Wednesday, December 12, 2012

Aquascape

Project weekend kali ini berhubungan sama kesukaan suami dengan aquarium dan segala isinya. Sebenernya suami udah sejak lama pengen punya aquarium di kamar, karena seneng dengan suara gemericik air, ikan-ikan kecil dan tanaman hidup lain didalamnya. Sekarang lebih dikenal Istilah kerennya "Aquascape", aquarium yang didalamnya terdapat batuan, kayu-kayuan, binatang (ikan, udang, siput) dan tanaman hidup lainnya (rumput dsj). Awalnya saya sempat kurang setuju, karena di  samping ruang makan sudah ada kolam ikan, bahkan di lemari belakang pun sudah terpasang mini aquarium. Ternyata setelah googling tentang Aquascape dan muncul gambar-gambar yang sungguh cantik dan natural itu, akhirnya jadi tergoda, malah saya yang lebih ngebet pengen aquascape-nya cepet jadi :)

Kegiatan di setiap weekend mulai diisi dengan hunting-hunting perlengkapan Aquascape. Mulai dari Ace hardware sampai ke toko-toko khusus aquarium di pasar. Pilihan aquarium jatuh pada merk Boyu keluaran china, selain harganya yang cukup terjangkau, beberapa aksesoris pelengkap keluaran merk ini pun cukup banyak dijual di pasaran.

Karena aquascape isinya benar-benar binatang dan tanaman hidup, otomatis aquarium pun harus diatur pencahayaannya (disini diperlukan timer untuk lampu, bisa dibeli di Ace Hardware atau toko listrik). Awalnya sempet bertanya ke suami, kok harus begini kok harus begitu, ternyata untuk Aquascape diatur pencahayaan agar tanaman dan binatang hidup didalamnya mendapatkan cahaya yang cukup (kurang lebih seperti pencahayaan matahari di waktu siang dan malam). Selain itu, juga diperlukan CO2 yang harganya juga cukup menguras kantong. Tanah berpupuk, rumput asli berbagai jenis sesuai keinginan, udang dan siput pemakan lumut, kayu dan batuan alami untuk mempercantik dekorasi aquascape.
Ini penampakan "mentah" dari project weekend kami, dikarenakan masih banyak kesibukan yang lain jadi masih tertunda, padahal sebagian peralatan & perlengkapan sudah ada. Semoga berhasil, jadi ga sabar deh :)


 
sejenis kayu-kayuan asli yg nantinya bakal nongkrong dikotak aquarium

CO2 tablet, difuser, filter dkk

Timer for lamp

Just wait for my next posting ya... :)

Share:

0 comments: