Friday, April 6, 2012

Flash Back

NOSTALGIA SMA

Mendekati hari H pernikahan tiba-tiba pengen nulis sesuatu, pengalaman hidup sekaligus perjalanan cinta (haha..apa coba). Mungkin ada sebagian dari temen yang punya cerita sama atau mungkin lebih heboh (bisa bikin banyak yang salut dan bergumam: “wah hebat ya udah selama ini”, “kok bisa sih, apa resepnya” dll).
Yang pasti dalam kurun waktu 10 tahun ini telah memberikan banyak pelajaran berarti dalam hidup saya.

Cerita dimulai…
Pertama ketemu waktu kelas 1 SMA, awalnya sama sekali ga ngeh dengan keberadaan seseorang di kelas yang akhirnya sekarang bakal jadi calon suami. Anak-anak cewe dikelas udah pada heboh aja dengan issue ada anak pejabat lah yang dianter sama tentara bakal masuk kelas, ank dari bandung lah, macem-macem deh pokoknya. Tanggapan saya malah sangat biasa, “oh…#trus ngeliat ke anaknya sambil bergumam dalam hati: biasa aja, kok heboh bgt ya ceritanya”.
Kebetulan karena saya tipikal orang yang pemalu, ditambah lagi saya juga salah satu anggota rohis, mana ada kepikiran buat flirting ke cowo2 (masih culun & anak mama).

Setelah 2 bulan pertama berjalan, dan saya adalah sekretaris kelas, mau tidak mau beberapa urusan anak-anak di kelas menjadi tanggung jawab saya. Sampe akhirnya juga bisa ngobrol sama omiw (panggilan untuk cami). Awalnya berasa banget kaku, jangankan sama dia, sama cowo laen pun sama halnya. Ditambah lagi dibeberapa kesempatan kita berada dalam 1 kelompok kerja yang sama. Terlepas dari pergaulan dengan teman semasa smp yang sama-sama pendiam & rohis, di SMA ini mulai berani membuka diri setelah kenal dengan beberapa teman dari smp berbeda yang memang udah aktif dari dulu sepertinya. Terima kasih untuk dampak positif yang diberikan ya teman (maretha,anggi,fitra, ulik dkk).

Berawal dari teman satu kelas, satu kelompok sampe akhirnya deket dan saling curhat satu sama lain, mulai lah “feeling” itu ada..kalo ga salah di caturwulan kedua di akhir tahun 2001 (masih kecil banget ini, mo masuk 15 tahun, astaga, but it naturally works in my head & my heart, ga tau tiba2 aja, apa ini yang namanya puber ya?). Padahal pada saat kita deket (sebagai teman), si cami udah punya pacar di bandung. Malah dia sering curhat soal pacarnya (ketauan ya si cami udah genit dari kecil). Namun ntah kenapa belakangan jarang lagi kedenger kabar tentang si pacar, & yang ada berawal dari keisengan sms, eh malah berlanjut ke hubungan yang aneh (karena status kita Cuma bertemen, tapi perhatiannya lebih dari biasa). Awalnya ngebales sms iseng karena mo ngisengin balik, dan ternyata si cami malah serius. Makin bingung lah pada saat itu, untungnya punya temen-temen yang udah berpengalaman dari saya, akhirnya ya sudah dijalani saja keisengan yang aneh itu.
Tidak pernah terlintas di otak saya untuk bisa pacaran dengan cami, apalagi yang suka dengan cami pada saat itu banyak, malah kalo bisa dibilang saya ngaku deh minder & kalah sama mereka mulai dari yang satu angkatan, kk tingkat sampe adek tingkat pun ada (klo yang ini setelah kita resmi pacaran).
 But, god have another plan for me, ternyata jodoh itu ga bisa ditebak. Saya termasuk tipikal orang yang ga mau berharap banyak karena takut kecewa, takut suka sama seseorang taunya orang itu ga suka, jadi lebih memilih mengikuti alur, kalo emang jodoh pasti ada jalannya.

Selama kelas 1 SMA, dengan status TTM mungkin ya, sering dianterin pulang kerumah, dikasih perhatian yang ternyata sangat meluluhkan hati, bikin akhirnya “falling in love with him”. Namun di sisi lain, TTM itu sangat tidak mengenakkan, karena merasa semuanya ga jelas, serba salah mau deket sama orang juga gimana, malah ada kejadian temen satu kelas yang udah nembak juga harus ngomong dulu sama dia & menanyakan kebenaran hubungan saya & cami yang waktu itu Cuma temen deket, sampe akhirnya kenaikan kelas 2, ada adek tingkat yang demen ma eike (hahah..ceritanya laku nih..laris manis) & mo pedekate, di saat yang bersamaan kekesalan dengan si cami juga muncul, sempet berpikir ini orang maunya apa? Come on, I have my own life, & saya ga suka dengan status ga jelas yang menggantung.

And finally, 26 August 2002, tepat disamping ruang kelas 2.6 (lorong menuju ke wc – ga keren banget yak tempatnya), si cami bilang mau ngomong sesuatu : “Aq sayang sama tika, tika mau ga jadi pacar aq?”
Beneran kaya disamber petir di siang bolong (lebay ih, padahal sih udah tau gelagatnya), tapi kalo inget waktu itu ya, ngebayangin muka culunnya cami plus tangan yang gemetar itu, bikin ngakak sendiri..lucu banget deh pokoknya. Dan aku dengan santainya menjawab: “ya udah”, trus si cami bilang “berarti kita mulai pacaran?”, sambil nahan senyum aku Cuma bisa bilang : “iya”
-- anak kecil banget sih kita malu2 kucing begitu J

(Ternyata di hari dan tanggal yang sama ada 2 temen ku yang jadian juga: Widi & Bari (hanya bertahan bbrp bulan), Oke & Tio (Alhamdulillah berjodoh telah menikah tahun lalu dan saat ini Oke sedang hamil anak pertama memasuki bulan ke empat).

Setelah jadian, sempet bertanya ke cami, apa yang buat dia betah dengan TTM dengan hubungan ga jelas dan satu alasan dia yang bikin aku sedikit merasa gimana gitu.. : “ aku ga mau tika kaya D**** (eks pacarnya), pacaran trus pisah karena papa mau pindah tugas lagi ke bandung”. Yah alasan masuk akal yang bisa diterima, kenapa ga bilang dari awal coba, kenapa harus membuat saya “falling in love” kalo pada akhirnya ga bisa sama-sama.

Apapun itu, yang terpikirkan di benak hanya menjalani hubungan yang ada pada saat itu, menikmati masa-masa pacaran ala anak sma, meskipun hanya istirahat sama-sama, bisa anter jemput tiap ke sekolah atau anter jemput ke rumah temen atau bahkan kerja kelompok bersama.

Selanjutnya….
Berita kepastian pindah akhirnya datang juga dari cami, walopun udah tau sebelumnya, tetep aja kaget & berpikir  secepat itukah? Baru juga merasakan nyaman dengan seseorang, ada yang ngejagain & ngasih perhatian, selalu ada tiap kali dibutuhkan, eh dalam hitungan bulan udah bakal pindah. Sedih udah pasti, walopun masih kecil juga (16th) kalo udah ada rasa sayang kan pasti bakal mewek juga. Bulan-bulan terakhir dengan cami mulai diisi dengan ngedate berdua, pergi nonton & makan, sampe akhirnya di hari terakhir cami di Palembang. We have to make a decision, jelas ini keputusan terberat, putus atau?
Saat itu cami menyerahkan kepada saya keputusan apa yang akan diambil dari 3 pilihan yang ada, putus (1), tetap pacaran / pajero (2), saat bertemu status pacaran tapi diluar itu jalan masing-masing (3).
Ga Cuma itu, cami juga bilang:”tika tenang aja, aq ga akan secepet itu kok cari pacar lagi, aq juga masih sayang sama tika, kita coba dulu, kalo emang tika ga bisa ya tika bilang sama aku”.
Bingung & perasaan galau tidak menentu, gimana ga, besoknya dia berangkat, sorenya dia malah menawarkan pilihan yang memusingkan.
Belum ikhlas buat putus, tapi masih berpikir waras kalo hidup harus terus jalan, ya akhirnya dengan berat hati harus putus sesaat (hanya hitungan jam saja), malemnya nelpon cami dan bilang kalo saya belum bisa putus & memilih untuk pajero, menjalani hubungan mengikuti alur ntah kemana dibawa kedepannya.

(Kalo inget ini sekarang, jadi berpikir : pemikiran saya jauh banget ya kedepan, serius amat, padahal juga masih abg, masih kecil, masih panjang perjalanan ke depan, masih banyak bakal ketemu orang-orang baru yang mungkin lebih dari cami, tapi tuhan punya rencana lain yang lebih indah & saya telah dijodohkan dengan orang yang bernama R.Bagus Iwan Dwi Sudarmawan).


Pajero Dimulai…
Awal pajero sempet nangis bombai, apalagi si cami ngasih kaset lagunya Padi yang liriknya: “sebenarnya aku tak ingin berada disini, ditempat jauh yang sepi memisahkan kita, ku berharap semuanya pasti akan berbeda, meski tak mungkin menyatukan rasa itu lagi…”
Sempet mau nyerah juga, ga suka dengan perasaan dan keadaan yang bikin ga enak hati. Tapi cami tetep ngasih semangat yang begitu luar biasa, dan mungkin sayang yang tulus akhirnya kita tetep bisa bertahan sampai sekarang.

Hal-hal lucu selama pajero di tahun pertama adalah telpon. Maklum sekitar tahun 2003, secara masih anak sma dengan uang jajan yang pas2an ga punya cukup pulsa untuk sering-sering telpon, akhirnya si cami memutuskan menggunakan telpon rumah di waktu tengah malam (hahah), ya sebagai bentuk pengorbanan mau ga mau juga harus bangun tengah malam nungguin telpon cami.
Sampe akhirnya dapet kabar tagihan telpon rumahnya membengkak, heheh..cintaku berat diongkos judulnya.

Alhamdulillah meskipun ada cobaan bisa dilewati dengan baik tanpa masalah.
Mulai dari ada yang mau pdkt, temen sekolah sampe temen kuliah yang rela dijadiin sephia. Meskipun bisikan dari teman sekitar : “ udahlah tika, toh dia ga tau ini asal ga ngomong” atau “ ngapain mau sok2 setia, yang ada didepan mata aja jangan dianggurin” dll. Saya bukan tipikal orang yang mau menyakiti perasaan orang lain dengan mudah, menjalani hubungan dengan 2 orang sekaligus, secara tidak langsung akan menyakiti keduanya, disamping itu karma pasti berlaku.
Meskipun selama +/- 4 tahun kita pajero dan ga bertemu langsung hanya lewat telepon dan sms saja, rasa sayang tetap ada dan terjaga, kuncinya komunikasi & kejujuran. Baru beberapa tahun terakhir setelah saya bekerja dan masing-masing dari kita memiliki waktu luang banyak akhirnya bertemu kembali dengan perasaan yang tetap sama seperti tidak menjalani pajero (bedanya dulu dia kurus sekarang udah gendut banget2).


Kegalauan Melanda…

Selama menjalani hubungan pacaran, tidak semulus yang dibayangkan semua orang. Ibaratnya sayur tanpa garam bakal terasa hambar, konflik juga sering kali muncul selama kita menjalani pajero. Buat saya ini adalah hal yang wajar, yang terpenting bagaimana kita menyikapi masalah yang ada & mencari solusi yang terbaik. Cobaan juga terkadang datang dari dalam hati, terkadang merasakan keraguan untuk menjalani kehidupan kedepannya, sempat terlintas bener ga ya ni orang jodoh saya, takut untuk meneruskan lebih jauh lagi jika orang ini bukan yang terbaik dll., namun Alhamdulillah punya cami yang sabar & selalu menguatkan. Meskipun awalnya sempet merasa capek & kesal karena sifat cami yang terlalu overprotektif menurut saya, dan punya rasa cemburu yang sedikit berlebihan, apalagi setelah saya bekerja di lokasi yang hamper 95% isinya adalah laki-laki. Belum lagi cobaan dari sekitar yang menggoda iman (heheh..kalo yang ini factor eksternal, apalagi kalo bukan cowo yang mau pdkt). Dengan status saya yang sudah lebih dulu bekerja sekitar 5 tahun yang lalu dan cami masih mahasiswa, tidak menghalangi niat kami untuk menjalani hubungan serius kedepannya, punya mimpi indah membangun rumah tangga, dan masih banyak lagi.
Buat saya wajar cemburu, itu tandanya sayang, tapi kalo berlebihan juga kan bisa jadi ga enak di kitanya. Tapi terima kasih untuk kecemburuan itu, terima kasih untuk selalu sayang & menjaga kesetiaan selama +/- 10 tahun ini.


Ternyata dia memang jodohku

Alhamdulillah dan tak pernah berhenti bersyukur atas apa yang diberikan Allah kepada saya. Alhamdulillah, pacaran yang sudah dijalani sejak tahun 2002 lalu berakhir di pelaminan. Tepat tanggal 15 Desember 2011, keluarga Cami melakukan lamaran di Palembang. Meskipun tanpa dihadiri oleh kami berdua, dikarenakan masing-masing sedang bekerja. Awalnya lamaran direncanakan tanggal 11 Desember 2011, sehari setelah acara pernikahan Nia, namun karena kondisi teh yeni (calon kakak ipar) sedang sakit jadi diundur. Insya Allah jadi yang pertama dan terakhir. Saya berharap agar acara akad pada tanggal 21 April 2012 di Palembang & resepsi tanggal 5 Mei 2012 di Cimahi dapat berjalan lancar sesuai rencana. Tidak hanya itu, kehidupan rumah tangga kedepannya dapat menjadi sakinah mawaddah warahmah, diberikan keturunan yang saleh/salehah dan senantiasa diberikan rezeki & berkah yang berlimpah. Amien.



Share:

0 comments: