Wednesday, March 28, 2018

Holiday is over, waktunya pulang!!!!

5 maret 2018

Hari ini adalah hari terakhir kami di kota Batu Malang. Padahal sebenernya masih banyak tempat yang pengen di explore lagi, tapi apa daya cuti papay terbatas. Hiks.
Pagi-pagi udah siap packing pulang, dan selesai sarapan di warung makan kecil di samping penginapan, kami berjalan ke arah kanan dari penginapan atau lebih kurang 100m berjalan kaki terdapat ruko besar yang menjual beraneka ragam Oleh-oleh khas kota Batu & Malang.

Oleh-oleh yang dijual disini ga cuma makanan ringan atau sejenis cake, tapi ada juga beberapa peralatan memasak dari kayu dan kaos-kaos bertuliskan tempat wisata yang ada di Batu Malang. Kebanyakan makanan ringan yang dijual disini adalah keripik buah yang dikeringkan, seperti keripik apel, nangka, salak, pisang, singkong, telah. Ada juga keripik tempe, wingko, kue artis kekinian. Harga jualnya sekitar 5ribu-25ribu per bungkus sesuai dengan berat gram dari isi keripik di dalam kemasan.

Cerita dikit ya pas udah sampe dirumah, trus buka paket kripik buah kering aneka rasa, ternyata isinya cuma 8 potong buah kering kecil-kecil per kemasannya. Waktu itu kita beli paket sekitar 40rb isi 8 aneka keripik. Cuma bisa ketawa-ketawa aja, gila banget dah, semahal itu kah? Mending beli satuan isi 100gram harganya sekitar 15ribuan tp isinya lebih donk dari 24 slices keripik kering. Hahaha.

Ok, lanjut lagi ya. Selesai beli oleh-oleh, kami langsung balik ke penginapan untuk beberes lagi, final check mana tau ada yang masih ketinggalan dan belum masuk koper. Pagi itu jam udah menunjukkan pukul 09.30, karena kita harus check out jam 12.00 siang, jadi kita putuskan untuk beristirahat sebentar sebelum nanti jam 11.00 kita order taksi online untuk ke stasiun Malang kota baru.
Ternyata taksi online yang kita pesen ga pake lama, ga sampe 5 menit udah dateng, padahal kalo diliat dari map gitu, cuma ada sedikit banget. Awalnya sih mamay udah bilang nanti aja abis zuhur baru berangkat, tapi papay kekeuh takut ga dapet taksi jadi ya buru-buru deh.

Akhirnya sekitar jam 11.15 siang kami berangkat menuju stasiun. Kurang lebih perjalanan 45 menit, melewati jalur yang kurang lebih sama dengan jalur pas kita pergi. Waktu itu kita bayar 59ribu untuk rute omah anin ke stasiun kota baru.
Sesampainya di pinggir stasiun dan menurunkan koper + bawaan lain dari bagasi mobil, tiba-tiba drivernya  langsung disamperin gitu sama tukang parkir disana, udah sempet cemas sih, tapi untungnya ga apa-apa dan drivernya langsung buru-buru jalan lagi.
Karena kereta api Malabar yang bakal kita naikin baru ada jam 16.00 sore, jadi kemungkinan besar kita bakal nunggu lama di stasiun.
Pintu masuk dan pintu keluar stasiun Malang kota baru berada di 1 tempat yang sama. Kalau pintu keberangkatan ada diawal, sedangkan pintu keluar ada di pintu selanjutnya berjarak kurang lebih 20m. Bisa dibilang stasiun ini cukup kecil. Ruang tunggu kereta juga terpisah untuk kereta eksekutif dan kereta ekonomi/bisnis.

Hal pertama yang kita lakukan pas masuk ke stasiun adalah print out tiket kereta, lanjut cari makan siang di sekitar stasiun. Disini banyak banget tempat makan, jadi ga perlu khawatir, tinggal jalan sedikit ke arah kanan / kiri, kalian udah bisa liat banyak tempat makan.
Setelah kenyang, niatnya mau main-main bentar ke taman yang ada patung singa tepat di seberang stasiun kereta api, tapi apa daya cuaca ga mendukung, ujan gede banget dan akhirnya kita cuma duduk di ruang tunggu luar.

Sedikit cerita (lagi) ya, karena ruang tunggu untuk kelas eksekutif bisa dibilang kecil terbatas dan kereta yang akan kami naiki jam 16.00 sore jadi baru bisa check in jam 15.00, dengan kata lain belum bisa masuk ke ruang tunggu eksekutif. Okelah ya kita ga masalah, emang karena kecepatan dateng, trus mamay mau nanya mushola untuk solat zuhur, karena di luar ruang tunggu eksekutif sama sekali ga nemu mushola. Petugas jaganya ga ramah banget, kita nanya tapi kok ya kaya yang ngomong sama mesin. Padahal kan harusnya petugas di public service gitu udah belajar ilmu public speaking, manners menghadapi penumpang.

Akhirnya setelah cukup lama duduk di ruang tunggu yang ada diluar, waktunya kita check in dan masuk ke ruang tunggu eksekutif di dalem. Waktu itu jam menunjukkan pukul 15.15, dan kita langsung menuju mushola untuk solat dan lanjut masuk ke gerbong kereta api malabar.
KA malabar dengan tujuan Malang- Bandung yang kita naiki, bisa dibilang berbeda dengan KA malabar Bandung - Malang. Entah karena gerbong yang berbeda atau apa. Dari segi Interior, KA api ini bisa dibilang kereta yang udah lama tapi masih terawat dengan baik, jarak antar kursi juga ga begitu luas, wastafel kamar mandinya pun lebih kecil, tetapi untuk pendingin udaranya jauh lebih dingin dibanding kereta pas kami berangkat.

Karena Malang lagi diuguyur hujan, jadi kami putuskan untuk beli makan malem di kereta. Sedangkan tara udah bekal nasi Abon yang kita beli pas makan siang. Makanan yang dijual di kereta antara lain ada mie goreng, nasi goreng, mie rica solaria, ada juga minuman seperti kopi, teh, air mineral. Harganya? Bisa dibilang cukup mahal dan ga sesuai sama rasa yang didapat, tapi lumayan bisa mengganjal perut. Saran aja sih mending kalian bekal aja sendiri beli makanan dari luar, selain harganya bisa lebih murah, rasanya juga lebih karuan. Hehehe. Waktu itu kami beli nasi rica dan nasi goreng merogoh kocek 66ribu, untuk kopi & teh seharga 8ribu per cup.

Perjalanan pulang kali ini, ga seperti perjalanan pas kita pergi. Mamay juga ga ngasih tara makan antimo, karena biasanya anak cilik dikasih antimo malah on terus. Hehehe. Sekitar pukul 19.30 malem, anak cilik tertidur juga, dan kali ini tidurnya nyenyak banget sampe pagi ga kebangun padahal udah beberapa kali dipindahin posisi tidurnya. Hahaha. Mungkin karena keretanya juga dingin, enak selimutan, ga seperti pas pergi, rambut dan badannya basah keringetan.

Setelah menempuh perjalanan panjang kurang lebih 16 jam, akhirnya kami tiba juga di stasiun kereta api Bandung. Akhirnya berakhir sudah liburan kali ini, alhamdulillah masih dikasih sehat & rejeki sama Allah bisa refreshing walaupun bentar, semoga nanti-nanti bisa lebih sering jalan-jalan (kode keras buat papay hahahah), at least resolusi tahun ini salah satunya udah kesampean, liburan keluarga.

Buat kami, perjalanan liburan bukan hanya perkara bisa mencapai tempat yang akan dituju, tetapi bagaimana cara kita menikmati proses perjalanan tersebut dan mendapatkan pengalaman baru yang bisa me-refresh diri dan pikiran kita.
Jadi mau apapun caranya, mau backpacker, mau pake tour, mau liburan mewah atau sederhana, semua bukan hanya tergantung dari kantong masing-masing tetapi juga keinginan (pola pikir) kalian dalam menikmati perjalanan liburan itu sendiri.

Semoga informasinya bermanfaat buat temen-temen yang mau liburan ke Batu Malang dan Bromo ya... Have a nice holidayyyyy!!!!!