Pertama di usg transvaginal untuk melihat kondisi rahim selanjutnya miss v dibersihin pake kasa yang dicelupin ke wadah berisi betadine cair, setelah itu proses pembukaan miss v dan mulut rahim pun dimulai dengan alat cocor bebek dkk, karena posisi rahim kemaren udah merapet jadilah ditambahin alat lagi buat sedikit membuka mulut rahim, rasanya kaya diputer gitu, tapi biasa aja malah ga berasa sama sekali, padahal sebelum masuk tuh alat dokter bilang agak sedikit ngilu, alhamdulillah banget ga berasa apa-apa. Setelah itu iud berbentuk T yang bahannya sekilas lentur seperti karet dengan benang ikatan semacam tembaga di masing-masing ujungnya dimasukkan ke dalam selang kecil transparan, dan selanjutnya dimasukkan ke rahim, setelah selesai terpasang ditarik deh selangnya. Oh ya iud ini terdapat benang pada satu ujungnya yang paling bawah di mulut rahim, jadi si benang pun ikut digunting, disesuaikan dengan bentuk dan panjang rahim kita karena ditakutkan kalo benangnya terlalu panjang akan menimbulkan ketidaknyamanan bapake sewaktu proses bikin anak, heheheheh.

Setelah iud terpasang, di usg transvaginal lagi sama dokternya untuk nunjukin ke kita kalo iud udah terpasang di rahim. Ga cuma itu, efek setelah pemasangan iud di hari pertama akan mengalami sedikit pendarahan seperti tamu bulanan tapi sedikit. Dibolehin berhubungan lagi seminggu setelahnya dan kontrol pertama 1 bulan setelah pemasangan untuk melihat perubahan posisi iud. Untuk selanjutnya kontrol dilakukan per 6 bulan sekali.

Semoga info iud nya bermanfaat ya buat emak-emak yang lagi cari alternatif program kb non manual :D

Share:

0 comments: