Friday, November 25, 2011

SEOUL - Part 2

Day 1 - 15 November 2011
Jakarta-Kuala Lumpur for transit-Seoul

Perjalanan menuju seoul dari Palembang dimulai tgl 14 november 2011, aku dan irin (salah satu peserta tour asal palembang) dengan last flight GA menuju ke Jakarta. Sesampainya di Jakarta, kami menginap di hotel Huswah transit Bandara dengan rate 200rb/malam yang dipesan lewat Agoda karena telpnya susah dihubungi, padahal kalo dateng langsung ditempat harganya lebih murah (Akan dibahas di postingan terpisah). Tadinya ditawarin mba Sha yang juga salah satu peserta tour untuk nginep dirumahnya, cuma karena ga enak & takut ngerepotin, jadi hotel di sekitar bandara lah yang jadi pilihan kami untuk sekedar meluruskan pinggang & mengumpulkan tenaga, memulai perjalanan ke Seoul esok hari.

Pesawat yang akan membawa kami menuju Seoul adalah Air Asia QZ7690 (Jkt-KL,06.25-09.25) dan D7504 (KL-ICN, 14.20-21.45). Lumayan banyak juga peserta yang berangkat dari Jakarta (aku,mb Fanny,mb Sha,irin,anie,mb diana,mb enge,mb Ivon,mb Nuri) sedangkan yang lain berangkat dg penerbangan langsung dari kotanya masing-masing seperti bandung,surabaya,medan,padang (sayangnya jadwal AA dari Plb-KL cuma ada di hari selasa & sabtu). Meeting point kita adalah bandara LCCT di kuala lumpur, untuk kemudian berangkat sama-sama menuju Seoul. Perjalanan Jkt - KL ditempuh dalam waktu +/- 3 jam, sedangkan KL - Seoul sekitar +/- 7 jam, jadi totalnya sekitar 10 jam belum ditambah waktu transit. Sebenernya lebih enk naik Garuda / Korean air yang direct flight yang hanya 7 jam saja, tapi apa daya harga tiketnya juga cukup mahal.

Perjalanan dari KL-Seoul merupakan penerbangan terlama i've ever had..Sebelumnya udah menyiapkan shudoku, Nds, buku bacaan, MP4, biar ga bosen selama perjalanan. Tapi tetep aja ngerasa bosen..liat kanan kiri yang kebetulan orang korea sibuk dg tablet nya nonton dvd korea / reality show korea..makin-makin dah jadinya...blom lagi udara di dalam pesawat yang dingin.. Akhirnya yang dilakukan hanya tidur2 ayam & pesen makan di pesawat (hot milo & sandwich).

Sekitar pukul 21.45 waktu Korea (2 jam lebih awal dari Indonesia) akhirnya pesawat kami landing di Incheon International Airport (bandara terluas yang udah 2 kali dapet penghargaan bandara ter2 di dunia).
Alhamdulillah akhirnya tiba juga di negeri ginseng yang sudah saya impikan...negara yang selama ini bisa diliat di tv (drama / film korea)..what an amazing holiday it is, thank you god, bener2 seneng.. mo kata norak juga gpp deh, yang pasti mimpi  untuk mengunjungi negara ini akhirnya kesampean juga (walopun sebenernya aku punya keinginan untuk mengunjungi seoul dalam 4 musim yang berbeda dan jeju island tentunya, amin yra).
Begitu turun dari pesawat, kami harus turun ke bawah untuk naik sky train yang mengantarkan kami ke tempat imigrasi, diteruskan dengan mengurus bagasi (cepet banget ni pas antri imigrasi tuh koper2 udah pada keluar aja) & kemudian menuju pintu keluar, eh udah ada Mr Alex (our tour guide) & mb CK yang nungguin di luar sambil bawa kertas bertuliskan "Claudia". Selesai di absen satu per satu oleh mb CK dan dikasih tau kamar masing-masing, kami kemudian mengikuti Mr.Alex menuju parkir bus, begitu pintu kaca terbuka...buzzz...semriwing angin 6 derajat celsius menusuk ke tulang..wahahah...
Inside sky train wif mb wini, ranie & mb ulan

Inside Incheon International airport, setelah pengambilan bagasi

Perjalanan dari airport menuju penginapan di Seoul ditempuh dalam waktu 1 jam, selama perjalanan Mr Alex memperkenalkan diri & bercerita sedikit tentang South Korea. Setibanya di hostel Backpacker Mr.Sea, kami langsung meletakkan barang-barang di kamar, istirahat sebentar lalu melanjutkan keluar bersama teman2 yang lain untuk menikmati seoul di waktu malam (sayang kan kalo waktu malemnya cuma dipake tidur aja). Kami mengitari tempat2 disekitar hostel, sedikit bernarsis ria (foto2), niatnya mau mencoba jimjilbang tapi udah ga kuat berlama-lama diluar. Cuacanya dingin banget sekitar 6 derajat. Ga kerasa waktu udah menunjukkan pukul 12 malam & kita kembali menuju hostel untuk istirahat & bersiap2 dengan jadwal tour yang padat esok hari.