Saturday, December 9, 2017

Make up vs Skin care

Ada yang pernah tanya alat "perang" nya mamay apa???

Mamay cuma punya cushion, eye liner, eye shadow, maskara dan  lipstik. Buat mamay itu yang paling penting, hehehe. Kalo keluar rumah sih paling pake cushion sama lipstik doank, kecuali ke acara gitu baru pake eye shadow dkk. Mamay ini sebenernya dari dulu juga ga doyan make up dan dandan. Kecuali kalo buat acara tertentu yang mengharuskan pake make up lengkap ya baru deh dandan tapi itu juga didandanin sama orang dan pake alat make up punya orang. hehehe. Dari semua kosmetik untuk make up yang paling mamay ga suka adalah pake pensil alis dan blush on. Kenapa? kalo pensil alis menurut mamay berasa kaya ada ulet bulu nempel di alis, ntah kenapa kok sekarang malah jadi trend alis tebel macam shinchan bahkan sekarang juga musim sulam alis. Sampe papay juga komentar, emang wajib ya alis model begitu? Maap ya kalo ada yang tersinggung, kalo buat yang mukanya cocok sih ya okeh-okeh aja, tapi banyakan juga yang maksa. *Peace*. Trus kosmetik selanjutnya adalah blush on. Perasaan kalo pake blush on berasa muka kaya yang menor gitu, kaya badut, kaya abis ditonjok orang. Maklum mamay blom master mengaplikasikan blush on jadi ya berasa aneh aja, makanya ga pernah suka.
Ada cerita dulu banget pas lagi diajarin make up sama mama, pas waktu itu mama yang jadi modelnya, dan alhasil mukanya mama yang seharusnya kalo di make up jadi cantik malah  kebalikannya, super menor macam banci-banci, Maafkan nina, wong dari dulu emang mamay tara ini ga minat dan ga bakat sama yang begituan, beda halnya sama nia yang kayanya udah terlahir dengan bakat dandan.

Ketimbang make up, mamay lebih suka sama skincare. Buat mamay, make up sifatnya cuma memberikan tampilan cantik sementara, belum lagi untuk orang seperti mamay yang jarang banget make up bakal rugi banget, secara cuma dipake sekali-sekali, dan expired date nya cuma sebentar. Yang ada udah keburu expired, eh produknya baru sekali oles. Makanya kosmetik mamay biasanya setelah beberapa bulan langsung diwariskan ke sodara, mubazir ga kepake di mamay.
Sedangkan skincare lebih kepada investasi muka jangka panjang, produk yang kita beli digunakan untuk sehari-hari sebagai makanan kulit muka. Ga ada yang pernah tau kan gimana tekstur kulit muka kita dalam kurun waktu 5-10 tahun lagi seperti apa. Sekarang aja di bawah mata mamay mulai terlihat garis halus, oh no!!!! (maklum udah masuk kepala 3, butuh amunisi ekstra anti aging).

Sebenernya telat banget sih baru rajin banget merawat muka pas udah kerja, maklum disamping dulu belom terlalu tertarik dan ngerti sama skincare2an ditambah belom bisa ngehasilin uang, belum bisa beli ini itu sendiri. Dulu jamannya sekolah - kuliah cuma rajin cuci muka sama pake pelembap doank dan setiap seminggu sekali pake peeling mundisari dan masker bengkoang punya mama. Kalo dulu beli facial wash / pelembab ga liat dulu jenisnya apa, pokoknya kalo ada iklannya di tv udah penasaran aja pengen coba, ga baca-baca review orang juga. Brand yang cuma dipake selama masa sekolah-kuliah cuma yang ada dijual di supermarket aja kaya Po***, Bi*** dan lain-lain yang udah lupa. Kalo pagi mamay cuma cuci muka dan pake pelembab, kalo malem kadang cuma cuci muka aja. jadi wajarlah ya kalo sekarang muka mamay ada flek hitam membandel, karena dari dulu kurang merawat muka (aka males hahaha), kurang maksimal bersihin muka juga. Dulu mamay doyannya luluran aja, hehehe. Tapi lebih baik terlambat kan dari pada ga sama sekali. Dan belom lagi kepotong sama hamil plus asi 2 tahun yang bener-bener no skincare kecuali cuci muka doank pake facial wash, jadi semenjak udah lepas asi mulai semangat lagi mengejar ketertinggalan.

by the way, anyway, busway, Ngomongin soal skincare, kebanyakan yang ada di youtube / video blogger, memberikan contoh aplikasi pada punggung tangan. Bukannya sotoy, tapi berdasarkan pengalaman mamay, hasil dengan mengaplikasikan produk skincare di punggung tangan dan muka itu beda. Kenapa? Karena dari segi jenis kulitnya sendiri udah beda, kulit muka mamay normal oily sedangkan punggung tangan normal. Jadi ceritanya pas pake benton kemaren, beberapa item coba mamay aplikasikan di punggung tangan, dan hasilnya ga selengket atau seberminyak waktu diaplikasikan di muka. Trus juga mamay minggu lalu sempet cobain produk di store olay, hasilnya juga gitu, jadi pas coba disana dalam hitungan menit aja udah normal lagi punggung tangan yang diolesin krimnya, tapi pas udah coba sendiri dimuka butuh waktu paling ga setengah jam untuk muka berasa normal. 

Sama ada satu lagi yang jadi catatan buat mamay dan mungkin buat kalian yang suka konsul online dengan klinik kecantikan. Ya sebenernya ga masalah sih meskipun konsul online tapi hasilnya sesuai dengan yang diharapkan, masalahnya adalah ketika produk yang akan kita beli tidak sesuai dengan yang kulit muka kita butuhkan. Sekarang udah semacam jadi trend konsul online dalam membeli produk perawatan kulit, kita cukup mengirimkan foto wajah kita yang tanpa make up, ya kali kalo resolusi gambar yang didapat bagus tapi kalo kameranya kurang mendukung kan bisa ga jelas2 banget problem kulit kita yang dilihat sama BC (beauty consultant) nya. Ini cerita pengalaman mamay sendiri, waktu itu pernah dateng langsung ke salah satu klinik kecantikan yang terkenal banget di bandung, hanya saja promosinya luar biasa di medsos. Singkat cerita, pas konsul langsung sama dokter nya disaranin pake produk abcde, setelah 1 bulan dan produk yang dicoba udah mulai habis dan mamay merasa cukup cocok jadilah mamay mau order ulang, tapi berhubung tempatnya jauh banget dari rumah dan ga ada yang anterin kesana, jadi diputuskan untuk beli produk secara online. Ternyata mamay ga bisa beli produk langsung tapi harus konsul ulang, oke fine, dan akhirnya mamay konsul ulang, kirim foto untuk liat progress muka, tapi ternyata produk yang disaranin itu kok malah beda sama yang mamay konsul langsung, padahal mamay udah jelasin kondisi kulit, keluhan dll. Dan nyebelinnya lagi butuh 1 minggu untuk chat berbalas dengan BC nya. akhirnya mamay putuskan untuk dateng langsung aja ke klinik dan konsul langsung sama dokter, tapi dokternya berbeda dari dokter yang pertama mamay konsul. setelah dicek dan dilihat sama dokter yang baru ini, produk yang disarankan untuk mamay masih sama seperti awal dan ditambah beberapa item baru aja. Untung banget mamay ga langsung mengiyakan untuk ganti produk seperti yang disarankan sama BC. Dari sini bisa disimpulkan, bahkan BC sekalipun yang notabene mungkin ditraining sama pemilik klinik dan dokter, tetapi karena ga ngecek dan liat muka kita secara langsung jadi bisa beda diagnosa. Istilahnya ni ya muka mamay lagi jerawatan kan harusnya pake produk acne, etapi malah dikasih produk yang justru belum bisa digunakan di wajah yang masih berjerawat yang mungkin bisa memicu breakout. 

Ada yang pernah nanya, emangnya ga kenapa2 ya mukanya kalo sering gonta ganti skincare? Jawabannya ga. Menurut mamay, skincare itu cocok-cocokan juga jadi ga bisa disamaratakan antara orang yang satu dan orang yang lain, meskipun memiliki tipe dan atau jenis kulit yang sama. Tips dari mamay yang udah beberapa kali coba dan ganti skincare adalah:
  • Pilih skincare yang sesuai dengan jenis kulit kita. Jadi kamu harus tau dulu jenis kulit kamu apa, biar bisa pake produk skincare yang sesuai. 
  • Gali informasi sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbangan dalam memilih produk yang akan dibeli, bisa baca di blog, liat di youtube dan masih banyak lagi. Intinya adalah informasi dari orang-orang yang sudah lebih dulu menggunakan produk yang akan kita beli.
  • Beli produk dengan ukuran sample, semisal ga cocok di muka, ga bakalan rugi2 banget. Tapi seandainya ga ada ukuran sample, kita bisa beli full size, kalo emang ga cocok ya bisa dijual lagi, sekarang udah banyak kok orang yang jual preloved skincare dan kosmetik. Yang perlu diperhatikan adalah masa kadaluarsa produk dan kehigienisan owner yang pake produk itu sebelumnya.
  • Sebaiknya gunakan skincare secara bertahap. Saran aja sih, tapi ini ga berlaku sama mamay tara yang suka ga sabaran cobain semua produk skincare dalam satu waktu. Jangan dicontoh ya Hehehe. Kalo untuk skincare yang hasilnya bisa dirasakan langsung seperti facial wash, exfoliator atau masker, ya ga masalah, tapi kalo semacam essence, serum / cream yang butuh waktu untuk lihat hasilnya, kadang bisa bikin bingung, dari semua produk yang dicoba itu produk mana yang okeh di muka dan produk mana yang bisa bikin breakout dan ga cocok dikulit muka. That's why biasanya mamay mulai eksperimen dengan mengganti urutan dan atau mengurangi produk untuk satu kali pengaplikasian, setelah 1 atau 2 minggu pake skincare baru. Tujuannya biar tahu hasil dari masing-masing produk yang dicoba dan mana kombinasi skincare yang bagus buat muka.
Keempat point di atas, alhamdulillah banget bisa meminimalisasi breakout yang mungkin muncul saat mamay mencoba skincare baru.  Sejauh ini breakout yang pernah mamay alamin adalah bruntus kecil di area kening, rahang dan sekitar mukosa, yang mana si bruntus itu jadi bakal biang jerawat isi, tapi paling maksimal jerawat ukuran medium, ga pernah sampe yang segede gaban, hehehe, jangan sampe ya allah, bisa sotores mamay.

Oh iya ngomongin soal breakout, mamay pernah baca-baca di forum kecantikan gitu, katanya purging dan breakout itu ternyata beda. Kurang lebih nih ya dari yang mamay tangkep (cmiiw) untuk tau suatu produk itu cocok atau ga di kulit muka kita paling ga butuh waktu sekitar 1-2 bulan. Jika awal pemakaian sampai dengan batas waktu tertentu (misal udah 1 bulan) kondisi kulit muka kita yang bermasalah menjadi makin parah dalam 2-3 minggu pertama tetapi setelah masuk minggu keempat kulit berangsur normal lalu lama kelamaan menjadi bagus, itu bisa disebut purging. Nah kalo untuk breakout itu kulit muka kita makin getting worst semakin lama, ga ada tanda-tanda perubahan ke arah normal atau bahkan membaik.

Semoga sharing-nya bermanfaat ya.. selamat merawat kulit...




Share:

0 comments: