Sunday, February 23, 2014

Makin deg-deg

Memasuki usia kehamilan 36 minggu, akhirnya setelah istikharah dan minta pendapat ke keluarga diputuskan buat kembali ke obgyn lama. Suami pun memang sudah sedari awal maunya lahiran di rs santosa, dengan catatan pola makan kedepannya harus "sedikit maksa, ga boleh sesukanya" sama kaya yang dikuliahin obgyn baru.

Well, setelah comeback ke obgyn lama, mulai direkam jantung debaynya biar tahu detak jantung sama keaktifan si debay didalem perut. Ga cuma itu, kenapa selama ini si dokter nyantai aja sama hb karena masih liat data lab lama yg nunjukin hb nya 11,9. Setelah diceritain hasil lab akhir nunjukkin angka 9.8, dokter ga kaget-kaget amat, malah santai banget, nanya diresepin obat apa trus cuma bilang ya ga apa-apa, kalopun knapa-knapa juga paling transfusi darah itu juga dalam kondisi tertentu ga semua ibu hamil yang hbnya rendah ngalamin begitu. Sempet takut juga sih tapi untungnya penyampaian dokter robert ga bikin down & takut (this is what i need, semacam sedikit kelegaan, harapan juga, maklum mendekati waktuny jadi banyak deg-deg ser gimana).

Alhamdulillah berat utun udah 2,8 kg. Ga nyangka juga sih udah secepet itu padahal jaraknya baru 2 minggu dari kontrol akhir udh hampir 1kg aja naeknya, pesen dokter cuma kurangin gula aja. Senengnya lagi posisi dan kondisi utun semuanya bagus, dokter bilang bisa normal. Jadi semangat deh, malah dokter nyaranin buat normal biasa aja tanpa ila biar bisa ngerasain lahiran, jangan pernah takut apalagi denger cerita orang yang kebanyakan bilang melahirkan normal itu sakit, sedikit menyemangati diri, thanks dok!!

Minggu depan status udah siaga, hasil teken perut di minggu ke 37, kepala debaynya udah turun udah ada di pintu panggul, biar cepet masuk kepanggul disaranin jalan kaki tiap pagi selama 20 menit tanpa henti. Lumayan capek juga sih setelah dicoba apalagi dengan perut yang makin membesar. Ga cuma itu dokter juga nyaranin senam hamil, ga lama waktunya sekitar 30menit, termasuk nonton video senam plus ikut instruksi dari perawatnya, kalo yang ini sih buat bantu pernafasan pas lahiran ntar. Berhubung gerakannya gampang dan sebentar jadilah sering senam sendiri dirumah, cuma gabung kelasnya tiap sabtu jam 10 pagi aja di rs santosa. Semoga ikhtiar ini memudahkan persalinan normal sesuai dengan waktunya, lancar dan nyaman. Amin yra.

Share:

0 comments: