Tuesday, April 3, 2018

Perkembangan dan Pertumbuhan Tara di Tahun ke 3-4

April 2018,

Anak cilik yang udah ga mau dibilang anak kicik, maunya dibilang anak gede, akhirnya officially 4 tahun juga di tanggal 3 Maret 2018 yang lalu. Doa mamay dan papay selalu sama di setiap waktunya, ga harus nunggu ultah tiap tahun. Mendoakan semua yang terbaik untuk kehidupan tara sekarang dan nanti.

Setelah 4 tahun berjalan, beratnya sekarang udah 16kg aja dan tinggi badannya udah hampir 100cm. Kadang kayak keliatan gendut tapi kadang keliatan kayak kurus, tapi kalo kata dokter sih ideal aja. hehehe. 

Perkembangan tara selama 1 tahun terakhir ini bisa dibilang bener-bener amazing, sedikit demi sedikit mulai mandiri, mulai bisa melakukan beberapa aktivitas tanpa bantuan mamay lagi.  Udah bisa pake baju dan celana sendiri,  udah bisa pasang kaos kaki, pake sendal, sikat gigi, dan masih banyak lagi.

Tara juga udah  hafal & bisa nyanyi lagu anak, hafal beberapa surat pendek dan doa pendek. Kalo gerakan solat sih masih main-main, mau-maunya dia aja meskipun urutannya udah bener, hehehe. Makin banyak kebisaan, gampang nangis & marah, tapi masih tetep nurut dan gampang dihandle. Tertarik dengan bahasa inggris walopun ga jelas ngomong apa. Apalagi kalo udah jadi "sutradara" udah deh awdesow westrudemein bla-bla-bla, sok inggris, hahaha.

Di umur 3,5 tahun tara mulai belajar sekolah dirumah, 6 bulan di awal agak susah mengajarkan angka & huruf, tapi makin kesini meskipun ga banyak dan perlahan  udah hafal huruf besar, angka dan bisa menulis sendiri (tepatnya sih november tahun lalu, jadi butuh waktu sekitar 1 bulan, dengan waktu setengah jam saja setiap harinya kecuali weekend). Tapi kalo mamay perhatiin sih anak ini lebih tertarik pada seni, tidak terlalu suka kegiatan luar (gampang capek), senang menggambar, mewarnai, menggunting, menempel, 
shapes, mazes, dan sejenisnya.

Di bulan Oktober, tara terkena sakit perut lagi  (semacam kembung dan muntah-muntah) trus diresepin DSA nya obat ranivel (obat untuk perut kembung), probiokids (suplemen pencernaan) dan biothicol. Pertama kalinya nolak makan aka gtm, butuh usaha ekstra banget. Mamay sempet stress donk, gimana ga coba anak ini yang walopun sakit tetep lancar makan eh tetiba nolak makan. Alhamdulillah ga sampe lama, sekitar 5 hari kondisinya udah balik normal lagi.

Waktu tidurnya juga mulai berkurang, kalo malem biasanya jam setengah 8 udah tidur, mendekati umur 4 tahun mulai mundur, jam 8 - setengah 9 baru tidur. Bangun pagi biasanya sekitar jam 6 pagi dan paling telat jam 7 pagi.

Yang mamay masih rada gimana sampe sekarang soal makannya tara adalah tentang nasi. Jadi anak ini tuh bisa makan apa aja yang kering-kering dan keras sekalipun, tapi kalo yang namanya ngunyah nasi, warbiyasak lamanya, sampe mamay keluar urat deh ngomonginnya berkali-kali untuk dikunyah dan ditelen. Hahaha. Jadi kalo semisal dia dikasih menu yang kering gitu kaya nasi dengan sosis/ayam/perkedel/nugget/telur/ikan, ga ada kuahnya (kaya sop/pindang/soto), pasti bakal didiemin aja tuh nasi didalem mulut, tapi anehnya lauknya bisa dikunyah sama dia. Jadi harus dibantu dorong pake aer putih baru tuh nasi ditelen sama dia.  Lucu deh, kalo nasi dicampur sama lauk ya tetep sama bakal didiemin juga, tapi kalo dikasih makan nasi sama lauk dipisah pasti lauknya dikunyah cepet sama dia. Untungnya dia ga pernah protes /bosen kalo sering dikasih makan sop, hahahah, karena cuma makanan itu yang lengkap dengan sayuran dan cepet dikunyah. Dan bahagianya mamay ketika anak cilik selalu bilang kalo apa aja yang mama masak selalu enak buat dia. Hahahah. That’s why mungkin ya setiap anak dimanapun ngerasa kalo masakan ibu adalah masakan yang paling enak karena dibuat dengan penuh cinta. Wkwkwkwk. Ada yang punya anak dengan cara makan begini?? Hahahah.

Ga kerasa pertengahan tahun nanti udah mulai masuk sekolah TK. Mamay  seneng campur sedih, bakal merasa kesepian, secara mamay sama tara full 24 jam sehari selalu sama-sama. Sampe-sampe anak cilik ini suka nyanyi lagunya kartun IpinUpin: “Kau dan Aku selalu untuk selamanya”. Hiks. Trus sambil dia nangis melukin mamay (so touched banget deh tara).  Kalo ditanya tara bosen ga tiap hari tiap waktu sama mamay? Trus dijawab sama dia , ga. Huhuhuhu, berlinanglah air mata mamay.  Anak cilik yang meskipun masih kecil tapi perhatian & pengertiannya luar biasa. 
Maaf ya tara kalo mamay masih belum bisa sabar penuh ngadepin tara, maaf terkadang mamay masih suka ngomel-ngomel. Hiks. Selamanya dan selalu tara akan menjadi kesayangan mamay. I love you my baby......

Gitu juga sama papay, kalo dulu-dulu kan papay pergi kerja pas dia bangun besok paginya mah biasa aja, sekarang kalo bangun pagi pasti nangis nyariin papay tapi udah dikasih tau ya udah nangis bentar trus diem lagi deh. Tiap hari ditanyain papay kapan pulangnya, papay berapa hari lagi pulangnya. Soon ya tara, semoga kita bisa cepet kumpul ga cuma weekend aja, semoga papay cepet dapet kerjaan yang waktunya fixed (bisa pergi pagi sore udah pulang, bisa menikmati cuti dan weekend dengan tenang tanpa telpon/pr/email kerjaan), ga pindah-pindah project lagi. Aamiin. 



Share:

0 comments: