Monday, November 28, 2011

Sejuta cerita di Seoul

Bisa dibilang, mungkin saya orang tercepat yang langsung nge blog after holiday..hehe..soalnya udah ga sabar berbagi cerita dengan teman2 yang laen.
Selama perjalanan liburan saya di Seoul, banyak cerita lucu, menarik dan hal-hal aneh yang ditemui. Kalo kalian kesana juga pasti kalian akan mengalami hal yang sama seperti saya dan teman2 trip Claudia.

Apa aja sih yang aneh, lucu, unik dan menarik disana?? Check it out..
  1. Keamanan. Mungkin salah satu faktor tingkat kesejahteraan masyarakat Seoul yang sudah merata kali ya sehingga tidak ada masyarakat sana yang melakukan tindakan kriminal yang sangat parah seperti di Indo. Bukti nyata selama kita di Seoul, walopun kita hampir tiap hari pulang telat sekitar jam 1-2 pagi, jalanan disana aman-aman saja, masih banyak toko2 dan tempat2 yang buka 24 jam, ada juga orang yang masih beraktifitas tengah malam disepanjang jalan yang kita lewati. ga ada tuh cerita orang mabok / anak jalanan yang ngegangguin. Udah gitu pager tempat penginapan kita malah ga dikunci / digembok sama sekali, padahal pintu ruang bawah receptionist & kamar dormitory ga terkunci. Di receptionist bawah pun ada 2 komputer lengkap sebagai fasilitas bagi turis yang menginap, dapur dengan peralatan lengkap mulai dari kompor, kulkas,microwave,dll. Ga cuma itu aja, pengalaman waktu kita makan di kfc, cewe korea yang sedang memesan makanan dengan santainya meninggalkan tas, dompet & hape nya di atas meja, padahal di sana lagi rame2nya orang. Coba kalo di ***** udah lenyap dalam htgn detik.
  2. Keindahan alam & Kebersihan. Intinya ga ada tempat yang ga bagus untuk jadi latar belakang foto, mulai dari pemandangan alamnya yang subhanallah sangat-sangat bagus, gedung2 pencakar langit dan lingkungan sekitar yang menggiurkan diri untuk menjadi narsis. Sungguh negara & kota yang indah & bersih. Sepertinya pemerintah South Korea benar-benar mendukung kegiatan tourism yang ada di Seoul, mereka tetap mempertahankan beberapa rumah-rumah lama khas korea peninggalan bersejarah di tengah gedung pencakar langit yang tinggi untuk dapat dinikmati tidak hanya oleh masyarakat Seoul tetapi juga seluruh turis mancanegara.
  3. Makanan dan Minuman. Jenis makanan berat / ringan disini banyak macamnya, namun tetap saja karena lidah saya sudah terbiasa dengan rempah2 masakan Indonesia, jadi apapun yang dimakan masih berasa kurang pas nikmatnya. Karena kita menghindari makanan yang mengandung babi, jadi selama tour yang dikasih adalah ayam & sea food. Mulai dari bulgogi, chicken galbi, toppokki, bibimbap, kimbap, dan makanan2 lain yang lupa namanya dengan kuah berwarna merah ga terlalu pedas (cuma rasa bawang putih & daun bawanya aja yang kuat). Di setiap tempat yang kita kunjungi pasti menyediakan acar lobak/kecambah dan kimchi sebagai pelengkap makanan. Rasanya?asem & buat yang ga suka bawang pasti bakalan muntah. Makanan yang dijual di resto daerah Itaewon pun demikian, walopun rasanya agak ke timur tengah tapi tetep aja hambar. Mungkin karena ga pake penyedap rasa kali ya, hehehe.Minuman gratis yang disediakan adalah air putih. Dikarenakan kondisi cuaca memasuki winter, air putihnya jadi dingin (ya kaya baru dikeluarin dari kulkas gitu). Tapi di tiap tempat disediakan hot water kok, tinggal minta aja ke ahjumma yang jaga. Setiap kali botol minum abis, ahjummanya langsung merespon dengan cepat & mengganti dengan botol minum baru berisi air penuh.
  4. Gaya hidup & Kebiasaan. Banyak hal yang membuat saya kagum sekaligus keheranan dengan apa yang masyarakat Seoul lakukan. Salah satunya adalah kebersihan, selesai makan di kfc, masyarakat sana langsung mengangkat sampah kertas / plastik pembungkus / paper glass dan membuangnya ke tempat sampah yang sudah disediakan. Udah gitu, kebiasaan masyarakat sana melahap makanan dengan cepat, bahkan dalam kondisi yang panas sekalipun, klo kita mah kudu ditiup2 dulu yak? Masyarakat disana juga terbiasa berjalan kaki dengan langkah yang cepat, biasanya pas weekend semua pada jalan-jalan, jadi jangan heran kalo udah hari sabtu pasar & jalan begitu ramai, sebagian mereka juga (yang udah tuir2, ahjussi/ahjumma) menghabiskan waktu mereka dg trekking di gunung. Hebat euy, wajar aja fisiknya masih kuat walopun udah berumur. Tapi anehnya ya, muka orang sana kebanyakan terlihat lebih tua ketimbang umurnya, ntah kenapa. Masyarakat disana juga ramah-ramah kok, jadi berasa di negeri sendiri walopun terkadang harus berkomunikasi dengan bahasa isyarat, heheh. Selanjutnya adalah anak-anak. kenapa sama anak2? sepertinya anak-anak di Seoul mulai dari tk sudah diajarkan untuk mengenal sejarah, mereka pun dibiasakan diajak bermain & belajar dengan mengunjungi museum dan bangunan bersejarah lainnya di Seoul. Mereka dilatih untuk berjalan jauh mengitari bangunan bersejarah. Wajar aja kalo banyak orang2 dewasa di Seoul yang ga cape / pegel & hobi banget trekking, karena dari kecilnya udah dididik demikian.
  5. Kemesraan. Disini ga ada tuh istilahnya malu-malu kalau lagi bermesraan di jalan, di escalator, di elevator, di lampu merah atau di setiap sudut tempat. Mungkin karena sudah masuk pengaruh barat kali ya, jadi masyarakat disini menganggap kalau berpelukan, berpegangan tangan, bahkan berciuman ditempat umum adalah hal yang biasa. Contoh nyatanya, pada waktu saya dan teman2 ke Dongdaemun untuk belanja, kita udah nemu 2 pasangan yang dengan santainya kissing2 ditengah jalan, ampe bunyi pula (wakakak...kita cuma bisa saling ngelongo kaya orang bego, beda banget sama drama2 korea yang sopan abis & tidak mengumbar kemesraan yang berlebih,heheh). Udah gitu di mall pun juga sama, di eskalator sempet2nya ya didepan orang rame, terutama tepat di depan saya posisinya, geleuh2 dah ngeliatnya, kalau di Indo mah udah digebukin orang sekampung kali yak?heheh. Tapi ya apapun itu bentuknya, tiap orang punya hak kok untuk bermesraan, asal dalam batas yang wajar & tidak merugikan orang laen :), bicara soal mesra, ternyata cewe2 korea kayanya punya tingkat kecemburuan yang cukup tinggi, gimana bisa??kebukti pas kita naek subway, eh ada cowo yang ngeliatin kan..trus lgsg disikut aja ama cewenya, trus ga ngebolehin cowonya duduk disebelah kita..lucu kali ya, kejadian yang kita liat ga cuma itu, pas di mall waktu nawar belanjaan sambil ngerayu si oppa, eh diliatlah ama si cewe langsung dg tampang serem dy bilang : ande oppa!!trus kita diusir pergi sama tuh cewe, go!!.ngabur dah kita..
  6. Fashion. Wah ini yang paling penting & pastinya banyak yang pengen baca, kenapa? gimana ga, sekarang Seoul udah jadi fashion trendsetter dunia, beti ama jepang dan mungkin bisa ngalahin Paris yang terkenal akan fashion style nya. Cuma bisa bilang : Kerennnnnn. Selama di Seoul ga nemu orang Cupu, sekalipun tampangnya ga oplas & asli korea tapi gaya pakaiannya tu loh..keren banget, jadi ketutup deh muka jelek tuh orang. Ga cuma itu, anak-anak kecil disini pun udah terlihat modis dalam berpakaian, mungkin juga efek dari emaknya yang udah dari sejak lahir dibikin modis ama ibu,nenek,nenek buyut, dan nenek moyang sebelum2nya. Sampe mikir sendiri, kok bisa ya ni orang pada keren begitu?? Mupeng banget dah. Di Seoul juga banyak beberapa pasangan yang pake kaos pasangan yang lucu2, yah kalo ini sih di Indo juga udah mulai banyak kali ya. Trus oppa2 ganteng disini biasanya ga cuma pake tas model ransel aja tapi juga tas tangan / tas jinjing kaya di drama2 korea itu loh, ada beberapa dari mereka yang dengan santainya malah ngebawain tas jinjing punya sang pacar. Karena sedang memasuki winter, pakaian yang dijual rata-rata berupa coat tebal, mantel bulu2, sweater, stocking tebal, syal, boots dan perlengkapan musim dingin lainnya. It means bahwa saya Gagal shopping baju, bis ga akan kepake di Indo :( Selanjutnya...Satu hal yang membuat saya bisa bilang : dress to killed, kenapa??kita yang udah pake baju berlapis2 dan udah rasa beku, eh disana cewe-cewe dg santainya pake rok pendek, stocking tipis, baju tangan panjang. Ga cuma itu, sepatunya juga rata-rata boots ber sol tinggi, herannya meskipun jalan sejauh2nya mereka ga berasa capek, kita yang pake flat boots aja udah ngeluh kesana kemari kecapean. Ya mungkin karena mereka memang sudah terbiasa dengan 4 musim berbeda di Seoul & aktivitas disana.
  7. Transportasi. Disini banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk menjelajah Seoul, seperti taksi, bus, dan subway. Selama perjalanan di Seoul ada beberapa kali kita menggunakan taksi & subway. Soal harga cukup murah. Untuk subway harga tiket untuk single journey 1500won, udah termasuk deposit 500won yang bisa direfund di mesin terpisah (ga kaya di Mrt singapore dalam 1 mesin yang sama). Caranya?gampang banget, malah ada b.inggris jadi kita ga akan kesulitan. Bisa juga kalo ga mo repot beli Tmoney card seharga 2500won & harus diisi ulang saldonya. 22 nya ada plus minusnya. Kalau untuk yang ga lama di Seoul mending beli yang single journey aja. Di subway ga seketat aturan mrt spore, boleh minum,makan,foto,dll, walopun gitu tempatnya tetep bersih. Ngomong2 soal alat transportasi lainnya, harga taksi disini juga ada 2 waktu, pagi sampe malem dipasang argo normal, tapi kalo udah jam 12 malam ke atas bisa 2x lipat, bahkan ga berargo. Tapi pengalaman kita selama disana ga kedua2nya, walopun udah pulang jam 1 malem dari dongdaemun harganya cuma beda 1000won karena jaraknya yang memutar. Soal kecepatan??jangan ditanya, ngebut pisan bikin serasa kaya lagi di rally. hehe..Sebagian dari supir taksi disana ada yang pernah bekerja di Indo & bisa sedikit berbahasa Melayu. Cara naik taksi di sana, pertama kita tunjukkan alamat tujuan dalam huruf hangeul, setelah dia bilang ok & bisa, baru kita naik ke taksinya, jangan masuk dulu baru bertanya.
Sebenernya masih banyak lagi hal menarik yang saya jumpai di Seoul, rasanya ingin lebih lama disana & membagikan cerita yang lebih banyak, namun apa daya karena kondisi waktu & keuangan yang tidak memungkinkan, heheh, akhirnya harus kembali ke tanah air, tapi saya akan selalu bermimpi & berusaha mewujudkan mimpi saya untuk dapat menikmati keindahan Seoul dalam 4 musim yang berbeda. Amien.
Share:

0 comments: