Wednesday, March 28, 2018

Budget, Review Perjalanan dan Tips Ala-Ala Liburan ke Batu, Malang dan Bromo

Mungkin postingan blog kali ini paling ditunggu ya, hehehe, yupss mamay bakal share tentang itinerary + budget yang dikeluarkan buat liburan selama 4 hari 3 malam di kota Batu-malang & Bromo. Dan ga ketinggalan tips ala-ala keluarga kecil kami.

Berikut itinerary liburan kita awal maret yang lalu:

1-2 maret, Perjalanan Bandung - Malang (KA malabar) dengan jarak tempuh +/- 15 jam. Berangkat tanggal 1 maret, jam 15.45 dan tiba di stasiun Malang kota, tanggal 2 maret, jam 07.08 pagi.

2 maret
08.45 - 09.30  perjalanan dari stasiun kota baru Malang ke omah anin guest house.
09.30 - 14.00  Check in, Istirahat di penginapan
14.00 - 17.00  Jatim Park 3 (Dino Park & the legend star)
17.00 - ----  Pulang ke penginapan, mandi, solat, makan, tidur lbh awal u/ persiapan ke Bromo jam 1 pagi.

3 maret 2018
01.00 - 04.00 Perjalanan via Pasuruan dari penginapan menuju desa tosari, tempat penukaran mobil jeep.
04.00 - 04.30 Menuju penanjakan gunung bromo u/melihat sunrise
05.30 - 09.30 Explore bromo; padang savana, bukit teletubbies, kawah merapi, pasir berbisik.
09.30 - 13.30 Kembali ke tempat penukaran jeep dan perjalanan pulang ke penginapan.
13.30 - ----- Tiba di penginapan, mandi, solat, makan, istirahat.

4 maret 2018
09.30 - 17.00  Explore Jatim Park 2 (Batu secret zoo, museum satwa, eco Green Park)
17.00 - 19.00  Museum angkut & makan di pasar terapung yang berada 1 lokasi.
19.00 - ----  Kembali ke penginapan, istirahat, mandi, solat, makan, tidur.

5 maret 2018
08.00 - 10.00  Packing koper dan belanja oleh-oleh di ruko dekat penginapan (+/-100m).
11.30 - 12.15 Perjalanan dari penginapan ke stasiun Malang kota baru.
12.30 - 15.30 Stuck di stasiun haha, karena kecepetan dtg, mau main di taman seberang stasiun tapi lagi ujan gede. Lunch di warung makan deket stasiun.
16.00 - ----- Perjalanan pulang dari malang ke bandung (Ka Malabar).
6 maret 2018
07. 30 - -------  Tiba di stasiun Bandung dan langsung pulang menuju rumah.

Nah, sekarang rincian biaya yang dikeluarkan selama liburan ada Fix budget & adjustable budget.

Fixed Budget:
  1. Tiket kereta api. Kelas eksekutif, Bandung - Malang seharga 395ribu/orang. Total bertiga:  1.185.000,-. Untuk kereta api Malang - Bandung, kelas eksekutif seharga 430ribu/orang. Total bertiga: 1.290.000,-. Jadi total yg dikeluarkan untuk tiket kereta api adalah: 2,475juta.
  2. Hotel/penginapan. Omah anin guest house via airy rooms, harga kamar per malam tanpa sarapan adalah 260ribu (pembulatan). Jadi total selama 3 malam adalah 780ribu.
  3. Tiket masuk tempat wisata. Tiket masuk ke Jatim Park 3 untuk tiket terusan (Dino Park & the legend star) adalah 150ribu/orang, jadi total bertiga adalah 450rb. Untuk tiket masuk ke Jatim Park 2 (tiket terusan ke batu secret zoo, museum satwa, eco Green Park) adalah 150rb/orang, jadi total bertiga adalah 450rb. Untuk tiket museum angkut adalah 100rb / orang dan charge kamera 30ribu, jadi totalnya 330rb. Total untuk seluruh tiket masuk tempat wisata adalah: 450ribu + 450ribu + 330ribu = 1.230.000,-
  4. Private tour ke Bromo seharga 452ribu/orang, total 1.356.000,-

Fixed budget yang kita keluarkan adalah:
Tiket KA + penginapan + HTM tempat wisata + tur bromo = 2,475 juta + 780ribu + 1,2 juta + 1,356 juta = 5,811 juta.

Selanjutnya, Adjustable budget:
  1. Makan. Untuk sarapan karena ga dapet dari penginapan (sebenernya bisa sih kalian pilih kamar yang plus sarapan, tp harganya beda jauh hampir 100ribuan gt, sedangkan sarapannya cuma dpt nasgor + segelas teh) jadi untuk menghemat kami makan di warung kecil yang letaknya disebelah kiri penginapan, makan nasi campur dan ngopi bertiga cuma 40ribuan. Di daerah batu/Malang banyak banget yang jual nasi campur. Nasi campur disini adalah nasi putih trus dicampur lauk/sayur bebas sesuai pilihan kita, ada perkedel, telur dadar, sayur, ati ampela, usus dll. Trus sama satu lagi, pas beli nasi sop/soto/rawon, pasti nasi nya langsung dicampur jadi satu kedalam mangkok kuahnya. Kalo untuk makan siang kita makan di food court tempat tujuan wisata kita, menunya banyak dan harganya juga terbilang standar untuk makan di area tempat wisata, sekitar 100ribuan untuk makan bertiga. Sedangkan makan malam, karena udah terlalu mager kalo sampe penginapan jadi kita pake jasa gofood. Padahal sih gofood tempat makan jaraknya cuma 100m doank dari penginapan kita, hehehe. Biasanya kita makan soto/sop/ ayam geprek / nasgor / migor, untuk bertiga sekitar 50-70ribuan.
  2. Transportasi. Pilihan transportasi yang bisa digunakan adalah rental motor/mobil, taksi/taksi online, angkutan umum. Berhubung kita minim info soal rute angkot, jadi yang ini di skip aja. Pilihan kita adalah rental motor yang ada di penginapan seharga 50rb/12 jam (tanpa bbm). Untungnya tara masih cilik jadi masih cukup bertiga momotoran, hehehe, alhamdulillah cuaca bagus plus jarak tempat wisata yang kita tempuh juga deket dari penginapan cuma 5 menit berkendara (Jatim Park 3 / Museum Angkut). Sedangkan Jatim Park 2 sih tinggal nyebrang dan jalan kaki 100m doank, deket banget. Sebenernya sih kalo kalian perginya ramean, masih lebih murah pake taksi/taksi online. Dengan rute jarak tempuh pendek paling bayar maksimal 20ribuan sekali jalan, dibanding rental mobil sekitar 500ribu/12 jam (all in) cuma dipake pp penginapan-tempat wisata dan selebihnya seharian di parkiran doank, kan mending uang nya dimanfaatin buat yang lain, heheh, kecuali kalo kalian dalam sehari bisa mobile ke banyak tempat dan banyak barang bawaan. Tapi ya semua tergantung kantong dan kenyamanan masing-masing. Untuk transportasi dari stasiun ke penginapan dan juga sebaliknya, kami pake taksi online dengan tarif sekitar 50-60ribuan sekali jalan dengan waktu tempuh +/- 45 menit.
  3. Oleh-oleh. Oleh-oleh yang dijual tidak hanya berupa makanan (kue dan aneka keripik, termasuk keripik buah kering yang jadi khas dari malang) tetapi ada juga kaos / setelan baju anak bertuliskan batu/Malang/tempat wisata yang ada disana. Untuk harga bervariasi. Kalo kaos mulai dari 35ribuan, untuk kue mulai dari 25ribuan (kalo kue artis sih pasarannya 60ribuan),  sedangkan untuk aneka keripik mulai dari 10ribuan tergantung berat dan jenisnya.
  4. Biaya lain-lain. Diantaranya adalah sewa e-bike seharga 100ribu/3 jam, naik kuda di bromo pp parkiran - kaki kawah merapi Bromo seharga 150ribu/kuda, kalo sekedar naik kuda berkeliling harganya 100rb/kuda, dan pengeluaran lainnya.


Baiklah, yang terakhir sedikit Tips liburan hemat Ala-ala keluarga kami:
  1. Namanya juga liburan keluarga, jadi harus ada pembagian tugas ibu & bapak. Disini yang jadi responsibility mamay adalah tara, sedangkan papay adalah semua barang-barang bawaan. Tapi meskipun udah bagi tugas, kita tetep saling bantu & mengingatkan satu sama lain.
  2. Untuk bepergian dengan kereta api, sebaiknya beli tiket dari jauh-jauh hari sehingga kalian bisa mendapatkan harga yang lebih murah, pilihan kelas yang lebih banyak dan tempat duduk sesuai pilihan. Sedikit cerita ya, 2-3 bulan sebelum berangkat pas kita cek tiket KA masih tersedia semua kelas dengan harga yang bervariasi dari paling murah-mahal. Pas 1 bulan sebelum berangkat eh udah banyak yang habis terjual, yang tadinya eksekutif paling murah 360ribu, tersisa harga murah di 395ribu dan itupun udah tinggal 5 kursi lagi, untungnya bisa duduk sebaris kalo pisah ya berabe juga kan.
  3. Karena perjalanan cukup jauh dan lama plus bawa balita, jadi sebisa mungkin anak cilik dibuat nyaman, bawa jaket dan bantal boneka, bawa mainan/cemilan kesukaannya. Dikondisikan kursi  tempat untuk tidurnya nyaman. Sebaiknya sih pilih yang waktunya malam. Kenapa? karena kan malam waktunya kita beristirahat/tidur jadi kemungkinan balita untuk bosan/cranky sangat kecil. Kecuali kalo perjalanan pendek yang cuma 1-3 jam mending di siang hari bisa dialihkan dengan pemandangan sepanjang perjalanan.
  4. Jangan buru-buru booking hotel/penginapan di satu aplikasi travel, ada baiknya kalian membandingkan dulu harga kamar per malam yang akan kalian pesan di beberapa aplikasi travel, karena biasanya masing-masing aplikasi travel punya promo yang berbeda. Ini juga berlaku untuk pesen tiket KA/pesawat.
  5. Jangan lupa bawa payung/topi, karena cuaca sekarang susah ditebak (apalagi klo musim ujan), ga lucu kan terjebak di satu tempat menunggu ujan berhenti sedangkan area yang mau di Explore masih banyak dan waktu terbatas.
  6. Minum vitamin setiap hari selama liburan untuk menjaga daya tahan tubuh,  kalo kita sih udah in love sama imboost (bukan promosi).
  7. Untuk ke Bromo, kalo kalian ga kuat dingin, jangan lupa beli heat pack di toko perlengkapan musim dingin, harganya ga mahal kok, bisa bikin hangat tubuh kalian.
  8. Bawa bekal makanan minuman sendiri selama perjalanan, apalagi kalo kalian punya simpenan penyakit lambung (kaya mamay). Jangan lupa juga bawa first aid kit, kalo kemaren sih mamay bawa 1 tas kecil khusus yang isinya obat pusing, obat mag, obat masuk angin, hand sanitizer, toilet sanitizer, antimo, minol (minyak obat luka), minyak kayu putih/minyak telon, plester luka, tissu basah dan kering, balsem.

Semoga informasinya membantu ya buat kalian yang mau jalan-jalan / berlibur ke Batu Malang & Bromo dengan kereta api. Happy holiday!!!!!!!!!!!!!!!!


Share:

2 comments:

Yose Suparto said...

TRADING ONLINE
BROKER AMAN TERPERCAYA
PENARIKAN PALING TERCEPAT
- Min Deposit 50K
- Bonus Deposit 10%** T&C Applied
- Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover

Daftarkan diri Anda sekarang juga di www.hashtagoption.com

Abdul Muiz said...

Dulu waktu kecil pingin main ke malang lah sekarang udah hidup di malang 7 tahun