Wednesday, August 3, 2011

Trip to KL - Part 2

Explore Malaysia-KL
(Masjid Jamek, Petronas Twin Tower, Batu Caves, Dataran Merdeka, KPPK, Kasturi Walk, Petaling Street, Central Market, Bukit Bintang)

Hari ke-2 di KL, pagi itu kami bangun cukup pagi karena harus mempersiapkan perjalanan untuk berkeliling tempat2 wisata di KL. Jam menunjukkan pukul 05.00 pagi (di Indonesia masih jam 04 subuh ini), kami bergegas mandi, solat subuh, membereskan tas dan sarapan sekitar jam 07.30 di Lt.2 hotel. Karena emang bukan hotel berbintang2, jadi sarapan yang dikasih cuma roti tawar + selai (ini bisa diracik sendiri) & teh tarik. Cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut kami. (Sambil foto2 sekitar)

View Lt.2 disebelah kanan hotel Chill in

view dari Lt.2 sebelah kiri hotel Chill In
Selesai sarapan kami ke Lobby di Lt.1 untuk bertanya2 tentang tempat yang akan kami kunjungi + peta tentunya dengan resepsionis (seorang Bapak etnis Cina yang sangat ramah & dg sabar menjelaskan kepada kami). Yeay..ternyata ga terlalu susah ngikutin arah petunjuk peta & direction dari koko resepsionis. Dari hotel chill in kami akan menuju Masjid Jamek (jalan lurus dari hotel, mentok, +/- 100 m jalan keliat dah masjid jameknya, belok kekanan, tepat berada disamping HSBC). Disamping HSBC banyak etnis India yang lagi bagi2 koran ke pengecer (kaya loper koran gitulah, perkumpulan agen kali ya??).

View samping masjid jamek yang bersebelahan dengan HSBC

Begitu tiba di masjid jamek, ternyata jam buka baru 08.30, sedangkan kami tiba jam 08.00, akhirnya kami memutuskan untuk menuju Petronas Twin Tower dengan LRT dari station Masjid Jamek ke KLCC.
Bayar RM 1.60 untuk menuju ke station KLCC (ga lama kok,sekitar 5 menit). Keluar dari platform KLCC yang masih satu tempat dengan mall Suria, & ternyata emang bener tuh begitu keluar tinggal udah keliat Petronas Twin Tower yang ga lain satu kompleks bangunan ma mall Suria.
Berhubung masih pagi & mall belom buka, kita mutusin untuk langsung cari tempat foto di Petronas.
Mulai dari sisi samping,belakang,depan,ampe ketempat bertuliskan "photo spot" yang emang udah diatur dari sononya.
Jalan menuju platform LRT
Suka sama kata2nya...

Kolam belakang Suria KLCC, sayang air mancurnya blom nyala, masih bersih2

Foto dibagian belakang,dekat taman bermain & tempat jogging

Foto ditempat yg bertuliskan "Photo Spot"..puanas, silau & rame sangat..
Namanya juga turis wajar donk kalo nyasar, kita ga langsung nemu yang namanya "photo spot", kita malah jalan2 dulu kebagian belakang, foto di dkt kolam, taman bermain & tempat jogging, cari spot yang bagus untuk twin towernya. lumayan sekitar 1.5 jam kita disini ampe sekitar jam 10 pagi (waktu KL). Pas lagi foto2 di Photo spot kita ketemu ama turis dari Bali - Indonesia (2 org, 1 namanya i gede suryantara, 1 lagi lupa), sempet ngobrol bentar, mereka ada kerjaan di KL tapi siang juga udah harus pulang. Selesai foto2 disini, kita lanjut coba2 cari bis yang langsung ke Batu Caves, ternyata ga nemu, akhirnya kita tanya ke bapak2 india yang lagi duduk di halte, & kita dianterin naek bis yang menuju ke shuttle metro bus U11 (sekitaran Masjid Jamek). Naek bis rapid KL bayar RM1/orang, nyaman kali, luas & bersih. Ga pake lama, sekitar 7 menit kita udah nyampe, begitu turun bis langsung dianterin orang India yang ketemu di rapidKL menuju metro bus U11. Jadi tau beda metro bus & rapid KL, walopun sama2 bus bedanya di sistem & armadanya. Secara garis besar, berikut bedanya (menurut saya):
Metro bus: Armadanya udah tua, ada ac tapi ga terlalu dingin, kurang bersih, sistem beli tiket manual (pertama dibagiin tiket & bayar, trus setengah perjalanan disobekin lagi tiket yang udah kita pegang), pintunnya ada 2, ditengah dan depan.
RapidKL: Armadanya masih baru, nyaman,bersih,lega, sistem beli tiket pake mesin, pintunya cuma 1 didepan, jadi pas dipintu masuk kita bayar ke petugas & langsung dicetak tiketnya, pas turun ga diminta lagi.

Menuju Batu caves
Di bis banyak ketemu bule2 & etnis India, perjalanan ditempuh +/- 1jam. Kami tiba di batu caves sekitar jam 11 siang. Stopnya di lampu merah, jadi kita harus nyebrang menuju batu caves. Tapi begitu turun dari bus udah keliatan sangat jelas kok tempatnya.
Entry gate of Batu caves (India semua)

Foto dulu depan patung emas dewa hindu (minta difotoin turis Arab)

Anak tangga menuju batu caves (capek, berapa lapis??ratusan..)

Gerbang 1 menuju batu caves (perjuangan blom berakhir)

Inside batu caves (stalagtit & stalagmitnya keren)

Inside batu caves (subhanallah)

Iseng foto orang India yang lagi ibadah
Capeknya minta ampun, ada berapa ratus anak tangga yang harus dilewatin, tapi cukup puas dengan view nya, subhanallah sekali, tapi sayang aku ga suka terlalu lama disini karena bau dupa / garu yang bikin pusing ditambah lagi ada lagu2 india gitu..(tapi bukan yang film2nya ya, ini kaya musik2 doanya, maaf ). Pas lagi didalem ada yang jual souvenir2 tapi ga menarik buat aku, biasa aja, harganya juga lebih mahal. Tepat disalah satu kuil di dalam batu caves, kita liat orang India yang lagi ritual ibadah ma anaknya, tu bapak bakar kelapa diatas api sambil baca2 doa gitu abis itu kelapanya dibanting kelantai, serem2 ga..bahaya juga soalnya pecahan dari batok kelapa yang keras bisa aja kena dengan orang sekitar yang dekat. Blom lagi banyak monyet2 nakal yang suka ngambil plastik makanan turis secara paksa...Kita emang sengaja ga bawa apa2 (inget cerita di blognya mas gaphe yang sempet tarik2an ma monyet, rebutan kantong belanjaannya, heheh).

Jam udah nunjukin pukul 11.30, kami memutuskan untuk pulang. Begitu kita nyebrang & nunggu ditempat pemberhentian bis (di lampu merah) tempat penumpang diturunkan di awal, ga ada orang sama sekali. Sempet bingung, akhirnya pas ada bis rapidKL yang berhenti di lampu merah kita beraniin untuk nanya. Ternyata  untuk pulang ke KL harus nunggu di perempatan jalan sebelum lampu merah bis tujuan Batu caves berhenti. Yup, tepatnya disamping restoran Nisaf.
Sambil nungguin bis yang lewat, kami memutuskan untuk makan siang di restoran Nisaf ini, pemilik & pelayannya laki2 India semua, makanan dan minuman yang dijual disini juga cukup murah mulai dari RM3-7. Setelah liat2 menu, aku milih untuk makan mee goreng (begitu tertulis di menu) seharga RM3 dan air mineral seharga RM1, Myu memesan Nasi ayam goreng seharga RM 3.80. Begitu makanan dateng, myu bingung, ni nasi mana ayamnya , eh begitu ditanya ke si bapak ternyata ayamnya dibalik gundukan nasi..ngakak dah kita..malu..ternyata tampilan nasgor ayam di resto ini begitu. rasanya juga lumayan enak, banyak rempah & bumbu, tapi kalo kebanyakan bisa bikin eneg juga. porsinya??jangan ditanya,kalo buat aku & myu itu bisa buat 2x makan..heheh.

Selesai makan, kita naek rapidKL U6 yang berhenti di masjid jamek dengan bayar tiket seharga RM2.50/orang. Sekitar jam 2 siang kita tiba di hotel, ternyata bisnya tepat berhenti di belokan yang deket banget ama hotel. Istirahat sebentar, solat, charge hp & kamera. Lepas dari meluruskan pinggang dan kaki, Kami melanjutkan untuk foto2 di Dataran Merdeka & belanja oleh2 di Petaling/Central Market/Kasturi walk.

Untuk menuju ke dataran merdeka dari chill in, keluar dari pintu masuk chill in belok kekiri dan jalan lurus terus sampe ketemu giant screen (ntu dataran merdeka) dan diseberangnya ada bangunan KPKK yang banyak turis2 dari luar pada foto2. Kebetulan di bangunan KPKK ini ada orang cina yang lagi prewedding pake sleyer..lucu aja..
KPKK

Dataran Merdeka

Pulang dari foto2 disana, kami memutuskan untuk belanja oleh2 ketempat yang udah direkomendasikan sama blogger sebelumnya, yap..petaling street, central market & kasturi walk.
Dari dataran merdeka, tinggal ikuti jalan kembali ke hotel, dibelokan kedua sebelah kanan udah keliat Kasturi walk yang pintu masuknya kaya layang2 kupu2, tepat disebelahnya ada bangunan berwarna biru ya central market. barang2 di Kasturi agak lebih mahal dibanding di central market. Cara jualnya di kios2 gitu, mirip2 di Ciwalk Bandung. Selesai jalan di Kasturi,kita masuk ke central market, disini ada beberapa macam tempat, ada china town yang khusus barang2 nuansa merah,cina trus juga kampung melayu (yang hampir 100% barangnya sama kaya di Indonesia- kerajinan kayu,ukiran,pajangan - bali,jogja,bandung). Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Untuk gantungan kunci RM3 for 3, gantungan kulkas RM10 for 3, pigura / asbak/ tatakan gelas / miniatur petronas mulai dari RM 7, tas & pasmina yang banyak dijual kaya di Indonesia.

Kasturi Walk
Lanjut lagi ke Petaling street yang ada dibelokan kanan selanjutnya (kalo Kasturi dibelokan kedua dari dari dataran merdeka, nah ini dibelokan ketiga dari dataran merdeka / belokan pertama sebelah kiri dari hotel Chill in). Rame sangat disini, semua turis mancanegara kumpul jadi satu, barang2 yang dijual??macem2, ada parfum, tas, kaos, miniatur, jam tangan, ada juga jajanan, tapi pas diliat2 kayanya t tas barang2 yang di Indo juga ada, paling juga klo beli disini menang prestise doank (dari LN ceuna, preet... mau aja dibodoh2in)..
Selesai belanja kita pulang menuju hotel untuk meletakkan oleh2 yang udah kita beli (pigura,miniatur,tempat hp,coklat,tempat kacamata) dan istirahat sebentar.

Sekitar jam 6 sore kita melanjutkan perjalanan ke Bukit Bintang dengan jalan kaki (sekitar stgh jam dengan jalan pelan ya, ngikutin petunjuk yang ada dipeta. gampang kok, keluar dari chill in, ambil jalan yang menuju ke lampu merah, kemudian belok kekanan, jalan lurus terus, sampe ketemu hotel Raffles, ga jauh dari situ ada papan petunjuk bertuliskan bukit bintang, belok ke kiri, nyampe deh...
Ruame sangt disini..ada yang jualan pinggiran ada juga mallnya. Pertama kami masuk ke mall yang sejenis ky BEC di Bandung (hp,laptop,kamera & gadget lainnya, harga c beti aja ama yang di Indonesia, cthnya BB Gemini 8520 seharga RM650, di Indo jg sama kan sekitar 2jt). Lanjut masuk ke mall lainnya lebih beragam toko. Mulai dari parfum murah, tas,pakaian, sepatu, macem2. Kami menuju ke counter vincci (karena dapet info dari temen Myu lagi diskon, pas masuk emang lagi rame disitu, tapi ya barangnya ga ada yang suka, harganya juga standar lah kaya di Indo). Capek muter2 kami memutuskan untuk istirahat & makan, diluar juga udah jam 7 malem tapi masih terang kaya sore. Liat kanan kiri yang jual makanan kayanya ga menarik (agak lan) akhirnya balik lagi nemu KFC. Nyobain egg tart (kaya yang mas gaphe bilang diblognya),beli paket seharga RM15 untuk berdua (nasi,ayam,coke). Bedanya nasi di KFC Indo & KL adalah warna & rasanya, klo di KL kaya nasi sangrai, butiran nasinya juga gede & utuh, ga lembek, kerasa serai. Ayamnya juga ga ok, ga crispy, sambelnya apalagi, ga lawan ma KFC Indo lah (menurut lidah aku & myu). Begitu hampir selesai makan, ada 2 orang etnis Melayu yang dandanannya lumayan juga kaya street dancer (pake polo shirt putih, celana jeans selutut, topi, ada yg pake rock boots, 1nya lagi pake kets). Kirain tuh orang 2 mo pesen, ternyata, mereka makan makanan bekas yang ada dimeja sudut ga jauh dari meja kita. Kaya setan makannya, busyet dah cepet banget, ga ada yg kesisa dipiring kecuali tlg ayam...& sepertinya mereka masih mencari slot kosong bekas makan orang...serem...ampe kebawa mimpi nih..
Setelah kenyang, karena hari juga blom gelap, kami mutusin untuk jalan dari Bukit Bintang ke Petronas Twin tower (cuma modal peta & petunjuk jalan). Sekitar 1/2 jam perjalanan akhirnya hari mulai gelap..yeay...senangnya rencana u/foto dipetronas twin tower malam hari kesampean...menyusuri jalan besar di KL, di daerah yg udah mulai dkt dg tu menara kembar, banyak anak2 kebut2an dijalan naek motor & juga banyak ank muda KL yang lagi nongkrong dipinggir mobil mereka, ga cuma itu (lupa nama jalannya) disini banyak banget cafe,pub/bar tempat dugem (dari luar aja tu musik udah kedenger jelas banget).
Satu yang ga disuka dari KL, kendaraan pribadi/umum ajib gila ngebutnya kaya ga ada rem,serem lah...suasana sekitar juga biasa aja, beti ama kota besar di Indo kaya di Jakarta.

Ternyata malam di menara kembar lebih banyak lagi turisnya...harus ngantri tempat foto...heheh..selesai foto2 kita langsung pulang menuju LRT tujuan KLCC - Masjid Jamek. Ga Nyampe 5 menit udah keluar dari jalan Masjid Jamek & jalan kaki menuju hotel. Sekitar jam 9 malem kita tiba di kamar, istirahat, mandi,solat & packing untuk besok ke Singapore.
Masjid Jamek diwaktu malam

Cerita di Singapore liat dipostingan selanjutnya ya...