Friday, April 8, 2016

perpanjangan paspor online

alhamdulillah akhirnya rabu kemarin selesai juga ngurus perpanjangan paspor. sebenernya masa berlaku paspor udah abis bulan april ini, tapi malah baru diurus pas banget abis masanya, bukan 6 bulan sebelumnya, ya kalo dalam jangka waktunya ga traveling ke luar negeri sih ga masalah.

well, cerita soal perpanjangan paspor online, ternyata gampang banget kok step by step nya. Yang bikin males itu adalah buka link nya lemot bin lola, kadang harus di refresh berkali-kali, mungkin karena banyak yang akses kesana. Kurleb begini step perpanjangan paspor online:

1. buka web imigrasi dan pilih aplikasi paspor online. nanti ikutin aja step2 yang ada ddidalamnya, isi nama, nomor paspor lama, tujuan apakah penggantian, perpanjangan atau buat baru. isi dengan teliti dan benar sesuai dengan dokumen asli.

2. setelah selesai isi data perpanjangan paspor online, kamu bakal dapet email notifikasi dari imigrasi yang isinya lampiran surat pengantar ke bank untuk membayar biaya perpanjangan paspor sebesar 350ribu ditambah 5ribu biaya admin bank bni.

3. setelah melakukan pembayaran ke bank, simpan bukti bayar. lalu buka kembali lagi email dari imigrasi dan klik link yang ada di dalam email yang akan langsung mengarah ke web imigrasi dan pemilihan waktu kedatangan. selesai deh, selanjutnya tinggal tunggu email notifikasi kedua dari imigrasi yang isinya tanda terima permohonan.
nantinya lampiran tanda terima permohonan ini dibawa pada saat ke imigrasi sesuai tanggal yang dipilih.

4. pada saat hari h, antri di jalur paspor online. antrian pertama adalah untuk pemeriksaan kelengkapan dokumen pengajuan perpanjangan paspor. setelah dinyatakan lengkap akan diberikan surat pernyataan yang harus ditandatangani di atas materai 6000 dan juga nomor antrian untuk foto dan wawancara. selesai deh dan paspor bisa diambil dalam waktu 3 hari kerja tidak termasuk sabtu minggu dan hari libur.

5. pengambilan paspor antrinya tidak sebanyak jalur antrian pengajuan atau perpanjangan paspor. prosesnya juga sekitar 5-10 menit per orang. untuk kamu yang ingin menyimpan paspor lama, akan diberikan surat pernyataan yang harus ditandatangani diatas materai 6000.

sedikit cerita pengalaman pas kemaren ngurus perpanjangan paspor di kantor imigrasi bandung adalah:
-- ga bisa pilih tanggal sesuka hati karena yang tersedia di sistem cuma tanggal 31 maret dan 1 april, padahal pengajuan paspor online udah dari tanggal 1 maret. entah karena memang udah full dan yang available cuma di tanggal itu aja.
-- dateng sekitar jam 08.15 fotokopi dokumen di bagian belakang kantor imigrasi, disini kita ga perlu bilang abc lagi soalnya ibu yang fotokopi dah hapal banget posisi sama ukuran fotokopi dokumen yang diperlukan. lanjut antri pengecekan dokumen setengah jam sampe jam 9. ini kelamaan karena ada bapak didepan yang ngotot ngurus dibandung padahal alamat sama datanya di garut  cuma karena kerjanya di bandung. jadi meskipun paspor dah bisa online udah bisa dimana aja tapi harus tetap menyertakan keterangan domisili.
-- lebih kurang 2 jam antri nunggu untuk foto, wawancara dan pengambilan sidik jari. jadi catetan banget deh jangan pilih hari jumat, full!! kemaren pas ambil paspor hari rabu, antrinya ga serame di hari jumat.
-- ada kesalahan nama ayah di formulir permohonan yang udah di print, udah sempet cemas, padahal seingetnya sih udah ngisi bener nama papa eh yang muncul malah nama mama. ternyata bukan big problem kata petugasnya, yang penting dokumen pendukungnya.
-- dokumen yang dilampirkan atau difotokopi untuk kelengkapan perpanjangan paspor: ktp, kk, akte lahir, ijazah, buku nikah, paspor lama.
-- jangan lupa bawa pena sama lem kertas untuk nempel materai, berhubung kemaren ga bawa jadi diakalin pake air mineral cup yang disediain dikantor imigrasi, tapi banyak juga tuh yang manual pake liur, bahahahaha, jorok banget dah, geleuh liatnya.

Share:

0 comments: