Friday, August 5, 2011

Trip to SIN - Part 1

KL - SINGAPORE

Hari ketiga liburan di bulan Juli, tepatnya 25 Juli 2011, kami menuju Singapore dengan AirAsia dari LCCT KL. Karena tiket murah seharga 150rb saja dari KL-SIN hanya ada 1st flight, jadi kami memutuskan untuk mengambil penerbangan 1. Alasan kenapa kami memilih untuk naik pesawat karena emang waktunya udah mepet secara besok udah harus balik kerja lagi ke Indonesia, perjalanannya juga lebih cepet ga nyampe 1 jam dibanding naek bis yang bisa makan waktu 4-5 jam.

Check out dari hotel jam setengah 6 pagi, kemudian jalan kaki menuju Station LRT Masjid Jamek. Tiba sekitar jam 6 kurang & masih tutup, sempet cemas & deg2an takut telat, karena pesawat kita dari KL-Sin boarding jam 7.50 sedangkan perjalanan dari KL Sentral ke LCCT bisa memakan waktu 1 jam.
Jam 6 juga masih blom buka, sembari nunggu baru kedenger suara azan. Aku & myu kaget, kita saling liat, haa...baru adzan..trus 2 hari kemaren kita solat jam 5 pagi berarti blom donk???hahaha...gpp deh..allah maha tau kok..:-)

Tepat jam 6.05 baru dibuka counter tiketnya, kita beli tiket LRT tujuan KL Sentral. Lari2 turun kebawah menuju platform, tertulis di papan kereta baru tiba 10menit lagi??what...lirik2 jam..trus liat kebelakang yang baru pada turun banyak banget..hari senen jadi banyak yang mo pergi kerja & sekolah...makin cemas aja.
Akhirnya udah nunggu deg2an nyampe juga kereta yang dimaksud, mulai naek ke LRT & ga nympe 5 menit udah di KL Sentral. Jalan cepet lagi disini, udah gitu ga pke lift lagi cuma ada tangga yang menuju lower ground tempat skybus AA. Yap..tepat waktu, begitu turun bisnya udah siap2 mo berangkat, sama kaya waktu pergi, kita tinggal nunjukin print out hal 3 tiket AA yang ada tulisan skybus dapet dah tiketnya.
Selama perjalanan dari KL Sentral - LCCT suasana  masih gelap, ya iya donk..masih subuh ini...akhirnya cuma bisa tidur2 ayam aja. Cemasnya udah berkurang karena liat kanan kiri kayanya punya tujuan yang sama pesawat pertama.

Setibanya di LCCT, panik lagi, jalan cepet menuju terminal keberangkatan internasional. Ga sempet baca display didepan pintu masuk dengan detail, cuma liat bentar klo aa tujuan SIN udah gate closed, makin kacau, maen masuk aja, yang ada salah masuk ke gate untuk keberangkatan ke negara mana entahlah, jalan ampe pintu keluar trus tanya ke security dibilang dibaca aja informasi yang ada di lcd, what..??ternyata yang gate closed itu bukan pesawat KL-SIN..Buru2 ngikutin papan petunjuk, akhirnya nympe juga di counter check in AA, untung udah print boarding pass jadi tinggal di cap & diperiksa paspor aja, kemudian ditulis gate mana yang dituju. Pemeriksaannya berlapis euy, Pertama dibagian depan ma petugas AA yang cek tiket trus kedua petugas imigrasi yang berseragam kaya pol pp, rada serem cek boarding pass & paspor. Lanjut naek ke lantai 2 antri imigrasi. Disini ada kekacauan lagi, saking paniknya, aku lupa nyimpen kartu kedatangan. oh gosh...terpaksa bongkar ransel & alhamdulillah ketemu. campur aduk pokoknya, blom lagi kebelet pepsi..hehe..biasa cewe beser. Untung antrian pagi ini ga sepanjang pas kedatangan kemaren. Selesai paspor dicap ama petugas imigrasinya, langsung menuju ke gate akhir untuk menunggu keberangkatan ke Singapore. Didekat tempat kami menunggu, ada toko yang menjual coklat juga. Ga lama, sekitar 10menit kita duduk, eh udah disuruh naek ke pesawat. Jalannya lumayan juga untuk naek ke pesawat, sekitar 50m sebelum tangga pesawat ada pramugrasi etnis cina yang cantik meriksa boarding pass kita.

Alhamdulillah ga ketinggalan pesawat..senangnya. Kali ini pramugrarinya ada yang orang India juga tapi cantik. Sekitar 1 jam kita dipesawat, begitu mendekati tempat landing, sempet cemas, dibawah itu LAUT..beneran laut..sumpah dah..mana ga bisa berenang, jadi mikir yang macem2, gimana klo ni pesawat ada apa2..akhirnya landing berhasil dengan sukses...yeay...turun dari pesawat kita langsung menuju toilet. Karena kita yang pertama kali dateng jadi ga pake antri, sumpah toiletnya bagus banget, bersih, wangi dan yang paling penting pointnya adalah, dilengkapi dg cairan desinfektan untuk bersihin tempat dudukan toiletnya..higienis banget lah..kapan ya di Indo model begini...hehe..keluar dari toilet ada air minum gratis dari keran, langsung dah isi ke botol minum, segerrrrr...jalan menuju ke imigrasi ikutin aja papan petunjuknya cukup jelas kok, ga bikin  nyasar. kira-kira jalan lurus terus kemudian ada eskalator turun disebelah kanan, ketemu deh imigrasinya. Petugasnya ramah jauh dibanding LCCT, abis itu langsung keluar cari sarapan sekalian mecahin uang buat beli tiket MRT. Ketemu ama burger king (beli 1 burger & coke seharga 7.8 dolar sin, mahal amat yak??). Selesai sarapan kita menuju ke lantai atas dengan eskalator yang letaknya tepat disamping Burger King. Looking for Skytrain to T2..yap benar..kita akan menuju terminal 2 untuk naek MRT tujuan Bugis.

Disini ada kejadian lucu lagi, kan ga boleh makan/minum selama di kereta, si myu malah minum, untung cepet2 diingetin eh dia yang langsung cemas juga. Begitu keluar dari skytrain ada bapak cina tua manggil2 gitu, yang ada karena ketakutan kita langsung lari2..heheh...ya gila aja kalo sampe kena bisa denda sekitar 500dollar sin. Menuju MRT ikutin papan petunjuk yang digantung di atas langit2, begitu keluar dari skytrain belok ke kanan, lurus, trus belok kanan ketemu eskalator turun. Lanjut belok kekiri jalan lurus disebelah kanan sudut ketemu mesin tiket MRT, kalo yang mo beli tiket terusan juga ada counternya sebelum gate masuk platform.
Petunjuk di mesin tiket juga gampang, tinggal sentuh di layar ("buy...lupa lanjutannya) trus sentuh di MRT tujuan kita, lanjut sentuh dibagian "quantity" - jumlah tiket yang mo dibeli, keluar deh total harganya. Masukkan uang kertas dibagian uang kertas / koin dibagian lubang koin, Kalo pake uang pas ya gampang, toh tiap duit yang dimasukkin juga akan terkalkulasi otomatis di display mesin berapa yang udah masuk, kalo pake uang gede ya tar dikasih kembalian dalam bentuk koin2 yang banyak...heheh...selesai deh..tiket keluar..

Harga tiketnya dari Changi ke Bugis 2.60dollar sin (deposit 1dollar yang bisa diambil lagi sewaktu keluar).
Cara pakenya cukup di tap aja ke sensor, begitu warnanya ijo harus cepet2 jalan, kalo ga tu gate ketutup lagi (gampang kok, asal jangan panik aja klo sensornya masih merah,,)
Begitu keluar dari platform, ada banyak mesin tiket disamping kanan/kiri, bisa dipake buat refund deposit kita. Caranya juga gampang. Sentuh dilayar yang ada tulisan "refund ticket" terus masukkan tiket ke lubang tiket, diproses bentar, cling...keluar dah koin 1dollar singapore nya. Tiket ini hanya bisa dipake untuk satu kali perjalanan ya bukan untuk beberapa kali perjalanan dalam waktu /hari yang sama. Jadi percuma juga kalo tiketnya disimpen / ga direfund, toh ga akan berlaku lagi, tapi kalo ada yang mau buat kenang2an juga boleh. Pas disini sempet debat dikit sama myu, dia bilang kalo tiket ini berarti bisa dipake lagi u/station mrt yang sama, mo coba2 yang ada ember pas dicoba buat dipake balik udah ga bisa, yap.. tu tiket cuma buat 2kali tap (tap1 pas masuk & tap2 pas keluar) dg 1 tujuan saja.

Keluar dari MRT Bugis jalan menuju  Cozycorner backpacker tempat kami menginap yang letaknya berseberangan dengan Bugis Junction bagian belakang. Tinggal nyebrang aja, ga ampe 5 menit nyampe deh. Pas liat tempatnya sempet kaget, bener nih??akhirnya coba masuk, karena tempatnya ada dilantai 2, ketemu sama counter check in, yang jaga orang cina udah agak dewasa yg ramah, dimintain paspor kita & discan, selesai check in kita dianterin ke kamar. Sempet kaget disini ternyata yang ada diweb nya ga sama dg aslinya. Dari segi kamar dll, banyak bule2 backpacker disini. Kita pesen kamar twin yang ada acnya seharga 50dollar sin/malam, tapi sayang kamar mandinya kepisah euy. Awalnya sempet risih juga soalnya kan banyak orang2 ga dikenal, kamar mandi & toilet emang terpisah & bisa dibilang tempatnya juga cukup sempit. (aku dan myu bakal bilang kalo kita emang blom siap jadi backpacker klo gini modelnya,hehe,semi backpacker kali ya?). Intinya ini not recommended buat kalian yang punya budget kecil & blom siap untuk campur2 ala backpacker, tapi ya kalo emang suka & ngerasa cocok silahkan aja. Klo kasih nilai sekitar 6 dari 10, dia menang ditempat yang sangat2 strategis,orgnya yg ramah,harga murah & info wisatanya lengkap aja. tapi teteup, next time kalo ke singapore, surely i'll answer:NO, gpp deh bayar mahal dikit asal ga campur2, :-) Untung cuma buat tidur sekitar 4 jam aja..Kembali menenangkan diri dg kata2 bijak "we'll never know till we've tried it"..

Begitu nyampe kamar langsung meletakkan ransel & koper, lanjut ke Merlion Park,Esplanade,Raffless,Marina,Sentosa,Orchard & Mustafa center. Cerita selengkapnya tunggu postingan lanjutan part 2...
Share:

0 comments: