Wednesday, June 27, 2012

Transportasi Jakarta

Busway / metro mini  vs taksi
Setelah menginjakkan kaki di ibu kota, kali ini saya mengenal istilah baru lagi dalam dunia transportasi yang sebenarnya sama saja, Misalnya trans Jakarta (busway) yang di kota tempat tinggal saya Palembang disebut Trans Musi atau Bus Kota yang di Jakarta dikenal dengan sebutan kopaja / metro mini dengan warna body yang berbeda.
Tarif angkutan untuk trans Jakarta hanya 3500 saja, sedangkan di kotaku sudah naik menjadi 4rb. Tapi bener-bener berbeda, rute / koridor / lorong menuju ketempat shuttle sangat jauh sekali berbeda dengan Palembang yang masih begitu kecil.

Metro mini ini no ac, jadi harus bersiap panas-panasan, bedanya sama di Palembang, disini ga pake nyetel musik keras ga jelas dangdut koplo yang menurut saya agak2 gimana gitu. Bayar nya cukup 2rb untuk jarak yang dekat.

Trans Jakarta ini cukup nyaman kalo sepi, tapi kalo udah rame di jam pulang kantor / berangkat kantor atau pas weekend, jamin deh pasti bakal dapet pengalaman sama seperti saya diketekin orang, mending kalo yang ngetekin seganteng oppa lee min ho atau kim hyun joong sih bakal betah berlama-lama, ini diketekin sama orang yang banjir keringat dan sedikit beraroma yang sangat sedap sampai menusuk hidung.

Memang kalau mau naik yang nyaman dan enak ya Cuma taksi, ya itu tadi harganya tidak ditentukan, sesuai dengan argo yang berjalan & jauhnya jarak yang ditempuh. Berikut beberapa taksi yang saya tau dari suami (saya Cuma dibolehin naik taksi ini, pertimbangan dari segi harga) : express, putra, taxiku (khusus ke bandara free toll fee, kalo dari bandara tetep harus bayar toll), gamya, blue bird. Udah gitu, untuk tau tanda kalau taxi nya kosong atau tidak, bisa diliat dari lampu atas taksi, jika taksinya kosong maka lampunya akan menyala / bertuliskan vacant (taxi express).

Share:

0 comments: