Monday, August 8, 2011

Sushi

Sushi Gulung shimhilhikhithi...

Kalo di Indonesia khususnya kotaku Palembang ada makanan khas yang namanya pempek, beda lagi dengan halnya di Jepang,..yup..ada Sushi. Siapa yang ga pernah nyobain makan sushi..enak, sehat & bergizi tentunya, ga pake goreng2an, ga pake tumis2an, semua bahannya fresh, ada yang mentah ada juga yang sedikit direbus. Sushi sendiri dalam bahasa jepang, secara harfiah artinya berasa masam. Mengapa demikian? karena dasar ilmiah di balik proses fermentasi ikan yang dikemas di dalam nasi ialah bahwa cuka yang dihasilkan dari fermentasi nasi menguraikan asam amino dari daging ikan. Hasilnya ialah salah satu dari lima rasa dasar, yang disebut umami dalam bahasa Jepang.
Masih bingung??tenang,,, coba kamu baca lebih lanjut tentang Sushi disini. Ternyata, sushi itu banyak banget jenis & namanya, ini juga bikin aku masih kurang ngudeng. heheh..

Pertama kali makan sushi sekitar tahun 2006 & sekarang malah jadi suka makan sushi (cuma kalo untuk yang mentahan blom terlalu suka ya, pernah coba dulu salmon yang mentah, alhasil karena emang udah dari awal ga ikhlas perutnya jadi we langsung mo muntah). Belakangan aku suka bikin sendiri, soalnya lebih hemat, lebih terjamin, sesuai dengan selera.

Makizushi itu yang biasa aku buat, gulungan nasi didalam nori yang isinya terdiri dari berbagai lauk/sayur. Cara bikin sushi juga gampang kok, ga susah, ga pake bumbu special yang gimana. Bahan-bahannya juga gampang didapet di Supermarket, cuma untuk dikotaku ada beberapa barang yang susah dicari, jadinya suka nelponin "seseorang" minta dikirimin deh. Maklum di kota besar ky Jkt/bandung kan banyak banget supermarket yang khusus jual bahan2 makanan jepang (di PVJ, Riau junction juga ada tuh).
Harga bahannya emang terbilang cukup mahal, jadi wajar kalo kita beli di resto2 harga Sushi nya selangit.
Tapi waktu liburan tahun lalu ke bandung, ada warung sushi sejenis franchise gitu di daerah dago, lupa namanya, disitu macem2 makizushi nya, harganya juga standar, mulai dari 20rb.

Aku biasanya bikin makizushi campur sayuran & ikan, ini resep ala chef  Tika :-)


Sushi shimhilhikhithi ala chef Tika
 Bahan-bahan:
Beras jepang (kalo ga ada / mo murah bisa pake beras biasa yang kualitas bagus punya), Rice vinegar, Gula, Garam, Timun Jepang, Wortel, Mayonaise, Saos sambel, Nori, Telur dadar, Ikan tuna, Kecap Jepang, Crab stick
Cara memasak:
  1. Ambil beras secukupnya, trus dimasak dengan cara ditanak dengan api sedang/kecil biar rasa nasinya pulen & enak.
  2. Tuangkan rice vinegar, gula, garam (secukupnya) kedalam beras yang sedang ditanak lalu diaduk.
  3. Sembari menunggu nasi matang, kita menyiapkan bahan-bahan isi seperti timun jepang (mentah, dibuang bagian dalemnya, diiris tipis memanjang), wortel (iris memanjang & direbus setengah matang dengan ditambahkan sedikit gula), ikan tuna & crab stick yang direndam air panas, telur dadar, nori.
  4. Setelah nasi matang, tuangkan rice vinegar lagi secukupnya lalu aduk rata.
  5. Dengan bantuan sudare (anyaman bambu berbentuk persegi panjang) - bisa dibeli disupermarket, letakkan 1 lembar nori diatasnya, ratakan nasi diatas Nori, kemudian tambahkan bahan-bahan isian lainnya. Setelah itu beri sedikit mayonaise / saos sambel & sushi siap untuk digulung.
  6. Diamkan sesaat lalu potong sushi menjadi bulatan-bulatan kecil.
  7. Sushi siap untuk dimakan dengan cocolan kecap jepang.
Selamat mencoba...




Share:

2 comments:

Gaphe said...

hih, saya pernah makan sushi roll gitu, nggak terlalu suka.. dingin, hambar, dan slimmy slimmy berlendir gitu. jadi nggak terlalu suka sih, tapi mungkin pas itu aja dapet yang nggak enaknya. hahaha..

boleh loo kapan2 dimasakin :)

Tika said...

wkwkw..mungkin jenisnya beda kali ya??klo buat sendiri bisa sesuka hati isi & rasanya trus jg lebih fresh..iya deh buat mas gaphe kpn2 klo ketemuan dibuatin yg special :)