Wednesday, April 23, 2014

Bulan pertama

Alhamdulillah udah melewati bulan pertama sebagai ibu baru dengan lancar. Di akhir bulan maret yang lalu, tepatnya tanggal 29 maret dilaksanakan aqiqah dan marhabah putri pertama kami. Acaranya berlangsung sederhana, sama seperti pengajian 4 bulanan kehamilan, hanya mengundang ibu pengajian dan keluarga dekat. Setelah selesai acara aqiqah, tara langsung digundulin dan disunat sama bu bidan yang di minggu pertama bantuin mandiin setelah keluar dari rs, maklum belom berani mandiin soalny puput pusernya / udel belom lepas.
Tepatnya di hari ke 9 akhirnya puput juga, baru berani deh mandiin sendiri. Hehehehe.

Ngomong-ngomong soal gundulin kepala bayi, sebenernya bukan hal wajib, tapi ntah mengapa udah menjadi tradisi dikeluarga saya dan suami kalo bayi yang abis di marhabah itu harus digundulin. Selepas digundulin, tara disunat, saya sempet mikir ada sesuatu yang dipotong dibagian kemaluan bayi ternyata sunat bayi perempuan itu cuma dibersihin pake kasa yang diolesin betadine, setelah itu di bagian dalem kemaluannya di sentuhin sama jarum steril dari alat suntik.

Seperti kebanyakan bayi baru lahir lainnya, tara juga ngalamin ruam popok, awalnya banget gara-gara telat ganti diapernya pas acara marhabah dari pagi - sore, yang ada pantatnya jadi merah dan muncul bruntusan, hiks. Pertama diobatin pake cussons cream ga mempan, dicoba pake sebamed baby cream agak mendingan tapi masih ruam ga ilang total, terakhir nyobain bephaten. Awal pemakaian malah makin parah ruamnya, tapi dihari kedua mulai berkurang cuma dibagian belahan pantat,eh pas kemaren kelamaan ganti diaper mulai muncul banyak lagi, hiks. Akhirnya pemakaian diaper dikurangin dan diganti sama popok kain biasa,emang agak rempong tapi demi ngurangin ruamnya ya dicoba aja.

Sedikit tips cuci popok yang kena pipis adalah dengan merendamnya di air biasa lalu bilas kembali sebelum direndam dengan deterjen, tujuannya agar popok atau kain bedong ga menimbulkan bau yang ga enak setelah kering. Ini pengalaman yang lalu pas cuci popok langsung direndem deterjen eh yang ada pas kering baunya ga banget, hehehe.

Kontrol pertama tara, beratnya udah 4,3kg dan panjangnya 55cm, it means udah nambahin 1,2kg dari kontrol sebelumnya. Alhamdulillah, yang sehat terus ya anak mama. Bulan pertama ini tara imunisasi hepatitis b lanjutan dari imunisasi hepatitis pertama pas baru lahir. Senangnya lagi sekarang tara udah bisa bersuara, bisa ketawa, kaya yang ngerti kalo diajakin ngomong, nangisnya pun udah ada nada sendiri kalo pas pengen mimik, pas pengen digendong manja.

Share:

1 comments:

Meutia Halida Khairani said...

duhh jadi sirik deh.. sehat terus ya Tara..