Thursday, April 12, 2018

Weekend di Taman-Taman Bandung


Nah, kali ini mamay bakal cerita dikit kegiatan pas weekend beberapa minggu terakhir, lebih tepatnya weekend hemat ala keluarga kami. Yup, main di taman-taman yang ada di kota Bandung.

Taman Lalu Lintas



Tepatnya akhir bulan maret yang lalu, kami main-main ke taman lalu lintas. Terakhir main kesini pas bulan september 2017, lebih kurang 6 bulan yang lalu. Dulu pas weekend kesana hari sabtu kalo ga salah, masih sepi ga begitu banyak pengunjungnya, mungkin juga karena masih banyak renovasi dimana-mana jadi belum bisa menikmati fasilitas taman sepenuhnya. tapi kalo menurut mamay sih pas kita main kesana pertama kali akhir tahun lalu udah lumayan juga sih. ada kereta-keretaan yang bisa dinaiki dengan membayar tiket 5ribu, ada carousel juga seharga 5ribu per anak dan gratis untuk pendamping, ada ayunan dan prosotan. 

Pas kedua kalinya kesana di hari minggu siang, suasananya beneran beda, rame pake banget. Parkirnya aja sampe ke badan jalan dan trotoar. Di bagian depan sebelum gerbang masuk ada beberapa boneka raksasa seperti pokemon, doraemon, bumblebee. Bukan pajangan , tapi ini kaya "foto bersama" gitu dan bayar seikhlasnya. Trus banyak juga yang jualan mainan anak-anak dan minuman ringan. Sekarang tiket masuknya udah naik jadi 7ribu per orang (naik 1ribu doank dari tahun lalu, hehehe), dan anak kecil di atas 2 tahun udah bayar full. Agak kaget juga pas masuk, karena setelah 6 bulan bisa dibilang cepet juga progress renovasinya, di sisi kiri taman ada semacam bangunan-bangunan mini seperti sekolah, kantor pos, mall. Ada juga rental sepeda anak di rute yang emang udah dibuat lengkap dengan lampu lalu lintas, ada mushola dan toilet yang udah lebih bagus dan bersih, dan ga ketinggalan ada kolam renang. Waktu itu liatnya dari bagian belakang, jadi ga sempet cari tau tentang harga tiket masuk ke kolam renang. Kalo diliat bersih juga kolamnya, meskipun ga begitu besar. Ada papan-papan sign board juga tanda-tanda yang digunakan dalam berlalu lintas.  Disini juga banyak yang piknik gelar tiker di bawah pohon. Kayanya ada bapak-bapak yang menyewakan tikar keliling, tapi sayangnya di beberapa spot taman banyak terdapat sampah yang berserakan. Mungkin kedepannya bisa ditambahin lagi fasilitas tempat sampah disetiap sudut karena kan petugas kebersihannya ga mungkin stand by 24 jam nungguin sampah-sampah yang kalian bakal buang. Yang terpenting sih membiasakan diri menjaga kebersihan, ya dimulai dari diri kita sendiri dulu. Miris sih kayanya masih banyak yang ga care sama lingkungan sekitar, hiks. 


Taman Lansia

Taman selanjutnya yang kita datangin pas weekend di awal april lalu adalah taman lansia yang letaknya berdekatan dengan gedung sate/yoghurt cisangkuy. Harga tiket masuknya gratis cuma bayar parkir aja. Tamannya cukup luas, dan taman ini identik dengan patung dinosaurus yang cukup besar di bagian depannya. Disini banyak banget penjual cuankie yang gelar tiker dibawah pohon, bisa dibilang setiap radius 100-200m, ada beberapa yang jual minuman juga. 

Pas kesini hari minggu dan ternyata rame pake banget. Sebenernya ini adalah kali kedua kita main di taman lansia.  sebelumnya pas kita kesini di hari sabtu ga begitu rame. Nah minggu lalu kesini tujuannya pengen main piknik-piknikan. Ternyata ada pasar kaget yang biasa di gasibu jadi pindah ke sisi samping taman lansia ini. Jadi ceritanya kita ke Mcd dulu beli bekal buat makan siang di taman, eh taunya disana banyak banget yang jual makanan, mulai dari makanan ringan sampe makanan yang berat. Jadi kalopun kalian pengen piknik dadakan disini tanpa bawa bekal, bisa-bisa aja kok, heheheh. 

Ada yang jual bubbles seharga 10ribu per botol mineral 600ml dan boleh gratis main ditempat juga, main pancing ikan beneran sepuasnya seharga 5ribu. Kalo yang ini rada gimana sih, kasian gitu ikannya kaya mabok di aduk-aduk kolamnya sama anak-anak yang main pancing-pancingan (termasuk tara, hehehehe, ya da atuh gimana anaknya pengen). Selesai main ikan, ditawarin sama abangnya, mau dibawa pulang ga ikannya, kalo mau dikasih 2 ekor ikan kecil-kecil, tapi kemaren karena kita mau lanjut ke taman superhero jadi ga diambil deh.

Dan lagi-lagi yang bikin miris juga pas main di taman adalah sampah yang berserakan. padahal yah spanduk dan baliho tentang ajakan buang sampah pada tempatnya udah banyak dibeberapa sudut taman, trus tempat sampah juga udah disediain cukup banyak, tapi masih ada aja yang ga sadar sama kebersihan lingkungan. Apalagi kalo statusnya orang tua ya, kan bisa memberikan contoh yang ga baik buat anak-anaknya, ya mungkin sepele tapi efek kedepannya buat anak dan lingkungan sekitar ??? Yang namanya kebersihan itu ga bisa bergantung pada 1-2 orang aja atau pemikiran akan ada petugas kebersihan, tapi harus dijaga bersama biar kita bisa menikmati fasilitas taman dengan enak dan nyaman. Betul ga?? Yang ada tamannya jadi keliatan kaya kumuh gitu, bisa keliat dari bagian tengah - belakang, kalo di bagian depan-depan sih bisa terbilang lumayan. Kaya slogannya : kamu nyampah, bandung payah!! 


Taman Super Hero

Berjarak sekitar 1,5km dari taman lansia, kita melanjutkan perjalanan main ke taman superhero as request anak cilik. Masuknya gratis ga pake bayar, cuma bayar buat parkir aja. Dan ternyata pas kesana, tamannnya kecil banget. Didalamnya ada patung-patung superhero seperti batman, ironman, gatotkaca, superman. Trus ada juga mainan jungkat jungkit (2), ayunan (3) dan prosotan (1). Dipinggiran taman banyak yang jual jajanan seperti baso tahu, siomay, sosis. Disini mah cuma bentar banget ada kali 10 menit, foto doank trus main prosotan bentar trus pulang deh.  
Share:

0 comments: