Tuesday, January 6, 2015

Bulan kesepuluh - tara

Ga berasa udah 10 bulan aja, 2 bulan lagi udah 1 tahun my dearest lil baby.  Awal bulan tara ngalamin demem selàma 3 hari, kalo bulan lalu cuma 1 hari ķareña mo tumbuh gigi bawah, bulan ini sepertinya ada 3 atau 4 ya gigi atas, mulai terlihat bengkak dan putih cuma blom nongol ke permukaan. Pertumbuhan gigi atas bisa dibilang cepet ketimbang gigi bawahnya yang udah 1 bulan masih segitu-gitu aja.

Sama seperti awal bulan lalu pas mo numbuh gigi, bulan ini juga di awal susah makan, 2 minggu pertama cuma abis setengah porsi, untungnya ngemilnya mau dan selalu abis. Baru mo banyak makan lagi eh ketuleran pilek dari sepupunya, jadilah makannya bermasalah, lama dañ ga abis, banyak keluar karena bersin. Tekstur mpasi tara udah ditingkatin lagi, yang tadinya untuk sayur masih diparut atau cincang, sekarang udah mulai dipotong kecil-kecil. Udah makan nasi lembut juga, untuk lauknya nyobain menu baru perkedel dan gehu. Alhamdulillah tara suka :)

Berat badan tara di bulan ke 10 adalah 8,7kg dan panjang 75cm. Bulan ini tara muncul lagi bruntusan merah di kaki dan pipinya. Bruntus merah ini  seperti berulang dan hilang dengan sendirinya. Setelah diperiksa dokter mariza febri di rs santosa, tara didiagnosa dermatitis atopik. Kulit kering dan sensitif, sifatnya berulang, banyak faktor pemicunya, antara lain debu, serangga, atau tidak cocok dengan kandungan suatu produk. Penyakit ini ga berbahaya hanya mengganggu pemandangan aja, hehehe. Dokter nyaranin untuk ga pake karpet dikamar karena ditakutkan debu yang menumpuk dan tungau, sprei juga diganti maksimal 3hari sekali (huft, ternyata 1minggu sekali ganti sprei itu masih belom okeh juga ya). Tara dikasih sabun, lotion dan pelembab muka khusus. Untuk sabun dan lotion merk qv sedangkan muka merk ceradan. Mayan menguras kantong sih perawatannya bisa sekitar 500ribuan.

Tara mulai dilatih pup dikamar mandi, sebenernya udah dari awal umur 9 bulan, cuma terkadang kalo udah keburu pup ya tetep di diaper. Udah makin lancar berdirinya walopun masih pegangan, kadang kalo lagi lupa bisa beberapa detik lepas tangan setelah itu jatoh lagi. Udah mulai ngerti dan hafal sama lagu atau film. Frozen jadi film kesukaan tara, kalo emaknya udah nyanyiin lagu soundtrack, tara langsung ngeliat ke arah tv padahal tv nya juga mati, hehehe. Kalo denger lagu goyang dumang bisa muter-muter kaki tangannya, hadeuhh, calon dangduters, heheheh. Mulai ngerti juga kalo ditunjukkin gambar-gambar sayuran di cloth book, tara ikut nunjuk, kalo ditanya mana tomat dia langsung ngeliat ke cloth book nya. Udah bisa ngasih sesuatu dari barang yang dia pegang. Dan tidurnya pun sekarang udah berbagai gaya, mulai dari tengkurep, tiba-tiba bangun trus nungging dan tidur lagi sampe pernah nyungsep diujung tembok kasur. Sekarang kalo tidur cukup dengan dikasih asi trus tara guling-guling dan ngoceh sendiri, ga beberapa lama udah tidur deh, beda sama sebelomnya yang masih anteng cukup dengan dikasih asi trus tidur sambil mimik. Breastfeeding kali ini juga super menantang, terkadang harus nahan gigitan dari giginya.

Bulan ke 11 nanti semoga lancar berdiri sendiri, cepet jalan ya nak,, jadi anak yang kuat dan sehat. Amin.

Share:

1 comments:

Unknown said...

Mbak maaf ganggu, sy mau tanya2 sdkt bs gag? Sy prnh liat ttg postingan mbak ttg masker saripoaci, mau sharing ttg itu bs mbak? Sy bingung dgn jrwt yg muncul maen keroyokan,hehe, lg nyobain pke masker saripoaci sih, tp blm klhtn efekx (br 5x pke,hehe). Mbak dl pemakaian brp lm br klthn efekx? Apa ada pemakaian produk lain jg slm pke masker? Maaf ya mbak ganggu cm pengen sharing ajj dgn yg udh prnh buktiin masker saripoaci ini. Mksh sblmx yaa mbak..