Tuesday, April 8, 2014

My first experience in breast feeding

Jadi ibu merupakan pengalaman pertama yang luar biasa buat saya, meskipun ga bisa full imd karena melahirkan secara secar, alhamdulillah masih bisa kasih asix buat putri pertama kami. Pertama kali nyusuin anak di hari kedua, itu juga dalam kondisi tiduran dan dibantu sama suster.  Kenapa dihari kedua, karena hari pertama saya masih pemulihan pasca secar dan belum bisa banyak gerak. Disamping itu saya emang kekeuh bilang ke suster ga kasih sufor ke anak, karena bayi baru lahir itu punya cadangan makanan 2-3 hari. Pertama banget sempet mikir ini asix cukup ga ya buat si bayi. Menurut dokter, cukup tidaknya asi kita bisa keliat dari pipis dan pup anak. Selama 3 hari di rs, pupnya masih berwarna hijau tua kehitaman, itu merupakan hal yang normal, setelah menyusui beberapa hari akan berubah menjadi kekuningan.

Awal menyusui masih kaku, apalagi kalo disebelah kanan, maklum busui baru jadi belum terbiasa. Asi yang keluar juga belum begitu banjir tapi alhamdulillah cukup menuhin kebutuhan debay. Pengalaman beberapa busui yang mengalami lecet puting juga saya alami, tepatnya setelah 1 minggu. Obatnya cukup dengan asi yang diolesin setelah menyusui, beneran loh, it works! Lecetny jadi kering. Di minggu kedua baru mulai enakeun nyusuinnya, posisi tangan dan badan juga mulai terbiasa cuma perut bagian bawah bekas secar masih berasa ga enak, ditambah lagi sakit punggung. Tapi harus tetep semangat nyusuin debay. Alhamdulillah masuk minggu ketiga rasa nyeri dan sakit punggung udah mulai berkurang, mungkin juga karena dibantu pijat rutin tiap minggu sama teh siti. Ga cuma itu produksi asi pun lancar, walokata belum banjir tapi udah sering keluar sendiri tanpa dipijat / ditekan aerolanya sebelum nyusuin.

Oh ya dikarenakan pada saat keluar rs, kadar bilirubin debay 10 hampir mendekati angka maksimal 12, jadilah debay masuk dalam kategori sedikit kuning, tapi untungnya ga dirawat, dokter anak cuma nyaranin dijemur tiap pagi dan banyak dikasih asi. Jadi kalopun ga nemu matahari tiap pagi buat jemur debay, masih ada alternatif lain yang bisa dilakukan, menyusui sesuka bayi dan setiap 2 jam sekali maksimal jika bayi belum menyusui ya harus disusuin, walo tidur juga harus dibangunin. Semakin banyak asi yang masuk ke tubuh bayi, semakin banyak 'kotoran'yang keluar melalui pipis dan pup, akan berdampak pada normalnya kondisi tubuh bayi.

Ngomong-ngomong soal bangunin bayi yang lagi enak banget tidur, ternyata awalnya susah-susah gampang, saya dan suami sempet bingung, udah kakinya diklitik-klitik, diganggu-ganggu masih aja anteng, akhirnya cara terakhir yang dipake adalah dengan nelanjangin debay dengan tujuan biar berasa dingin, ga nyaman dan akhirnya bangun deh. Hahahha, maaf ya nak :D

1 bulan pertama, dan sekarang pun udah lewat 40 hari jadwal tidurnya tidak tentu dan ga bisa ditebak. Terkadang 3 hari berturut-turut jadwalnya begini, eh besoknya udah begitu, malah semenjak kena batpil lebih kurang 2 minggu lalu sampe sekarang *hiks,  begadang tiap malem dan hampir tiap jam nangis minta mimik.  Get well soon ya anak mama :*

Pengalaman di bulan pertama diatur paksa setiap 2 jam sekali mimik, namun setelah kondisi bayi normal (ga kuning), tepatnya memasuki bulan kedua, jadwal mimiknya ga diatur paksa lagi, jadi ngikutin kemauan debay aja, sama liat perutnya kalo udah agak ngempesin dan udah lebih dari 3 jam ga mimik ya disusuin, tapi alhamdulillah ga pernah sampe lama, mungkin di bulan pertama sering diatur mimik jadi sampe sekarang pun ga pernah lebih dari 3 jam. Dan di salah satu artikel yang saya baca, seiring pertambahan umur bayi, jadwal menyusui akan berkurang namun durasinya setiap menyusui bisa berlangsung lama. Tapi kok ya ini nambah hari mimiknya sebentar-sebentar tapi tiap 1 jam udah minta mimik lagi *tepok jidat. Biasanya 1 bulan pertama, mimiknya 15-20menit setiap 2 jam sekali, nah sekarang 10 menit trus bobo eh 15-30 menit kemudian udah minta mimik, kayanya sih ngerjain kali ya, kenapa ga sekaligus 30menit aja nak mimiknya biar bobonya juga agak lama, heheheh *lagi mikir kapan ya jadwal tidur malemnya mulai ngikutin kita atau maksimal cuma 2-3 kali bangun, bukan apa-apa sih tapi kalo jadwal begadang malem itu beneran ngantuk banget, baru mo tidur eh debaynya udah nangis minta mimik, anehnya kalo siang bisa melek total ga ngantuk-ngantuk, bener-bener diuji sama alloh ini bisa sabar atau ga dititipin amanah, heheheh, kebayang deh orang tua kita jaman dulu seperti apa capeknya.

Untuk memperlancar asi, dokter ngasih vitamin lactafit yang diminum sehari 3 kali untuk 2minggu. Bersyukurnya lagi punya suami yang juga pro asix, malah sampe dibeliin susu khusus busui. Beberapa tips yang didapet untuk memperlancar asi dari para tetua dan juga milis parenting adalah banyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi, perbanyak makan sayur dan buah (biasanya saya konsumsi labu siam /walu dan katu yang kata orang tua dulu bisa perbanyak asi), rajin massage payudara minimal 2 hari sekali pas mandi dan setelahnya dikompres air hangat, rajin nyusuin dikedua payudara secara bergantian, dalam arti ga harus 15menit / dikasih patokan waktu  di kanan trus ganti ke kiri, yang penting kalo sebelumnya mimik di kanan, jadwal selanjutnya mimik disebelah kiri. Dan yang ga kalah pentingnya adalah yakin dan selalu berdoa biar kita bisa memberikan asix untuk debay.

Selamat menyusui, hidup asix!!!!!
Semoga bisa lancar asi sampe 2 tahun ya alloh, amin yra.

Share:

0 comments: