Monday, March 26, 2018

Liat Dino & patung lilin di Jatim Park 3

2 Maret 2018





Setelah beristirahat beberapa jam, kami bersiap-siap menuju Jatim Park 3 yang berjarak kurang lebih 4km dari penginapan atau ditempuh hanya dengan 5 menit berkendara. 
Jatim Park 3 merupakan tempat wisata baru yang ada di kota Batu, kalo ga salah sih baru grand opening akhir tahun lalu. Di kawasan Jatim Park 3 atau yang lebih dikenal dengan Dino Park, ga cuma ada Dino mall yang isinya seperti mall kebanyakan & restoran, tetapi ada juga wahana lain seperti galeri musik dunia (yang isinya berbagai alat musik dari seluruh dunia, dari masa ke masa, harga tiket masuknya pas kita kesana 40ribu per orang), ruang tanpa batas (yang isinya ruangan kaca dengan lampu-lampu gitu, harga tiket masuknya kalo ga salah sekitar 40ribu per orang), ada juga virtual world, dan yang terbaru ada the Legend star yang mirip-mirip kaya museum patung lilin terkenal Madame Tussauds. Jam operasional Dino Park adalah pukul 11.00 - 18.00.

Awalnya sih kita kesini cuma buat ke Dino Park aja sesuai request-nya anak cilik, ternyata karena ada wahana yang baru dibuka, yaitu The Legend Star, jadi mau ga mau beli tiket seharga 150ribu per orang untuk masuk kedua tempat tersebut. Anak yang tingginya di atas 85cm udah bayar full. Kita mulai masuk ke area Dino Park pukul 14.00 siang. Saat masuk ke gate-nya, petugas akan memasangkan gelang tiket yang udah dibeli dan kita langsung disambut dengan replika dinosaurus yang cukup besar, tapi rada gimana sih, pas masuk gitu kaya ditodong foto (hehehe), sebenernya kalo ga mau juga ga apa-apa, tapi si mbak nya bilang cuma ambil foto doank buat dokumentasi, trus kita dipakein gelang deh buat tanda kalo-kalo mau ambil fotonya pas di pintu keluar nanti. 

Lanjut kita explore area indoor dari Dino Park, bisa dibilang mirip mini museum gitu deh. Ada kerangka-kerangka Dinosaurus, peralatan yang digunakan untuk fosil (apa ya namanya lupa, hahahah, maklum udah tua), hewan-hewan reptil (mati) yang udah diawetkan, beberapa games tentang dinosaurus (tapi sayangnya sih pas kesana, ada beberapa permainan gitu yang kondisinya masih dalam perbaikan). Lanjut dari area yang mirip museum mini ini, kita turun ke bawah untuk antri naik kereta 5 zaman. Untungnya bukan pas weekend dan musim liburan, jadi pas kesini ga begitu rame, malah mungkin bisa dibilang agak sepi, meskipun tetep antri tapi pendek banget. Tapi ya tapi, sebelum masuk ke area kereta 5 jaman, kita diminta foto dulu (yang lagi-lagi katanya buat dokumentasi). Selesai difoto baru deh masuk ke antrian kereta. Setelah jumlah pengunjung lengkap sesuai jumlah kursi yang ada di kereta, barulah pintu masuk kereta di buka.  Sebelum kereta berjalan, kita akan disuguhi film singkat tentang sejarah dinosaurus dari awal hingga punahnya spesies tersebut. Selesai menonton film, lalu tirai pun dibuka dan kereta mulai berjalan memasuki area replika 5 jaman. Kurang lebih 10-15 menit total waktu untuk menikmati kereta 5 jaman ini, tapi ga termasuk waktu antrinya ya. hehehee. Pas pintu keluar dari kereta ini, banyak petugas foto yang nawarin cetak foto 3 dimensi yang katanya baru pertama di Indonesia, anti air, bla-bla-bla, tapi karena kita ga begitu minat, jadi langsung kabur deh. hahaha. 

Selesai dari area indoor & kereta 5 jaman, kita memasuki area outdoor. Disini mulai terlihat banyak e-bike yang terparkir untuk disewakan. Harga sewa e-bike per 3 jam adalah 100ribu, dan untuk tambahan waktu adalah 35ribu per jam nya (kalo ga salah, maaf mamay lupa lagi). Kita sewa 1 e-bike karena anak cilik udah ngebet banget pengen naik ini. Sesekali papay & mamay gantian naik e-bike dan bertukar peran jadi fotografer dadakan, hahaha. Area outdoornya cukup luas, menurut mamay masih bisalah di explore dengan jalan kaki, tapi kalo untuk menghemat waktu dan tenaga, apalagi sama balita dan ga bawa stroller, e-bike is a must deh. 


The Rimba area - Dino Park


Area outdoor pertama yang kita lewati adalah The Rimba yang isinya taman penuh dengan dinosaurus di sisi kanan kiri jalan, lalu mengikuti rute selanjutnya ada Ice Age yang isinya hewan-hewan seperti mammot, ya kurang lebih isinya sama seperti yang ada di film kartun Ice Age, Lumayan kerasa dingin sih, mungkin karena area itu cuma isinya kita doank, hahaha, ditambah dengan dekorasi putih-putih seperti musim salju. 

Keluar dari Ice Age, kita masuk ke Aquarium 3d. Di pintu masuk ada petugas yang bakal kasih pinjem kacamata 3d untuk dipakai selama kita berada di Aquarium. Lagi-lagi isinya cuma kita doank, ga ada orang lain, tapi rada gimana ya, dan disini e-bike ga boleh masuk, Jadi harus diparkir diluar. Tapi karena kemaren kita ga tau, jadi  kita dibantu sama petugasnya, e-bike yang kita sewa udah diparkir di pintu keluar. 

Setelah dari The Rimba, kita lanjut main di "playground jebakan" yang letaknya ada disamping tempat masuk area tersebut. Sebenernya sih ga mau main, tapi anak cilik kepengen banget, jadi mau ga mau ya main juga. Kenapa mamay bilang "playground jebakan"? Karena playground ini ga bisa putus ditengah jalan, harus diselesaikan sampe ke tempat finish-nya baru kita bisa keluar. Awalnya sih mikir ini kaya playground biasa, tapi eh tapi, ternyata eh ternyata, kejebak donk. Jadi permainan disini bikin kita turun naik gitu untuk pindah ke tahapan selanjutnya. Dan tangga naik turun yang digunakan itu bisa dibilang sempit, kecil dan goyang-goyang. Ga cuma itu ada tangga yang bentuknya cuma kaya tiang-tiang tersusun doank. Kebayang donk, beberapa spot di area permainan juga basah dan licin sehabis hujan. Dan sama sekali ga ada pengaman, beda dengan playground anak-anak yang besi-besinya dilapisi busa dan terpal warna-warni. Belum lagi, tara ga berani turun naik tangga curam nan sempit, jadi ya mamay mau ga mau harus jadi "kuli panggul" selama di area playground, sampe akhirnya didekat tempat finish dan harus naik lintasan satu tangga terakhir, mamay udah nyerah, tangganya tinggi banget dan cuma berupa tiang-tiang tersusun. Karena takut jatuh, akhirnya mamay bilang ke papay untuk tanya ke petugasnya biar bisa keluar. Awalnya petugasnya bilang harus diselesain sampe abis, tapi setelah mamay jelasin ini bakal bahaya kalo dilanjutin, akhirnya dibukain deh jaring-jaring dibagian bawah dan kita keluar.
Kayanya playground ini bukan untuk anak kecil deh tapi untuk anak yang udah gede. Meskipun pas ada yang masuk trus nanya ke petugasnya boleh ga anak kecil masuk? trus si mas nya bilang boleh asal didampingi, tapi tetep aja ini ga mamay rekomendasiin. 

Selesai dari area Dino Park, kita lanjut masuk ke area The Legend Star yang buka mulai pukul 13.00 - 21.00. Awalnya sempet bingung masuk dari mana, setelah tanya ke petugas, untuk yang bawa e-bike masuknya dari pagar samping tempat penyewaan e-bike. Bisa dibilang ini bagian belakang (edit) dari area tersebut, karena bagian depannya adalah bangunan replika White house yang isinya juga ada patung lilin. 
The Legend Star 

Didalam area The Legend Star ini banyak sekali patung lilin mirip-mirip dengan madame tussauds (padahal mamay jg belum pernah kesono hahaha, sotoy banget). Patung pertama yang kita liat adalah pemain bola seperti David Beckham, Ronaldo. Lanjut ke ruang selanjutnya ada pemain basket, trus ada juga pemain film cina yang terkenal kaya Jacky chan, Andy Lau, pemain film hollywood, tokoh avengers, super hero, yang bikin anak cilik teriak kegirangan bisa ketemu sama wonderful woman. Heheh. 

Karena udah mulai sore, dan kita harus pulang lebih cepet untuk persiapan ikut overnight trip ke Bromo, jadi ya buru-buru deh keluar, padahal ya padahal masih ada 1 area lagi yang belum di explore, sebenernya sih udah diliat tapi cuma sepintas doank  (areanya di luar disamping gedung white house, disana ada replika kerajaan majapahit, replika ikon kota dari berbagai negara). Dan sedihnya kamera + hp mamay juga dipegang sama papay yang udah lebih dulu jalan keluar. Hiks. Sebel sih iya, karena nanggung banget kan, trus si papay bilang kalo ga gitu bakalan pulang malem, huhuhu, ya demi bromo juga sih akhirnya dengan sedikit berat hati kita pulang jam 5 sore. 

Sepulang dari Jatim Park 3, kita lanjut beli makan malem di cfc yang lokasinya di seberang penginapan atau bisa dibilang satu area dengan Jatim Park 2. Lanjut istirahat untuk persiapan overnight tour ke Bromo jam 1 pagi.




Share:

0 comments: