Tuesday, January 16, 2018

Tara & Dermatitis Atopik


Akhirnya setelah hampir 4 tahun ngadepin tara yang terkena Dermatitis Atopik (DA) ringan (kalo menurut 2 dokter Spkk di Bandung), mamay bakal cerita dikit ya mudah-mudahan sharing nya bisa berguna.

Jadi berawal pas umur tara 5 bulan, di bagian atas lutut kakinya muncul bulatan berwarna kemerahan, awalnya sih kecil dan ada di satu tempat aja, tapi lama lama akhirnya muncul juga di bagian betis kakinya, trus bulatan merah kecil itu lama-lama seperti melebar. Akhirnya diputuskan untuk ke dokter spesialis kulit. Waktu itu kejadiannya pas lagi libur lebaran di Palembang, jadi akhirnya pergi ke dokter spkk yang udah terkenal di Palembang, bisa dibilang dokter ini udah sekelas profesor lah ya, prakteknya di deket simpang charitas.  Singkat cerita diperiksa ama dokter spkk ini, kebetulan waktu itu ditemenin sama mama karena pak suami udah lebih dulu balik kerja ke jakarta. Trus kita nanya ke dokter, kira-kira penyebabnya apa, eh dijawab singkat bin ketus gitu: Jorok. What???? Satu kata yang bener-bener rasanya shocking me. Harusnya Dokter itu bisa lebih halus kan menyampaikan diagnosa nya trus pemicu dari penyakit itu sendiri. Orang yang lagi sakit atau pendampingnya kan udah down sama penyakit eh ini malah dibikin lebih down dengan kata-katanya.  Terkadang pasien itu ga Cuma butuh resep obat aja tapi juga sesuatu yang bisa cheering up (just saying). 

Mama sih sempet ga terima gitu, jadi mau ngeladenin si dokter karena kayanya udah gimana banget ngomongnya, Cuma ya Karena emang aku ga mau memperpanjang yaudah deh langsung keluar begitu terima resep racikan salep dari si dokter ini. Kenapa? Karena mama tau banget gimana bersihnya aku ngerawat  tara, ya  walopun mungkin belum maksimal banget kali ya? mulai dari sprei kamar yang diganti 4 hari sekali, karpet kamar yang di vacuum setiap hari, cucian baju tara yang dicuci pake deterjen bayi dan cuci terpisah, kalo main dilantai juga di kasih alas, dll.

Sebulan setelah balik lagi ke Bandung, kakinya mulai gatal dan muncul bulatan kemerahan lagi, berhubung salep racikan dari dokter spkk Palembang udah habis, akhirnya kita putuskan untuk berobat ke spkk di bandung, tepatnya di Rs Santosa. Setelah dicek sama Dr. Mariza ( ini dokter kulit favorit deh, baik dan ramah banget, recommended) ternyata tara didiagnosa DA ringan, Jadi dokter ini menjelaskan kalo kulit anak yang DA itu ibaratnya seperti sebuah bangunan yang dibangun dari bata yang disusun dan sela-selanya diberi semen, nah kalo anak DA itu ada celahnya, jadi kaya ada bagian yang ga terkena semen, sehingga kalo dipengaruhi faktor eksternal seperti makanan, debu, bulu, binatang dll bisa memicu munculnya DA. Dan ga Cuma faktor eksternal aja, biasanya anak DA itu karena orang tuanya memiliki riwayat alergi. Emang iya sih, aku & pak suami sama-sama punya alergi. Kalo menurut dokter, biasanya bisa berlangsung sampai anak usianya 2 tahun, tapi ada juga yang masih terus muncul sampe umurnya 10 tahun. Trus tara diresepin salep Cynogenta, obat minum ozen kalo gatel aja, dikasih juga sabun mandi & lotion khusus untuk muka dan badannya. Alhamdulillah lega banget, setelah beberapa hari dipakein salepnya kulit tara kembali normal. Dan lega juga karena tara bukan kena penyakit kulit yang aneh.

Selama hampir 2 tahun DA nya selalu berulang dan akhirnya setelah si salep mulai abis, kita balik ke dokter spkk lagi, tapi berhubung dokter favorit ga ditempat akhirnya kita ke dokter spkk yang ada, Dr. Musliani, dan dari hasil diagnosanya, dokter spkk ini juga bilang kalo tara itu terkena DA ringan. Kali ini tara diresepin Dermatop. Dan sampai dengan sekarang umur tara yang udah 4 tahun, udah bisa dibilang mulai berkurang muncul DA nya. Terakhir muncul pas umurnya 3,5 tahun dan sekarang sih belum muncul lagi, mudah-mudahan sih seterusnya ga akan muncul lagi ya tara. Aamiin.


Rasanya kasian banget kalo pas lagi muncul DA nya, gatel ga bisa tidur semaleman karena gegarukan aja, malah kadang sampe lecet dan luka. Biasanya sering muncul di bagian lipatan area kaki, tepatnya di belakang lutut. Kalo sering liat tara pake stocking/legging/celana panjang, ya karena emang bukan sekedar buat gegayaan aja tapi lebih ke prevention.  Jadi kalo pas lagi main diluar apalagi pas main di playground, mandi bola dll, kulitnya bisa lebih terlindungi. Pernah waktu kapan itu, tara pake dress selutut gitu dan main di play ground, sebenernya ga niat main makanya ga ada persiapan, eh besoknya mulai lah muncul DA, awalnya kecil lalu lama-lama melebar, memerah dan gatal2, tapi alhamdulillah karena udah ada salepnya jadi ga begitu worry banget, setelah 1 minggu kulitnya normal lagi.  Gitu juga dengan berenang,  biasanya besoknya ada aja muncul merah-merah di kakinya.  Terkadang sih udah dipakein yang panjang-panjang aja masih bisa dateng DA nya apalagi kalo bener-bener pake yang mini-mini, hehehe. Trus kalo udah tau gitu masa anaknya harus dibatesin, kan kasian donk, yang penting buat mamay mah udah tau pemicunya apa, udah tau obatnya apa yoweslah, yang penting anak bahagia. 

Kebayangkan gimana mungkin "tersiksanya" anak cilik, udah gatel, merah2 dan perih dari luka basah karena bablas gegarukan. Tapi alhamdulillah bener-bener alhamdulillah makin kesini makin berkurang dan ga pernah muncul lagi separah itu. Sehat terus anak cilik. Mamay loves youuuu. 
Share:

0 comments: