Saturday, May 20, 2017

Tara juga pernah makan obat kok!!

Isi blog ini untuk catatan pengingat mamay dan juga mungkin buat sebagian emak2 diluar sana yang butuh informasi tentang obat sebelum pergi ke dokter, 

Mamay termasuk ibu yang ga gampang ngasih obat ke anak, kenapa? karena selagi masih bisa diobati secara alami tanpa memasukkan obat ke dalam tubuh anak ya harus dicoba dulu, karena ditakutkan kalo anak setiap sakit langsung dijejelin obat, yang ada nanti anaknya kebal sama obat, mulai dari obat yang ada di pasaran atau bahkan mungkin sampe berjenis antibiotik, kalo udah begitu tar harus dengan pengobatan tingkat tinggi yang gimana lagi (amit-amit jangan sampe deh ya allah).

Setiap kali tara sakit, mamay selalu observasi dulu anaknya (bahasanya mamay ya tingkat tinggi banget, heheheh). Biasanya mamay ga langsung kasih obat ke tara, tergantung kondisinya seperti apa. Misalnya kalo pas tara lagi batuk pilek, yang perlu diperhatikan adalah apakah batpil nya menyebabkan demam, apakah membuat anak ini jadi ga aktif & ceria, apakah membuat tara jadi ga nyenyak tidur, apakah membuat tara kesulitan bernafas, dan masih banyak hal lain yang bisa diperhatikan. Nah semisal kondisi tara sangat baik, dalam artian meskipun tara batpil tapi dia masih aktif, makan masih banyak, tidur nyenyak, Mamay ga akan langsung kasih obat batpil ke tara, biasanya mamay liat dalam waktu maksimal 5 hari (tanpa dikasih obat) kalo kondisinya makin membaik ya ga akan dikasih obat karena biasanya udah langsung sembuh sendiri tapi semisal kondisinya belum terlalu baik baru deh mamay kasih obat. Dan obat yang mamay kasih ke tara adalah obat yang masih dijual bebas di apotik tanpa perlu resep dokter. Dicoba makan obat sampe minimal 3 hari, Seandainya dalam 3 hari ga ada perubahan baru deh mamay ke dokter spesialis anak.

Treatment yang biasa mamay lakukan kalo tara lagi dalam kondisi yang ga fit (misal demam atau batpil) adalah dengan memperhatikan asupan makanannya dan sedikit membatasi aktivitas fisiknya. Beberapa treatment yang biasanya mamay terapkan di tara, antara lain:
  • Biasanya tara lebih banyak dikasih cairan berupa minuman dari jus atau buah-buahan yang mengandung vitamin c untuk daya tahan tubuh. 
  • Kalo masih asi sih ditambahin juga banyakin minum asi karena buat mamay, asi itu adalah obat yang ga ternilai harganya. 
  • Ritual meeting sama matahari alias jemur-jemur syantik di bagian punggung lebih kurang 15-20 menit.
  • Mandi hanya 1 hari sekali di pagi hari, untuk sore hari biasanya cuma dilap dengan air hangat, lalu setelah dilap, tara di massage lembut sama mamay dengan minyak bawang

Berikut beberapa merk obat yang pernah dikonsumsi tara selama perjalanan 3 tahun pertamanya:

  • Batuk: Mercotin, Ephexol
  • Pilek: Alco 
  • Demam: Sanmol
  • Perut kembung dan banyak gas: Ranivel Syrup (Perut kembung) dan Probiokids (suplemen makanan untuk pencernaan)
  • Pengencer dahak (batuk): Vectrine 
  • Infeksi kelenjar limfa: Sporetik (antibiotik T_T)
  • Anti virus: Isopranol
  • Nebu: Pulmicort & Combivent UDV
Semoga ga ada catatan tambahan obat lagi di atas 3 tahun nanti ya,, aamiin, sehat, sehat, sehat.

Share:

0 comments: