Saturday, August 6, 2011

"I Miss Indonesia"___tanya kenapa???

I Miss Indonesia, tanya kenapa??

Begitu buka blog siang ini, ada postingan terbaru dari mas gaphe yang isinya tentang GA (fr Hongkong) dari salah satu blogger Indonesia. Pas diklik link & liat GA nya, wah jadi mupeng deh pengen ikutan. Cepet-cepet bikin postingan baru sebelum batas waktunya berakhir.
Pokoknya berharap beneran bisa dapet GA perdana dari sini, maklum kan sebagai pendatang baru di dunia per-blog-an dan baru kali ini juga nyobain ikut GA. Amien.

Ngomongin soal "I Miss Indonesia", sebagai warga negara yang baik, cinta tanah air dan gemar menabung (syaelah..apa coba..lu kata butir Pancasila?), ga cuma saya, orang lain yang lahir & tumbuh di Indonesia pasti bakalan bilang kangen Indonesia kalo mereka pergi ke luar negeri walopun sekedar untuk liburan atau menetap dalam waktu yang cukup lama. Jadi inget lagu ini: Disana tempat lahir beta, dibuai dibesarkan bunda, tempat berlindung di hari tua sampai akhir menutup mata (Indonesia tanah air beta).
Perbedaan kangennya adalah pada hal-hal apa aja yang spesial dan ga ada di semua negara yang kita kunjungi, ntah itu kuliner, masyarakat, wisata atau yang lainnya.

Buat saya, yang paling bikin "I Miss Indonesia" sangat kalo suatu saat saya pergi ke luar negeri lagi ya ini:
Pertama adalah Sambel terasi & Pindang buatan Mama tercinta.
Kenapa sambel terasi?Kayanya cuma di Indonesia yang punya sambel enak & super duper pedes. Saya termasuk penyuka sambel, mulai dari sambel yang manis ampe sambel setan juga udah dicobain, mulai dari tempat-tempat makan dalam negeri sampai luar negeri (gayanya, baru jg ke KL & Singapore doank,hehe). Contohnya aja KFC/Mcd yang ada cabang dimana-mana tetep aja rasa sambelnya beda, emang sambel saos Indonesia yang paling megang. Buat saya, makan ga pake sambel rasanya jadi hambar, istilah kata walopun cuma makan nasi + sambal aja ga masalah. Untungnya perut juga udah kebal ama panas & mules.heheh. Walau kata di luar banyak rumah makan yang jual sambel pedes yang enak, tapi teteup donk sambel terasi buatan mama emang yang paling top, enak di lidah & bikin nafsu makan bertambah.

Sambel tumis terasi

Sambel mentah terasi
Ga cuma sambel terasi, tapi ada juga pindang. Pindang favorit saya ada dua, Pindang udang & pindang tulang yang merupakan salah satu makanan khas Indonesia dari kota Palembang. Jamin deh di luar negeri mah ga akan ada yang jual pindang. Biasanya mama suka masakin pindang ini pas saya libur kerja, karena tau aku suka pedes, jadi ditambahin cabe rawit diatas kuah pindangnya. Mantapp....

Pindang Udang...Slurrpp...Maknyoss...

Pindang Tulang khas Palembang
Kedua adalah Indomie/Pop mie.
Saya termasuk penyuka mie, mulai dari mie instant, mie ayam, udon dan jenis mie lainnya. Produk mie instant di Indonesia yang bisa bikin kangen adalah Indomie / Popmie (bener juga iklannya yang bela-belain terbang dari Itali ke Belanda cuma buat beli Indomie), saya akui emang rasa & bumbu mie nya Indonesia beda sama produk luar negeri (ga jauh2 contohnya buatan KL/Singapore yang saya coba pas liburan juli lalu). Jadi mikir lagi, jangan-jangan isu penarikan Indomie di Cina/Taiwan di tv beberapa bulan yang lewat bukan karena kandungan bahannya tapi karena persaingan bisnis, secara mie instant buatan Indonesia lebih enak & banyak peminatnya kali ya? Toh buktinya di Indonesia masih aman-aman aja tuh,walopun emang makan mie instant kebanyakan ga bagus buat kesehatan.
Indomie kaya rasa & varian masakan khas dari kota-kota di Indonesia


Pasti bingung kan kok yang bikin I Miss Indonesia cuma makanan aja? Kalo keluarga ya udah otomatis donk, tapi kalo makanan?Berhubung saya suka makan jadi ya wajar aja, kan ada yang bilang kalo ga makan bisa sakit, kalo udah ada yang bisa bikin nafsu makan di negeri orang ya pasti bisa tetep kuat, walau kata jauh dari rumah & keluarga (terutama mama). Kalo dah gitu  keluarga juga ga akan khawatir. :-)

Ini ceritaku, apa ceritamu???


Share:

5 comments:

Nuel Lubis, Author "Misi Terakhir Rafael: Cinta Tak Pernah Pergi Jauh" said...

asal jangan kayak vierra aja yah? saking sukanya sama indomie ampe bela2in ke belanda. hahhaha

Tika said...

:-P (jadi bahas iklan deh..) tapi bener loh pas menikmati mie instant di luar sana yg rasanya beda jauh, bikin kangen ama indomie..

Tarry Kitty said...

Di hongkong ada yg asli indomie tp harganya agak mahalan dikit

Tika said...

@tarry: impor ceuna..wjr hargana mahal..heheh..

Makanan Khas Indonesia said...

Foto sambelnya enak bener mba, orang Indonesia emang sangat suka sambel ya :) salam kenal ya :)