Sunday, April 27, 2014

Bulan kedua - tara

Memasuki bulan kedua ini, batpilnya tara masih belum sembuh, tapi alhamdulillah udah lebih mendingan ketimbang sebelumnya, walopun abis mimik terkadang masih muntah berlendir yang sebagian kalo diperhatiin berwarna kehijauan seperti dahak. Aktifitas jemur tiap pagi (cuma punggung doank) masih rutin dilakuin, tujuannya ya biar bisa sedikit membantu penyembuhan batpil tara, dari web2 parenting yang dibaca sih katanya hangat sinar matahari pagi jam 7-8 bisa membantu pengenceran dahak dan pernapasan. Kasian banget kalo malem suka gelisah tidurnya, nafasnya engap. Jangankan bayi, kita yang udah gede aja kalo udah batpil pasti ga enak banget, apalagi kalo idung mampet.

Ga cuma batpil, memasuki akhir bulan kedua ini, tara kena infeksi liang telinga. Ntah karena terlalu sering dibersihin atau terlalu masuk cotton bud nya (padahal pake yang jenis barbel yang ga masuk full tertahan di pangkal lubang telinga) atau apa. Berawal dari daun telinganya yang berair, begitu diliat liang telinga juga ada kotoran berwarna putih basah, pantes aja beberapa hari tara sering garuk-garuk telinganya, mungkin karena gatal. Tapi bisa jadi juga karena sering digaruk-garuk daun telinganya berair lagi. Kenapa begitu?? Terakhir setelah coba dikeringin daun telinganya pake tisu, tara dibedong biar ga garuk-garuk dan alhasil daun telinganya tetap kering sampai pagi, tapi bagian liang telinganya masih terlihat basah. Kesalahan selanjutnya adalah, liang telinga yang basah itu masih dibersihin pake cotton bud, yang ada malah menumpuk kotorannya. Udah sempet panik takut kenapa-kenapa, kan telinga alat pendengaran dan bisa berdampak fatal kalo ga cepet diobatin. Langsung googling deh, dari info yang didapat kalo terkena infeksi biasanya ditandai dengan panas tinggi, nah ini tara badannya sehat dan normal aja, jadi agak sedikit lega, tapi teteup untuk make sure akhirnya diputuskan ke dokter tht di rs santosa (dengan dr lisa, tampilannya sih sekitar 40an, agak kurang komunikatif jadi harus kitanya yang aktif tanya-tanya). Setelah diperiksa dokter, ketahuan kalo tara infeksi liang telinga, penyebabnya bisa jadi karena dibersihin, bisa juga karena batpil dan menyumbat saluran eustacius. Alhamdulillah banget cuma di liang telinga ga sampe ke telinga dalem (gendang telinganya). Menurut dokter, infeksi pada telinga ada juga yang tidak menyebabkan panas, kotoran yang menumpuk di liang telinga tara merupakan kotoran basah dari sebelumnya yang semakin terdorong masuk ke dalam akibat pembersihan dengan cotton bud. Untuk bayi tidak perlu dibersihkan sampai kedalam telinga, cukup bagian luarnya saja. Diresepin obat tetes telinga campuran h2o2 yang dipakai 2× sehari. Cara pakai obatnya ditetesin ditelinga sampai penuh & berbusa lalu posisi telinga dimiringkan ke arah sebaliknya agar kotoran yang ada keluar, setelah itu sisa air/busa dari obat tetes bisa dikeringkan dengan tissu. Alhamdulillah setelah 2 hari diobatin daun telinganya udah bersih dan sisa kotoran di liang telinga mulai berkurang dan mengering. Tadinya kata dokter kalo pake obat tetes telinga h2o2 ga mempan ya mau ga mau harus diobatin pake obat tetes antibiotik, tapi saya kekeuh di awal minta obat selain antibiotik aja. Jadi pelajaran deh buat ibu-ibu yang punya anak bayi, ga perlu bersihin telinga bayi sesering, sebersih, sedalem mungkin karena dampaknya bisa bahaya banget.

Lain tara, lain lagi mamanya, kondisi saya sempet nge-drop di akhir bulan kedua ini, tiba-tiba mendadak kena flu dan badan sedikit panas. Cuma diobatin dengan vitamin imboost dan makan panadol. Untuk istirahat ya jangan diharap, karena tiap malem harus begadang terus walopun ngantuk dan pusingnya luar biasa, eh pas siang malah ga bisa tidur. Sempet mewek juga, palagi malam itu pas banget papanya tara balik ke jakarta, sendiri deh, walopun mertua bantu buat ngurusin tara ya tetep aja ga enak, suka merasa gimana takutnya nyusahin, ngerepotin, prinsipnya selagi masih bisa sendiri ya dikerjain sendiri. Bismillah dan berdoa terus supaya dikasih kesembuhan. Alhamdulillah tara ga ketularan panasnya. Dari info yang dibaca dari mbah google, busui yang batpil masih tetep bisa nyusuin, karena penyakit ga akan tertular lewat asi, justru asi adalah antibodi buat si debay. Yang menjadi penyebab tertular biasanya dari interaksi dengan bayi. Beberapa cara untuk mencegah penularan dengan menggunakan masker (kalo sakitnya ga parah banget ya dan harus ngurus anak sendiri) atau pemberian susu dengan asip (kalo takut nularin ke anak pas kasih dot susu ke debay, diperlukan bantuan orang lain, jadi kita bisa full istirahat).

Dibulan kedua ini, pupnya juga mulai jarang, paling cepet 3 hari sekali, paling lama 5 hari. Bentuk pupnya udah ga kaya bulan lalu yang cair (ups, maaf ya sedikit jorok bahasannya, heheh) tapi udah mulai sedikit ngerasin (lembek kalo kata orang palembang). Udah gitu kentut mulu yang super bau, heheheh, mungkin efek ga pup kali ya. Awalnya sempet bingung juga takut sembelit, setelah googling ternyata hal yang wajar kecuali udah 2 minggu ga pup baru masalah. Dan dari web parenting yang dibaca, yang menyebabkan pup nya lama antara lain efek zat pada asi yang bersifat pencahar sudah mulai berkurang. Pup yang walopun udah hampir 1 minggu ga keluar bentuknya tetep lembek, ga keras sama sekali.

Kontrol ketiga tara ke dokter, pas di usianya 2 bulan adalah untuk imunisasi bcg. Mungkin sebagian besar sudah banyak yang tahu imunisasi bcg biasanya dilakukan di lengan tepatnya beberapa cm dibawah pundak dan menimbulkan bekas seperti bekas luka berbentuk bulatan kecil, tapi ada juga sebagian yang ga berbekas dan saya salah satunya. Menurut dokter, berbekas atau tidaknya suntikan bcg tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing bayi, jadi kalo ga berbekas ya ga perlu diulang. Imunisasi bcg saat ini bisa dilakukan di 2 tempat yaitu lengan atas atau pantat, biasanya bekas luka suntikan bcg dipantat bentuknya jauh lebih besar ketimbang di lengan. kalo tara, sabtu yang lalu diputuskan suntik di lengan, salah satu pertimbangannya adalah setelah disuntik bcg, area tersebut tidak boleh kena air 24 jam, jadi kebayang kan kalo dipantat terus dia pipis/pup, who knows kena air. Untuk suntikan yang berbekas, biasanya bekas luka akan muncul dalam waktu 6-8minggu setelah bcg, kalo lewat dari itu ya berarti ga berbekas. Jadi silahkan dipilih sendiri maunya dimana ya bu ibu baru :)

Sekalian imunisasi ke dokter, sekalian tanya-tanya juga deh tentang kesehatan anak yang lain. Diantaranya lidah tara yang putih, menurut orang baheula sih karena emaknya suka makan dan minum panas, tapi anehnya saya ga ngelakuin hal tersebut tapi lidah tara masih putih, kalo kata dr. Ariantana, lidah putih itu sisa asi yang menempel, ga perlu diobatin pake apa-apa nanti juga hilang sendiri. Yang kedua kulit tara muncul bintik merah dan bruntus, kepalanya juga ada biang keringat, menurut perkiraan sementara dokter, tara ada alergi tapi alerginy sendiri belum bisa diketahui setelah umur 2 tahun baru bisa tes alergi. Orang tua bayi yang memiliki riwayat alergi, hampir 80% akan berpengaruh ke anak, bisa jadi alergi yang sama atau alergi yang berbeda. Hiks, ga tega liatnya, tidur suka ga nyenyak karena sibuk garuk-garuk muka, kepala, telinga dan bukti nyata alerginya itu ya daun telinga yang digaruk menjadi berair dan airnya masuk ke liang telinga menyebabkan infeksi liang telinga :( anehnya cuma di area kepala aja, sama seperti waktu tara baru lahir mukanya full merah. Oh ya untuk biang keringat, dokter hanya menyarankan dijaga agar kepalanya tetap kering ga perlu diobatin dengan salep / bedak.

Bulan kedua ini berat tara udah 5,2 kg dan panjangnya 56,5cm. Alhamdulillah, sehat terus ya nak. 2 minggu dari suntik bcg, jadwal imunisasi selanjutnya adalah combo (dpt, polio dan hepatitis) yang katanya sih menyebabkan panas, semoga tara kuat :) amin.

Share:

0 comments: