Saturday, October 5, 2013

Pengajian dan Syukuran 4 Bulanan


Sebenernya acara pengajian dan syukuran 4 bulan kehamilan jarang dilakukan di keluarga besar saya di Palembang, biasanya pada saat usia kandungan memasuki 7 bulan. Itupun hanya dengan berdoa bersama keluarga besar, dan makan-makan (silaturahmi keluarga). Beda halnya dengan tradisi yang ada di pihak suami yang merupakan campuran jawa dan sunda, adanya acara 4 bulanan dan juga 7 bulanan. Acara ini lebih kepada tradisi yang sudah biasa dilakukan di keluarga secara turun temurun. Acara pengajian  4 bulanan ini lebih kepada wujud rasa syukur kepada Allah atas ditiupkannya ruh ke dalam bayi yang ada di kandungan sang calon ibu, biasanya hanya diisi dengan pengajian dan doa bersama agar dilancarkan dan dimudahkan kehamilannya hingga proses kelahiran. Sedangkan acara 7 bulanan biasanya diikuti dengan siraman.

Alhamdulillah tanggal 28 september yang lalu, acara pengajian dan syukuran 4 bulanan kehamilan saya berjalan dengan lancar dan sederhana. Hanya mengundang ibu-ibu pengajian komplek dan keluarga besar suami, dan hal yang paling menggembirakan adalah hadirnya mama di bandung yang benar-benar bisa mengobati rasa kerinduan selama hampir setengah tahun cuma bisa contact via bbm,sms atau telpon (nasib anak rantau). Sebenernya menurut perhitungan dokter  usia 4 bulannya jatuh pada tanggal 19 September, cuma dikarenakan mama sibuk mempersiapkan keperluan ultah kakak bian (keponakan saya di Palembang) pada tanggal 22 September, jadilah acara 4 bulanan di bandung dimundurkan 1 minggu setelahnya.

Acara 4 bulanan kali ini dibuat sedikit berbeda, lebih tepatnya di combine antara 4 bulanan dan 7 bulanan, kenapa begitu? di acara 4 bulanan ini ada juga acara siraman, tapi siraman sendiri :D ga pake acara ritual khusus, cuma ada air yang udah dibacain doa aja sama ibu-ibu pengajian trus dikasih bunga-bunga warna warni gitu, plus makanan pelengkap rujak yang terdiri dari 7 buah-buahan yang berbeda.
Karena acaranya di combine, jadilah diputuskan untuk nyiapin souvenir buat ibu-ibu pengajian dan keluarga besar. Awalnya mau paketan handuk dan peralatan mandi macam hotel, tapi apa daya dikarenakan waktunya mepet dan sayanya juga masih mabok ga bisa muter-muter di pasar.  Ga cuma itu, yang awalnya niat mau dibungkus pake mika pun, udah keliling cibadak katanya udah pindah tempat, gitu juga dengan peralatan mandi macam hotel ga bisa beli dalam jumlah yang sedikit tetapi harus dipesan dan butuh waktu lama, plus lagi bordir handuk, jadilah souvenir yang disiapin cuma handuk ukuran gede.
Tetapi yang paling penting dari acara adat tersebut adalah doa dari semuanya buat kelancaran dan kemudahan kehamilan juga buat calon debay nya. Makasih ya ibu-ibu pengajian yang udah meluangkan waktunya buat ngedoain, makasih buat keluarga besar untuk doa dan perhatiannya. Dan terutama, terima kasih pada Allah atas semua anugrah dan rejeki yang sudah dipercayakan kepada kami, semoga selalu diberikan kesehatan dan kekuatan, diberikan kemudahan hingga waktunya. Amin.




Thanks to: RM Berkah-Pasar atas cimahi (lunch box), Piyo-piyo pasar baru (Souvenir Handuk)
Share:

2 comments:

Unknown said...

Sekedar share bagi yang butuh file buku pengajian empat bulanan..
4pri.blogspot.com/2014/06/buku-pengajian-empat-bulanan-free.html

Syukuran 4 Bulanan said...

Nah itu dikomentar terakhir ada yang membagikan buku doa syukuran... monggo yg minat..