Wednesday, October 26, 2016

Cerita Toilet Training Tara - Success

Mohon maaf jika content ini mengandung sedikit unsur-unsur yang agak bikin eneg dan mual. Heheheh. Tulisan ini Cuma buat catatan kecil perjalanan anak kicik dan juga berbagi pengalaman toilet training buat emak-emak muda diluar sana yang mungkin juga sedang atau belum melewati fase yang sama dengan mamay sebagai emak muda baru.

Toilet training tara dibagi 2, yang pertama adalah toilet training poop dan yang kedua adalah toilet training pee.

Toilet training poop dimulai sejak usia tara menginjak 9 bulan, disaat tara udah bisa duduk tegak tanpa bantuan. Setiap kali tara menunjukkan tanda-tanda mau poop, langsung buru-buru dibawa ke kamar mandi, dan berlangsung seperti itu sampai dengan umurnya 16 bulan, dan di umur nya ke 17 bulan tara udah bisa bilang sendiri mau poop di kamar mandi, malah kadang dia yang buru-buru lari duluan kedepan pintu kamar mandi. Leganya waktu itu, satu tugas untuk toilet training nya selesai. Alhamdulillah anaknya ga bergantung sama popok untuk poop, malah tara merasa jijik kalo harus poop di popok, dia yang teriak-teriak sendiri pernah suatu ketika dia kecepirit di popok / celana dalamnya. Perjuangan untuk toilet training poop ini memakan waktu kurang lebih 8 bulan untuk bisa dinyatakan lulus, melalui pengamatan selama 1 bulan untuk liat apakah bener-bener konsisten untuk selalu bilang ke mamay kalo tara mau poop dan alhamdulillah sampai dengan sekarang di umurnya 2 tahun 7 bulan tara selalu bilang kalo mau poop.
Sejujurnya toilet training poop ini bisa dikatakan jauh lebih gampang ketimbang toilet training pee, kenapa? Karena kalo poop frekuensinya cuma sehari sekali, jadi ga begitu repot, dan tanda-tandanya juga lebih gampang dibaca (misal dari ekspresi ngedennya anak kicik).
Ada cerita pengalaman poop tara di jalan, jadi waktu itu anaknya bilang ke mama: “may mau eek”. Wah langsung panik deh mamay sama papay, secara kita lagi di jalan dan masih jauh sampe rumah, trus akhirnya kita mampir di pom bensin terdekat. Sesampainya disana, udah buka celana dan popok, trus anaknya bingung pas liat toiletnya bukan toilet duduk tapi toilet jongkok, karena selama ini tara toilet training dengan toilet duduk. Mulai dari kepleset di toilet jongkok, bingung cara poop nya gimana, sampe akhirnya anaknya bilang: “ga mau may, keras”. Hahaha. Lucu banget deh, dan emang bener akhirnya dia ga mau poop sama sekali, trus akhirnya papay ngebut driving kerumah, sesampenya dirumah langsung meluncur ke tkp dan akhirnya plong deh. Sama banget deh anak ini kaya mamay, ga bisa poop diluar rumah, hahah, kecuali kebelet banget2. Jadi yang perlu diperhatikan adalah, ada baiknya anak diajarkan untuk toilet training dengan 2 jenis toilet, duduk dan jongkok, biar anaknya ga bingung. Dan alhamdulillah sekali, meskipun dirumah ga pake toilet jongkok tapi tara nampaknya belajar dari pengalaman pertama poop jongkok di pom bensin, akhirnya tiap nemu tempat yang ga ada toilet duduk, tara udah terbiasa poop / pee di toilet jongkok.

Ok, lanjut ke toilet training yang kedua, toilet training pee. Toilet training pee dibagi 2 juga, toilet training pee all day long dan toilet training pee all night long. Kalo ngomongin toilet training pee, butuh perjuangan banget, banyak suka dukanya (lebay dikit ga papa lah ya, hehehe). Meskipun jangka waktunya ga selama toilet training poop yang memakan waktu 8 bulan, toilet training pee ini hanya sekitar 6 bulan saja. Toilet training pee tara dimulai saat umurnya menginjak 2 tahun. Banyak banget ceritanya kalo dijabarin satu persatu berdasarkan hari dan jam, hehehe, lebih tepat perjuangan ekstranya karena harus beresin bekas ompol, ganti sprei hampir tiap hari, cucian clodi / training pants yang menggunung (halah apa sih may?), ngepel bekas ompolnya, ngeringin dan bersihin karpet, dan lain-lain, meskipun area toilet training nya cuma di kamar sama di ruang makan (ini sampe cover high chair dilepas permanent gegara seringnya anak kicik ngompol disitu dan harus lepas pasang cuci). 
Kalo toilet training poop ada tanda yang bisa dibaca, beda halnya sama toilet training pee, ini beneran susah ditebak.
Untuk toilet training pee all day long, metode yang mamay tara terapkan selama 6 bulan ini adalah dengan memantau waktu pee nya dan rutin mengajak anak kecil ke toilet. Pada saat awal, tara dipakein training pants, dan mamay selalu ajak komunikasi berulang:”tara kalo mau pipis bilang sama mamay ya, kita pipisnya di kamar mandi”.  Awalnya dia selalu bilang pipis tapi saat pipis atau setelah pipis, jadi itu training pants udah basah aja dan kadang ga ketauan dia udah ngompol dimana, setiap ditanya dia selalu menghindar dan lari. Arghh waktu itu awal-awalnya kesabaran mamay bener-bener diuji, rasanya udah keluar tanduk terus hampir tiap hari di awal-awal toilet training. Selama 1 minggu mamay selalu mencatat jam-jam dimana tara pipis, ya meskipun yang namanya pee kan ga bisa ditentukan kapan mau keluarnya, hehehe. Tapi hampir selama 1 minggu itu, tara biasanya pipis di jam-jam 11, jam 2, jam 3, jam 5, kurang lebih dapat disimpulkan kalo hampir tiap 1-2 jam sekali tara pipis. Nah masuk minggu kedua toilet training pee, di jam-jam yang tara biasa pipis, mama ajak anaknya ke kamar mandi untuk pee, ditungguin agak lama, kadang keluar kadang ga keluar, kadang baru setengah jam pipis di kamar mandi eh udah ngompol lagi, bener-bener ga bisa diprediksi. Dan rutin mamay terus berulang ajak anaknya ke kamar mandi sampe akhirnya setelah beberapa bulan frekuensi ngompolnya berkurang, dalam artian semisal dalam sehari tara pee 5 kali, 1 kali tara ngomong sebelum pipis (ga ngompol), 2 kali ngomong saat tara sedang pee, 2 kali ngomong saat tara sudah selesai pee. Makin nambah bulan makin nambahlah frekuensi tara bilang sebelom pipis, sampai akhirnya di saat puncak toilet training, anak kicik sakit di deket selangkangan (kalo kata dsa nya sih pembengkakan kelenjar limfa). Mau ga mau karena anaknya selalu mengeluh sakit dan nangis kalo harus lepas pasang celana, akhirnya diputuskan kembali menggunakan popok selama 2 minggu, rasanya saat itu juga usaha yang diperjuangkan selama berbulan-bulan kembali mentah (nangis guling-guling dipojokan). Dan bener aja, setelah sembuh dari sakit, anaknya balik sering ngompol, sering ga bilang lagi. Rasanya pengen nyerah aja, tapi mamay mikir kalo bukan sama mamay, sama siapa lagi tara belajar toilet training, ditambah dukungan dari papay, oke fixed dan mamay pun mengumpulkan sisa-sisa tenaga dan kembali melatih anak kicik sampai akhirnya kembali ke frekuensi 3-2 atau 4-1 (baca: 3x ga ngompol - 2x ngompol atau 4x ga ngompol - 1x ngompol) dan itu juga masih dengan metode “ajakan” untuk pee di kamar mandi.

Mm.. ternyata udah panjang juga ya cerita toilet training pee tara, padahal belom juga masuk ke status “lulus”, hehehe. Well, lanjut lagi ya di bulan ke 5 toilet training pee, tara terkena sakit perut kembung. Dan entah itu suatu kebetulan atau apa, tapi setelah sembuh dari sakit ini, tara udah ga ngompol lagi all day long, tanpa adanya ajakan dari mama untuk ke kamar mandi, anak kicik ini selalu bilang sebelum dia pipis, dan waktunya sendiri tidak setiap 1-2 jam sekali, ya tergantung kemauan tara mau pee. Mamay kaget campur bersyukur sekali, ternyata dibalik sakit kembungnya ada hikmah tara jadi ga ngompol lagi sepanjang hari. Kalo kata orang “jaman dulu” sih begitu, biasanya anak kecil itu kalo sakit mau nambah kemampuan baru, jadi sakitnya semacam pertanda gitu. Aya-aya wae ya orang dulu, kalo bisa mah jangan harus sakit dulu baru bisa nambah sesuatu, ya ga sih??, hehehe. 
Mamay kembali observasi anak ini selama 1 bulan untuk liat apakah bener-bener konsisten ga ngompol lagi sepanjang hari dan ternyata berhasil walopun ada kadang 1-2 kali anak kecil ini kebelet pipis, tapi biasanya lanjut lagi sih di kamar mandi.

Nah untuk toilet training pee all night long, ini awalnya masih jadi perdebatan antara mamay dan papay, memasuki 3 bulan pertama toilet training pee all day long, mamay coba sekitar 2 atau 3 hari (lupa lagi) untuk toilet training pee di malam hari, jadi selama 2 malam itu, tara ga dipakein popok, tujuannya untuk tau tara biasanya pee jam berapa kalo malem dan “mengajak” anaknya untuk pee ke kamar mandi di jam-jam tersebut. Waktu itu ketauan sih dia ngompol sekitar jam 1 pagi dan jam 4 pagi dan selama 2 malam itu berkorban kasur dan sprei (padahal pake sprei anti air sih). Tapi karena harus diajakin ke kamar mandi tengah malem dan atau kadang ngompol, bikin tidur tara jadi ga nyenyak. Disitu papay mulai debat deh sama mamay, kata papay: “tar juga ada waktunya bisa sendiri kok, kasian tidur anaknya ga berkualitas karena ga nyenyak”. Dan saat itu juga mamay merasa metode mamay mungkin salah, oke fine, mentah lagi dan kita akan coba metode lain. Mamay mulai observasi lagi, sampai suatu ketika, pas pulang malem abis dari jalan-jalan weekend ke mall, anaknya ketiduran dan malem itu ga minum susu lagi. Pas paginya tara bilang mau pee, buru-buru buka popok dan diajakin ke kamar mandi, etapi kok ya popoknya super ringan ga ada isinya sama sekali, dan itu adalah malem pertama tara ga ngompol. Kejadian yang sama ini berulang sekitar 3 atau 4 kali ya (lupa lagi mamay). Dan dari situ mamay simpulkan, setiap anak kicik ini minum susu sebelum bobo, paginya popoknya pasti berisi, tetapi sebaliknya kalo ga minum susu, anaknya ga ngompol.

**Sebenernya anak ini hampir ga pernah minta minum susu sih, karena makannya udah lumayan banyak 3x sehari ditambah 2x cemilan dan biasanya diselingi minum susu minimal sehari sekali di pagi atau siang hari**.

Dan akhirnya mamay mulai mencoba untuk observasi lagi selama 1 minggu. Tara ga dikasih susu menjelang tidur dan tidurnya tanpa pakai popok, hanya training pants. Dan hasilnya anak kicik ini sama sekali ga ngompol. Ah bahagianya mamay, akhirnya anak ini lulus juga toilet training pee nya. Puji syukur sekali rasanya, Allah sudah mengabulkan doa mamay sebelum waktunya, padahal harapan dan doa mamay adalah anak kicik ini bisa lulus toilet training maksimal di umurnya yang ke 3 tahun (tepatnya sih sebelum mulai pre-school).

Dan dengan ini mamay nyatakan anak kesayangan mamay & papay yang bernama Sakia Taranesia Calluella telah lulus toilet training pee & poop di umur 2 tahun 7 bulan. Semoga bisa terus konsisten ya anak baik, sehat selalu dan tumbuhlah menjadi anak yang salihah, cerdas dan bahagia.

Sedikit yang bisa mamay simpulkan untuk toilet training:
1.       Komunikasi secara berulang dengan anak bisa jadi menjadi metode yang efektif untuk dapat lulus toilet training. Selalu ajak anak berbicara (meskipun terlihat dan terdengar aneh karena masih ada sebagian orang yang berpikir:”emangnya anak kecil udah tau apa, udah bisa ngerti?”).  Mamay selalu bilang ke tara setiap kali mengajak tara pee: “kalo mau pipis bilang sama mamay ya, ga boleh ngompol lagi, kan tara udah gede, malu donk, kalo mau pipis di kamar mandi ya.” Bahkan di waktu menjelang tidur pun mamay selalu ajak tara komunikasi demikian.
2.       Hindari minum susu atau minum air yang banyak menjelang tidur malam. Pengalaman tara kemarin biasanya ½ jam – 1 jam sebelum tidur minum susu, meskipun sebelum tidur diajak pipis dulu ke kamar mandi, alhasil anaknya masih juga ngompol.
3.       Lupakan kesusahan yang mungkin timbul saat toilet training (seperti perjuangan yang mamay ceritakan diatas, beberes ompol dkk) & belajar sedikit bersabar. Istilahnya kalo mau jadi pemenang ya harus bersusahpayah latihan dengan maksimal dan berdoa. Kalo mau anaknya lulus toilet training ya emaknya harus mau sedikit bersusahpayah dengan segala konsekuensinya, capek? Iya! Kesel? Iya! Tapi semua akan terbayarkan ketika anak udah terbiasa bilang sebelum dia pee / poop.


Terus semangat ya moms diluar sana, maju terus pantang mundur, jangan menyerah!!! Semangat toilet training dini!!!
Share:

3 comments:

Tanpot said...

Waah kereen ya,,, udah bisa ngasih kode kalau BAB, btw gimana ya caranya agar bisa kayak cerita ini... BTW saya juga punya baby yg usianya 6 blan, pingin pintar kayak si kecil

Tika said...

Pd dasarnya tiap anak itu unik,berbeda satu dg yg lainnya, yg pntg sering diajk komunikasi, terus dilatih & bnyk stok sabar (point yg rada susah ya mom, gampang diucapkan tp susah2 gampang diterapkan, kdg kita belom bs maksimal kontrol emosi, kdg udh nyerah dluan, dll, hehehe.

Yose Suparto said...

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!